Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Pramuka Indonesia Heningkan Cipta buat Korban Bom Hiroshima

Posted: 06 Aug2019 01:16 PM PDT

Yamaguhi— Hari ini 70 tahun yg kemudian, sebuah bom atom dijatuhkan di kota Hiroshima menjelang berakhirnya Perang Dunia II. Bom itu dijatuhkan dari pesawat pengebom B-29 milik Amerika Serikat serta meledak tepat dalam 6 Agustus 1945 pukul 08.15, menurut ketinggian 600 meter di atas kota tersebut.

Korban mati mencapai 140 ribu orang, ditambah sekitar 40 ribu orang di Nagasaki.

Menandai tragedi kemanusian yang mengerikan itu hampir seluruh penduduk Jepang mengheningkan cipta sempurna dalam pukul 08.15 waktu setempat. Tak terkecuali, semua peserta Jambore Dunia ke-23 di Kirara-hama, Yamaguchi, Jepang. Termasuk 462 anggota kontingen Pramuka Indonesia.

"Tiba-datang sirine dibunyikan dengan nyaring serta kita diberitahu buat mengheningkan cipta," ujar Andi Fachry Makassau, seorang pimpinan pasukan kontingen Indonesia pada Jambore Dunia Jepang. "Kita kemudian diam cukup lama buat mendoakan para korban Hiroshima," tambahnya.

Menurut Fachry, aksi mengheningkan cipta ini sangat krusial dan menyentuh perasaan anak-anak kontingen Indonesia. "Mungkin kita belum lahir saat Hiroshima dibom. Mungkin sebelum ke Jepang ini, kita tak sanggup membayangkan bagiamana pengaruh dari bom atom itu, tapi setelah kita ke sini, datang pribadi ke museumnya, seluruh itu tampak konkret, dahyat dan mengerikan," tambahnya.

Wakil Pimpinan Kontingen Indonesia, Mardani Zuhri, menambahkan bahwa berita perdamaian merupakan tema terpenting pada event Jambore Dunia kali ini. "Ini momentum yang pas ketika dunia yang kita tinggali waktu ini masih terdapat poly peperangan dan perseteruan yang memakan banyak korban manusia. Pramuka Indonesia insya Allah bisa sebagai pelopor perdamaian dunia," tandasnya.

Selain berlokasi di Jepang yg notabene-nya sedang memperingati 70 tahun Bom Atom Hiroshima, tema Jambore Dunia ke-23 ini jua mengajak ke arah perdamaian , yakni spirit of unity.

Sementra itu, Tadashi Fukuda, pimpinan Pramuka Hiroshima dalam pernyataan resminya mengenai program kunjungan peserta Jambore menegaskan hal itu. " Inilah kesempatan kita buat sahih-sahih memikirikan arti krusial perdamaian bagi global," tandasnya. (LHA)

[Humas Kwarnas]

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel