GILLNET LINGKAR SOLUSI PENGGANTI PURSE SEINE WARING

Alat tangkap Jaring GillNet lingkar Brebes - Ikan pelagis mini dan ikan pantai ini terdiri berdasarkan aneka macam macam grup jenis serta ukuran, seperti gerombolan scombrid menurut jenis ikan tenggiri, kembung, grup ikan sardin (lemuru, tembang), kelompok ikan layang (scads), kelompok ikan serinding (apogonidae), kelompok ikan teri (stelophorus) dan kelompok ikan petek (leiognathidae). 

Baca Juga ; Pembuatan Gillnet Millenium


Disamping itu tertangkap ikan mini atau ikan muda dalam jumlah yang relatif signifikan. Dengan demikian alat tangkap ikan pelagis kecil ini relatif riskan menjadi nir selektif, terutama apabila berukuran mata jaring semakin mini tanpa batas demam isu penangkapan (open/free fishing season).

Dalam lima tahun terakhir telah berkembang Purse Seine waring yg sangat rentan dengan hasil tangkapan ikan mini . Purse Seine Waring ini bermata jaring 1/4 inchi. Dampak penangkapannya sangat nir selektif dan merusak sumberdaya ikan. 


GILLNET LINGKAR SOLUSI PENGGANTI PURSE SEINE WARING


Meskipun tujuan utamanya merupakan ikan teri yang bersifat sangat musiman, namun karena dioperasikan secara terus menerus tanpa batas, sebagai akibatnya output tangkapannya berbagai jenis ikan mini atau ikan muda lainnya. 


Baca Juga ; Mengenal Selekttifitas Gillnet Cakalang


Konstruksi Purse Seine waring yg mencapai dasar atau mendekati dasar sehingga seluruh jenis ikan mulai berdasarkan lapisan bagian atas sampai dasar seluruh tertangkap bahkan ikan yg tergolong juvenil/larva pun tertangkap. 

Disamping itu pengoperasian Purse Seine waring ini juga berkompetisi wilayah penangkapan ikan menggunakan berbagai alat tangkap lain di sekitarnya sebagai akibatnya mengundang konflik interaksi teknik dan hayati, ekonomi serta sosial. 


Baca pula; Gillnet ( Jaring Insang ) Cakalang


Diantara alat tangkap yg cenderung tersaingi hingga menghentikan kegiatannya merupakan gerombolan gillnet, termasuk gillnet lingkar yang target tangkapannya ikan serinding (keluarga apogonidae).

Gillnet lingkar di perairan Utara Jawa khususnya yang dioperasikan nelayan menurut wilayah Brebes – Cirebon – Tegal ini yg dikenal dengan sebutan jaring “koncong” ini nyaris tidak beroperasi dampak terdesak beroperasinya purse seine waring. 

Baca jua ; Cara Mengoperasikan Gillnet ( Jaring Insang )


Selama ini pengoperasian jaring koncong pada perairan dangkal dekat garis pantai ini bersifat musiman sehingga cenderung selektif pada target ikan eksklusif. 


Namun keberadaanya kian terdesak serta berhenti sang berkembangnya purse seine waring yang dikenal sangat produktif namun nir ramah lingkungan. 


Mengingat berdasarkan sisi teknologi gillnet lingkar tergolong selektif serta efektif buat ikan pelagis mini sebagai akibatnya dibutuhkan upaya melalui kerekayasaan buat membangkitkan kembali dengan peningkatan efisiensi dan peningkatan efektifitas penangkapannya.

Kegiatan kerekayasaan gillnet lingkar ikan pelagis kecil pada perairan Utara Jawa dalam tahun2019 sang tim perekayasa BBPPI Semarang bertujuan : 

(1) menciptakan rancangan gillnet lingkar yang laik operasi untuk ikan hasil tangkapan yang lebih selektif dan dioperasikan pada perairan yg lebih pada, 


(dua) menguji hasil rancangan gillnet lingkar serta indera bantu pengoperasiannya, dan 


(3) menganalisa hasil uji dan hasil tangkap buat mengukur parameter hayati ikan tangkapan dan produktifitas indera tangkap gillnet lingkar pelagis mini dalam perairan yg lebih dalam



\

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel