Indonesia Gelar Outbound Pramuka Berkebutuhan Khusus


JAKARTA, KOMPAS.com -- Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan bekerja sama dengan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar outbond bagi anak-anak Pramuka berkebutuhan spesifik di Kompleks Sari Ater, Subang, Jawa Barat, 8-11 November 2011. Kegiatan ini pula mengundang peserta menurut mancanegara, di antaranya menurut Australia, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, India, Selandia Baru, Banglades, Jepang, serta Pakistan.
Peserta dari pada negeri mencakup murid tunarungu, tunagrahita, dan tunadaksa yg dari berdasarkan 33 provinsi di Indonesia. Tiap provinsi mengirim lima siswa dan satu pendamping.
Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus serta Layanan Khusus Pendidikan Dasar Kemdikbud, Mudjito mengungkapkan, outbond bagi anak didik berkebutuhan khusus ini mengedepankan pendidikan karakter dengan model pembelajaran pada luar sekolah yg menyenangkan bagi peserta didik. "Anak-anak berkebutuhan spesifik ini pun perlu suasana pendidikan yang menarik, menyenangkan dan menantang, sehingga mereka mampu menaikkan kepercayaan serta kompetensi diri," kata Mudjito, Senin (31/10/2011).
Kegiatan outbond ini, berdasarkan Mudjito, adalah galat satu bentuk pembelajaran pendidikan karakter untuk memaksimalkan kemampuan penginderaan anak-anak berkebutuhan khusus. Selain itu, bermanfaat buat melatih keberanian dan ketahanan mental dan fisik mereka, serta memupuk sikap toleransi dan tanggung jawab terhadap diri sendiri dan rakyat pada lingkungannya.
Desi Apriani berdasarkan Kwarnas Gerakan Pramuka mengungkapkan, kegiatan Pramuka bagi anak-anak berkebutuhan spesifik ini buat memberi pendidikan karakter bangsa melalui metode kepramukaan seperti permainan serta nyanyian yang menyenangkan. "Anak-anak ini belajar bertoleransi dengan perbedaan satu sama lain. Mereka belajar budaya bangsa menurut peserta lain melalui permainan-permainan yang menyenangkan, pada bentuk pentas seni dan karnaval dengan pakaian wilayah atau masing-masing negara," celoteh Desi.                            

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel