JENIS BAHAN PEMBUAT KAPAL

Jenis Bahan produsen kapal, Kelemahan serta kelebihannya - Dalam Pembuatan kapal khususnya kapal perikanan, pertimbangan pemakaian bahan sebagai penentu biaya pembuatan

Baca Juga ;


Mengenal Sistem Propulsi Pada Kapal


Karakteristik Kapal Perikanan


Harmonisasi Kapal Perikanan


Dokumen Kapal Perikanan


Kapal Bagan Perikanan

Karena dalam pembuatan kapal perikanan terdapat kelemahan serta kelebihannya serta beberapa aspek yang perlu pada perhatikan untuk jenis bahan pembuat kapal antara lain :

- Aspek Harga

- Aspek Keselamatan

- Aspek Perbaikan

- Aspek Kebiasaan nelayan

Adapun Material yg digunakan dalam pembuatan kapalikan diantaranya : kayu, baja, serat plastik (fibre glass), semen beton(ferrocement), plat alluminium alloy) dan kayu laminasi.

Jenis Bahan Pembuat Kapal

1.bahan Kapal Dari Kayu.

Pemanfaatan kayu buat menciptakan kapal sudahlama dikenal antara lain : jati, kulim, merbau serta tain-lain . Bahan Material Kayu di gunakan karena pada Pembuatan Kapal Kayu nir memerlukan indera indera yg terkini. 


Biasanya pada Pembuatan Kapal Kayu yang mengerjakan merupakan pengrajin kapal yg tidak belajar mengenai ilmu perkapalan. Mereka kebanyakan sanggup menciptakan kapak pada karena karena pengalaman serta ilmu turun menurun.


Persyaratan kayu yg digunakan untuk membuat kapal antara lain :


- Tahan terhadap agresi hama/serangga


- Pengaruh suhu serta kelembaban udara wajib sekecil mungkin.


- Serabut kayu wajib padat, dapat dilengkungkan serta nir terlalu getas (nir gampang patah)


- Tahan terhadap suhu hingga 110° C.


- Berat jenis maksimal 0,8 C.


- Kayu wajib dalam keadaan lurus 
dengan panjang sekurang-kurangnya 6 meter serta berdiameter 40 cm.


Karena persyaratan-persyaratan suiit dipenuhikecuali kayu jati, maka alternatif lain sebagai berikut:

-       Kelas awet I- III

- Dibawahpersyaratan tadi, kayu hanya diperbolehkan buat pembuatan bahtera kecil (kano).


Baca Juga;




2.Serat Plastik/Fibre Glass.



Komponen utama perpaduan fibre glass yang dipergunakanuntuk pembuatan kapal merupakan :


- Resinmerupakan cairan yg berfungsi menjadi bahan perekat (persenyawaan) danpelarut lembaran mat (serat plastik).


- Aceleratormerupakan cairan yg dicampur dengan cairan resin menjadi bahan pengeras.

- Catalistmerupakan katalisator pembeku.

- Serat Matmerupakan lembaran serat plastik (Fibre Glass Reinforced Plastik) yg akanlarut atau bersenyawa menggunakan larutan resin


Kekuatan material ini relatiplebih rendah daripada baja, sehingga nir bisa dipakai untuk bahankonstruksi pembuatan kapal yang ukuran akbar.


Fibre glass menjadi bahan konstruksi kapalmempunyai sifat yang ringan daripada material lainnya. Disamping itu, biladibuat dalam jumlah poly maka porto pembuatannya akan lebih murah.

3.Kombinasi Kayu serta Serat Plastik.

Yang dimaksud menggunakan kombinasi disini adalahpelapisan lambung kayu menggunakan serat plastik. Penggunaan bahan ini selainsebagai pelapis jua sebagai pelindung kayu. Dengan dilapisinya kayu ini makakeuntungan yg diperoleh merupakan :

·Kayu akanlebih awet.

·Proses pelapukan atau pembusukan kayu akan berkurang.

·Sifat muai-susut menurut kayu akan berkurang.

·Kayu tidakmudah terbakar.

4.B a j a.

Penggunaan baja buat konstruksi kapal yangpanjangnya kurang menurut 20 meter adalah kurang efisien. Bagi kapal ikan yangmempunyai displacement lebih akbar atau panjangnya lebih dari 20 meter, makakeperluan tangki semakin besar dan memerlukan peralatan yang semakin rumit.



Demikian pula pemanfaatan ruangan kapal dapatsecara maksimal buat menyimpan ikan hasi! Tangkapan, bahan-bahan perbekalandan eksploitasi (air tawar, solar, dan barang-barang lainnya), sehinggapenggunaan baja menjadi bahan konstruksi kapal ikan akan lebih efisien jikadibandingkan dengan kayu.

Semakin benambah ukuran kapal maka penggunaanbaja sebagai material akan semakin baik, bahkan unluk kapal berukuran besarpemakaian baja untuk konstruksi tubuh kapal sebagai lebih ringan jikadibandingkan menggunakan kayu.

Segi lain yang menguntungkan menurut pemakaianbaja ini adalah bisa digunakan untuk segala macam bentuk kapa! Sehinggapembuatan bentuk yg sulit bisa diatasi dan pembangunannya mudah dilakukanserta bisa menyalurkan getaran (bagi kapal-kapal yang akbar).

Bahan dasar berdasarkan pembuatan kapal merupakan :
·Semen.
·Pasir murniyang telah dicuci higienis atau pasir silikon.
·Pipa, besibeton dan anyaman dawai.
·Air yangterbebas menurut garam.

Konstruksi bangunan kapal dengan menggunakansemen beton mahai biayanya atau kurang hemat, kecuaii bila dibangun didaerah yang ongkos buruhnya murah.

Membangun kapal dengan semen beton diperlukantenaga yg cekatan dan ahli, dan diharapkan perencanaan yang matang.penggunaan semen beton sebagai bahan konstruksi kapal hanya terbatas untukkapal ikan yg ukuran mini . Bahan ini kurang baik dalam mendapat getaran.

6.Bahan kayu laminasi

Terbuat berdasarkan beberapa lapisan kayu baik untukkonstruksi melintang maupun memanjang, serta untuk kepentingan ini pada pasarantelah tersedia kayu lapis kelautan (marineplywood). Konstruksi balokpun bisa dibuat berdasarkan beberapa lapisan kayu yangdirangkap dengan memakai lem khusus.

Secara generik, kapal yang terbuat menurut bahan baiksemen beton, fibre glass juga bahan aluminium, pemeliharaannya lebih mudahdaripada kayu serta baja.


Baca Juga ;


- Bahan Baku Fiber Glass


- Istilah Dalam Kapal Perikanan


- Cara Membuat Sampan Perahu


- Tahap Tahap Pembuatan Perahu


- Perbaikan Kapal Berbahan Fiber Glass


- Jenis Jenis Docking atau loka pemugaran kapal


- Perbandingan Kapal Berbahan Alumunium serta Kapal Fiber Glass


- Perawatan Dan Pemeliharaan Kasko Kapal


- juklak inspeksi fisik serta dokumen kapal


- Nasib Kapal Eks Asing

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel