KAPAL BERBAHAN FIBER GLASS

Cara Membuat Kapal Berbahan Fiber Glass - Kapal yg terbuat menurut Fiber glass adalah type kapal cepat , dipakai sebagai kapal Patroli, kapal eksklusif, atau kapal buat transportasi laut atau sungai, 

Saat ini Kapal Fiber atau 
perahu fiberglass juga telah poly digunakan dalam kapal perikanan. Diera menteri susi Pekerjaan Pembuatan kapal atau perahu fiber glass bahan telah ratusan kapal dengan berukuran tiga, lima, 10 dan 20 Gross Ton.

Penggunaan
kapal fiber pada dasari atas cara menciptakan yg mudah, lantaran bobot yg ringan dan cukup bertenaga, Sera Bahan fiber glass yg gampang di dapatkan.

Karena alasan tersebut sehingga kerja dari motor/mesin penggerak baling baling pendorong/kipas bekerja secara maksimal ,mesin kapal fiberglas memakai mesin diesel yang diinstalasi didalam lambung kapal .atau mesin bensin tempel. Semua jenis perairan bisa di masuki sang kapal berbahan fiber glass.

Cara Membuat Kapal Berbahan Fiber Glass


Penjelasan mengenai  fiberglass:


Secara theory, fiberglass itu kalo dalam bahasa ilmiahnya jarang ditemui, yg dimaskud fiber/serat merupakan penguatnya saja, yang termasuk pada hal ini jua carbon fiber, atau aramid, 

Jadi barang jadinya namanya glass fiber reinforment plastic (GFRP), atau CFRP. Dan itu memang yg pada gunakan sebagai bodi atau frame pada sebuah kapal atau mampu pula buat tunggangan,indera – indera rumah tangga misalnya tangki air serta sebagainya.

Jadi yang liquid itu plastiknya (matrik), ratusan jenisnya, cuman yang biasa dipakai merupakan Epoxy resin, umumnya orang menyebutnya resin saja. 

Bahan Resin ini belum berupa polymer jadi harus dijadikan polymer umumnya dicampur apa yang dianggap menjadi katalis/hardener (keduanya terjual terpisah).

Hardener ini yg akan membantu resin menjadi polimer dan sebagai keras. Buat memperkuatnya dibubuhi fiber( woven roving/mat) didalam adonan resin +hardener = jadilah apa yg bisanya disebur fiberglass meskipun lebih tepatnya GFRP tadi.

Karena mengandalkan reaksi saja maka tidak memerlukan material yg aneh (tahan temperature) ketika mencetak, makanya cetakannnya (mold) mampu apa ajah dalam dasarnya bisa juga kayu atau plat, tapi klo buat cetakan membikin kapal usahakan dipakai berdasarkan kayu memakai teriplex disamping pleksible bahannya murah dan mudah didapat.


Sebelum memulai menilik atau membahas cara membuat kapal fiber/ membangun kapal berdasarkan bahan fiberglass, usahakan kita mengenal terlebih dahulu bahan bahan yg akan digunakan :

Membuat Kapal Fiber glass

Bahan – Bahan :

1. Minyak Resin( epoxy resin ) : 

minyak resin bahan dasarnya terbuat berdasarkan minyak bumi dan residu flora

2. Katalis (catalis) : 

cairan kimia buat adonan minyak resin agar terjadi pengerasan secara kimia atau acapkali pula pada sebut hardener. Semakin poly menggunakan katalis maka adonan atau adonan fiber glass akan semakin cepat mengering.
Gambar : Katalis/Hardener


3. Talk (tepung khusus) :

 talk diguna untuk menciptakan lem fiber(jackcoat) serta buat membuat adonan cat plincoat

4. Mat/mesh (serat halus) : 

terbuat menurut bahan polyester,berguna sebagi media lapisan bagian atas sebuah plat fiber


Gambar : 




5.roving (serat kasar) : terbuat menurut bahan polyester/epoxy,digunakan sebagi media
Lapisan tengah dari plat fiberglass.


6. Kayu serta Triplek glossi : digunakan buat membentuk mold (wadah cetakan) bentuknya dibentuk sebesar gambar/design permukaan luar berdasarkan lambung kapal.

7. Cat Plincoat : digunakan buat mewarnai sekaligus menghaluskan permukaan lambung kapal.

8. Bahan-Bahan pelengkap lainnya : seperti mesin penggerak kipas,dinamo listik,indera nafigasi,indera komunikasi dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Peralatan pembuatan perahu fiberglass yg digunakan :

1. Kuas Roll/& Kuas Biasa
2. Mesin Gerinda
3. Mesin Mixer
4. Mesin Bor dan Ampelas
5. Alat alat pekerjaan Kayu / Perkakas Tukang kayu.

Langkah- Langkah Pengerjaan Pembuatan Kapal berdasarkan Fiber:

Langkah dalam pengerjaan kapal fiber sama menggunakan pembuatan kapal dalam umumnya. Dimana tahapan pembuatan kapal fiber di mulai menurut pembuatan gading, pembutan lunas dan pembuatan lambung seluruh mengacu dalam gambar dan bentuk yg pada inginkan. 

Adapun Langkah langkah pengerjaan atau cara membuat kapal Fiber merupakan sebagai Berikut :

1. Pertama kita untuk dahulu mold (wadah cetak) sebuah lambung kapal (sebaiknya dibentuk di lokasi dekat laut/sungai akbar ) menggunakan kayu serta teriplek misalnya gambar no 1 (mold/cetakan). Biasanya dalam pembuatan cetakan kita harus mendapatkan sebuah bentuk yg sempurna. Apabila cetakan tidak sempurna maka output menurut cetakan pun akan kurang baik. 



2. Setelah mold (cetakan) terselesaikan , terlebih dahulu bagian atas dalam berdasarkan mold (cetakan) dilumasi dahulu menggunakan polish buat memudahkan pembukaan mold setelah proses pembuatan kapal selesai , 

kemudian cat dengan cat plincoat sebagai proses pewarnaan lambung kapal ( warna cat disesuaikan menggunakan impian), cat plincoat didapatkan dari adonan talk, 


cat acrilic dan minyak resin (dalam proses ini penggunaan katalis dalam campur pada campuran cat plincoat pada waktu dipakai saja / ketika proses pengejaan saja).


Selesainya cat plincoat pada cetakan kemarau & sudah dihaluskan menggunakan amplas disc memakai menggunakan gerinda, proses pembuatan lambung kapal pun siap dimulai,lapisan pertama memakai balutan mat/mesh (serat halus) 

dan yang ke 2 menggunakan roving (serat kasar) dan balutan terakhir memakai mat lagi,seluruh lapisan balutan serat itu dilumuri/dicor memakai minyak resin yg sudah dicampur katalis memakai memakai kuas roll, 


takaran campuran minyak resin+katalis tergantung lamanya proses pengeringan yang hendak diinginkan,contoh: lima liter minyak resin dilaruti oleh lima cc cairan katalis memerlukan waktu pengeringan 3-lima mnt(menggunakan asumis cuaca cerah), 


ketebalan lambung kapal tergantung berdasarkan akbar  serta kecilnya berukuran kapal yg dibuat ,


semakin lebar serta akbar  sebuah kapal wajib semakin tebal juga lambung kapalnya,spesifikasinya lapisan lambung kapal adalah sbb : mat-roving-mat, proses pembuatan lambung kapal dikerjakan secara kontinyu harus sekaligus jadi jangan di sambung kecuali buat proses penebalannya.


3.setelah proses tahap pekerjaan Perahu berbahan fiber pada no 2 selasai lambung kapal diberi tulang tulang fiber buat memberi kekuatan dalam lambung kapal, 

selanjutnya pada termin pembuatan ruangan-ruangan dalam kapal sesuai memakai design gambar yang dibentuk memakai pembuatan pulang  mold atau bisa jua memakai eksklusif dibuat memakai plat fiber,


pembuatan plat fiber jua tulang fiber sama dengan proses pembuatan lambung kapal  atau bahtera namun mold (cetakan) sebuah flat fiber bentuknya seperti sebuah lantai & mold dari tulang fiber bentuknya misalnya tiang kayu.


4. Ruangan yg perlu dibentuk didalam lambung kapal merupakan tangki bahan bakar,ruangan mesin (jika memakai mesin pada) instalasi kemudi (haluan) lainya, untuk tangki air higienis sebaiknya dibuat diatas atap kapal.

5. Aksesoris tambahan lainnya bisa dibentuk diluar badan kapal menggunakan cetakanya misalnya membangun pintu,tangga,teralis,bingkai ventilasi & lain-lain. 

Contoh dibawah adalah proses pembuatan pintu kapal,atau  pintu bahtera berbahan fiber


A. Mold / cetakan yg permukaannya telah diberi polish ( pelicin

B.mold/cetakan pada kasih cat plincoat

C. Seluruh bagian atas cetakan dibalut memakai mat+woven & pada cat (dicor)memakai resin yg sudah pada campur katalis/hardener menggunakan kuas roll/biasa.

D. Proses penyiraman campuran minyak resin telah selesai & tunggu hingga kemarau.

E. Pintu Perahu fibergalss sudah pada tanggal berdasarkan cetakannya & bagain dalam dan pinggirnya siap dihaluskan menggunakan gerinda.

F. Pintu fiberglass sudah selesai dihaluskan dengan gerinda.

G. Pintu berbahan fiberglass sudah selesai pada buat serta siap dipasang

6. Proses terakhir yaitu finishing body kapal (pendempulan & pengecatan) serta memasang mesin ( buat mesin penggerak yg di instalasi didalam lambung kapal wajib  disertai dengan pemasangan blower atau kipas pendingin) , serta kasesoris lainya.

Kapal Berbahan Fiber Glass

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel