KAPAL FERRY RO RO

Ro-ro merupakan singkatan buat Roll-on/roll-off. Roll-on/roll-off kapal adalah kapal yg dipakai buat membawa kargo roda. Kapal ro-ro tidak selaras menurut lo-lo (lift on-lift off) kapal yang memakai crane buat memuat kargo. 

Kendaraan pada kapal dimuat serta dibongkar melalui built-in landai. Biasanya ini dibuat landai menuju (belakang) buritan kapal. Dalam beberapa kapal, mereka juga ditemukan di sisi busur (depan) dan sisi. Kapal bisa menurut ke 2 jenis militer dan sipil.

Kapal ro-ro sedang dibangun dalam abad ke-19 buat transportasi kereta barah, terlalu lebar untuk jembatan, pada seberang sungai. Contoh menurut kapal ro-ro adalah Firth of Forth feri yg mulai beroperasi dalam tahun 1851. 

KAPAL FERRY RO-  RO

Rel diletakkan pada kapal sehingga bisa dihubungkan dengan yg di darat. Kereta A kemudian akan bergulinglah ke kapal serta lalu gulingkan turun di ujung lainnya.

Ada berbagai jenis kapal ro-ro, misalnya kapal feri, kapal feri kapal pesiar, kapal kargo, dan tongkang. Kapal ro-ro yg spesifik digunakan untuk mengangkut mobil dan truk di samudera yg dikenal menjadi Murni Car Carriers (PCC) dan Murni Truk & Mobil Carriers (PCTC) masing-masing. 

Tidak misalnya kargo lainnya yg diukur dalam metrik ton, kargo ro-ro diukur dalam unit yang diklaim jalur dalam meter (LIMs). 


LIM dihitung dengan mengalikan panjang kargo di meter menggunakan jumlah deck serta menggunakan lebar pada jalur. 


Lebar lajur akan tidak selaras menurut kapal ke kapal dan terdapat sejumlah baku industri.

Feri penumpang terbesar ro-ro adalah MS Color Magic. Beratnya 75.100 GT (Gross Ton). Memasuki layanan pada September 2007 buat Color Line. 

Dibangun di Finlandia oleh Aker Finnyards. Feri merupakan 223,70 m panjang, lebar 35 m serta mampu membawa 550 kendaraan beroda empat serta 1.270 meter jalur kargo.

Feri penumpang ro-ro dengan kapasitas kendaraan beroda empat pembawa terbesar merupakan Ulysses. Feri ini dinamakan sebuah novel oleh James Joyce serta dimiliki oleh Kapal Irlandia. 

Masuk layanan dalam lepas 25 Maret 2001 dan beroperasi antara Dublin dan Holyhead. Beratnya 50.938 GT dan 209,02 m panjang dan lebar 31,84 m. Hal ini dapat membawa mobil 1342 serta 4101 meter jalur kargo.


Keuntungan menurut sebuah kapal ro-ro


Sebuah kapal ro-ro menunjukkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan kapal tradisional. Beberapa laba adalah sebagai berikut:

Untuk pengirim, laba adalah kecepatan. Sejak kendaraan beroda empat serta truk bisa mendorong eksklusif ke kapal pada satu port serta lalu mengusir pada pelabuhan lainnya pada beberapa menit menurut docking kapal, berhemat banyak saat shipper.

Hal ini juga bisa berintegrasi dengan baik dengan pembangunan transportasi lainnya, misalnya kontainer. 

Penggunaan unit Bea-disegel telah memungkinkan perbatasan harus menyeberang dengan minimum penundaan. Oleh karena itu, meningkatkan kecepatan serta efisiensi buat pengirim.


Kapal ini juga sudah terbukti sangat terkenal dengan para pembuat liburan dan pemilik mobil eksklusif. Ini telah menaruh kontribusi besar terhadap pertumbuhan pariwisata. 

Seseorang bisa mengambil mobilnya berdasarkan satu negara ke negara lain melalui bahari dengan bantuan kapal ro-ro.

Variasi eksklusif dari sebuah kapal ro-ro merupakan menjadi berikut:

1. ROPAX

ROPAX merupakan singkatan roll on / roll off penumpang. Ini adalah kapal ro-ro yg dibangun buat pengangkutan barang kendaraan menggunakan akomodasi penumpang. Kapal menggunakan fasilitas buat lebih menurut 500 penumpang yang tak jarang disebut menjadi pelayaran kapal feri.

2. ConRO

Kapal ConRo merupakan hibrida antara ro-ro dan kapal kontainer. Jenis kapal menggunakan area di bawah geladak buat penyimpanan sementara tunggangan angkutan kemas menumpuk pada atas geladak.

3. RoLo

RoLo adalah singkatan roll-on lift-off kapal. Ini juga merupakan jenis kapal hibrida dengan landai melayani deck geladak kendaraan namun kargo lainnya hanya bisa diakses oleh crane

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel