Kegiatan Nasional Tumbuhkan Kreativitas dengan Mengadopsi Ilmu Teknologi

Kegiatan pada alam nyata menjadi bagian yg tidak terpisahkan dalam aktivitas pramuka. Namun, perkembangan teknologi keterangan dunia yg menghipnotis perubahan relasi sosial warga , menuntut organisasi ini buat nir menafikkan teknologi kabar demi merevitalisasi gerakan pramuka.

“Tepuk Pramuka 2 kali”, demikian komando kepala panitia Lomba Tingkat II Pramuka Kecamatan Parungpanjang, menyemangati para peserta lomba, yang disambut serentak menggunakan tepukan berirama oleh semua peserta yg hadir.

Komando dilanjutkan pada para peserta lomba buat memulai unjuk kebolehan dalam penguasaan keterampilan tali temali.

Tak peduli teriknya mentari , mereka menunjukkan kekompakannya menyelesaikan tugas masing-masing agar mendapat nilai tinggi dan memenangkan lomba.

Kerja keras, kompak, tahan terhadap ujian yg dihadapi merupakan bagian dari gerakan ini.

Menurut Sekretaris Kwarran Parungpanjang, Abdul Basit, generasi belia, khususnya pelajar, dewasa ini terbius dengan permainan dunia maya yg membuat mereka mengalami kemenangan dan kekalahan yang nir nyata.

“Tapi kita tidak bisa memaksa mereka buat meninggalkan itu, karena teknologinya tersedia,” istilah beliau.

Langkah yang paling sempurna, lanjutnya, adalah gerakan pramuka harus mengadopsi teknologi warta sebagai perangkat untuk mempromosikan, merekrut dan menciptakan interaksi sosial media melaui internet.

“Kalau perlu dibuatkan game offline juga online yg berisi kepramukaan, buat mengenalkan gerakan pramuka dalam generasi belia saat ini,” ucapnya.

Selain memperkuat pembinaan di lapangan, kata Basit, Gerakan Pramuka Parungpanjang pula me­rambah pemanfaatan internet untuk revitalisasi pramuka.
“Teknologi kita jadikan sebagai indera untuk sosialisasi serta komunikasi, tapi keterampilan dan kemandirian untuk hidup di alam konkret tetap sebagai prioritas utama yg terus dikem­bangkan,” katanya.

(Sumber Berita : //www.radar-bogor.co.id/Laporan: Saeful Ramadhan & //pramuka.or.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel