Kegiatannya Jangan Membosankan

Dialog Menpora-Pramuka

Teluk Gelam: Menpora Andi Mallarangeng mengadakan obrolan terbuka dengan perwakilan peserta Jambore Nasional IX pada Gedung Pertemuan Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir, Sabtu (dua/7) malam. Menpora mengajak kepada seluruh pramuka untuk mencari aktivitas yang kreatif, jangan membosankan.

Hal itu diungkapkan Menpora buat menjawab pertanyaan seorang pembina yang jua Kepala Sekolah pada salah satu sekolah Kalimantan Barat. Sebagai seseorang pembina dia acapkali dihadapkan keluhan berdasarkan anak didiknya bila kegiatan-kegiatan yang dilakukan pramuka membosankan.

"Untuk tidak membosankan memang harus kreatif. Misalnya kalau terus menerus mencari jejak ya membosankan. Coba dikreasikan, misalnya mencari jejaknya menggunakan memadu ke pada reli sepeda, kan jadi lebih menarik," ujar Andi.

Munculnya revitalisasi gerakan pramuka, ingin mewujudkan hal-hal tadi. Ia juga mencontohkan soal atribt pramuka, bisa saja dengan seragam yg berbeda. "Memang dalam kesempatan eksklusif harus memakai seragam nasional, tapi buat divariasikan kenapa tidak mampu," kata Menpora yg datang ke tempat acara dengan batik akan tetapi menggunakan dasi pramuka pada lehernya.

Soal dana yang poly dikeluhkan peserta, berdasarkan Menpora, pemerintah sangat membantu, serta sekarang sedang diupayakan bekerja sama dengan Mendiknas memasukkannya ke pada Biaya Operasional Sekolah (BOS). "Tapi, pula pramuka harus kreatif mencari dana, misalnya menggunakan memunculkan sikap-sikap enterpreuner contohnya dengan menjual produk, dan sebagainya," tambah Menpora.

Dengan melahirkan kreativitas dibutuhkan pramuka menjadi pilihan utama kegiatan anak belia dibanding aktivitas-aktivitas lainnya. "Apalagi pada pada aktivitas pramuka telah mencakup nilai-nilai NKRI, Pancasila, Undang-undang Dasar 45. Bisa menjadi pertahanan kegiatan-aktivitas negatif yg ditujukan buat anak belia, seperti narkoba, teroris, anti sosial, dan banyak lagi."

Dialog hangat itu dihadiri juga oleh Ketua Kwarnas, Azrul Azwar. Dari Kemenpora tampak Deputi Zubachrum Tjenreng, Lalu Wildan, Staf Ahli Amran Razak, Staf Khusus Faisal Abdullah, Karo Hukum, Humas, serta Kepegawaian. (todi)

Sumber: //www.kemenpora.go.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel