Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Prof. Dr. dr. H. Azrul Azwar MPH Gerakan Pramuka Utamakan Penanaman NilaiNilai

Gerakan Pramuka lebih mengutamakan pendidikan nilai-nilai baru kemudian diajarkan mengenai pengetahuan serta teknologi. Penanaman nilai-nilai pada Gerakan Pramuka pada rangka buat  membentuk karakter kaum muda, memiliki rasa kebangsaan, dan menaikkan keterampilan peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan melalui proses pembelajaran interaktif, aktif di alam terbuka.  Salah satu metode adalah keteladanan.

“Keteladanan bagi anggota dewasa menjadi sangat krusial buat merubah attitude siswa”, istilah Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Prof. Dr.dr. H. Azwar Azwar, MPH dalam program Temu Tokoh Pramuka pada rangka konsultasi antara Pembina  Pramuka, Alumni Pramuka Tingkat Nasional dan Internasional lepas 10 Desember 2011 pada Hotel Redtop, Jakarta.

Untuk menanamkan keteladanan itu tegas Kakwarnas, dilakukan kegiatan temu tokoh dengan harapan para peserta dapat merogoh manfaat menurut para tokoh yang dihadirkan pada lembaga ini.

Staf Ahli Revitalisasi Gerakan Pramuka Kemenpora, Prof. Dr. Amran Razak berkata bahwa hal yg terpenting dalam Gerakan Pramuka adalah segala sesuatu wajib dilakukan secara terencana buat mencapai harapan.

Menanggapi pertemuan tersebut pada pada ruangan, Prof. Amran berjanji dalam pertemuan yg akan datang, Kemenpora akan menfasilitasinya lebih besar lagi serta akan dilakukan di alam terbuka.

Sementara itu Waka POLRI, Komjen Polisi Nanan Sukarna (galat satu tokoh yang ditampilkan pada program temu tokoh ini) berkata bahwa pendidikan kepramukaan usahakan ditanamkan sejak dini di keluarga melalui SKU dan SKK, Dwi Satya, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Sangat disayangkan tutur Kak Nanan poly orang tua tidak menyadari metode pendidikan kepramukaan seperti bermain serta bernyanyi itu menjadi alat serta proses pendidikan.

Nanan Sukarna pernah mengusulkan agar setiap perwira yang sedang melaksanakan proses pendidikannya pada Akpol mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) serta sampai saat ini masih adalah kurikulum di Akpol.

Menurut Nanan Sukarnakegiatan kepramukaan usahakan dikemas dengan sebaik-baiknya supaya menarik sehingga diminati sang generasi belia kita. Lebih dari itu saudara termuda-adik Pramuka wajib punya tekad untuk dapat menjadi pemimpin di level manapun, serta buat itu wajib mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Dalam program temu tokoh tersebut, panitia pelaksana menghadirkan selain Waka Polri Nanan Sukarna, jua menghadirkan Sekjen Kemenhan yang jua Wakil Ketua Kwarnas Bidang Abdimas serta Siaga Bencana, Marsdya Tentara Nasional Indonesia Eris Herryanto, M.A, Peneliti BPPT dan Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pendidikan serta Penelitian, Prof. Dr. Jana Tjahjana Anggadiredja, M.sc, Apt.

Masing-masing tokoh yg ditampilkan diberi waktu buat menceritakan pengalaman hidupnya terutama kiprahnya dalam Gerakan Pramuka. Kemudian para peserta temu tokoh diberi kesempatan buat menanyakan mengenai aneka macam hal kepada tokoh-tokoh yang tampil tadi. Wk. 02

Sumber: Humas Kwarnas - //pramuka.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel