KOLAM TANAH UNTUK BUDIDAYA IKAN

Kolam Tanah Untuk Budidaya - Dalam Budidaya Ikan Maka Tak paripurna jika nir ada yang namanya Media Pembudidayaan Yang dinamakan Kolam. Dan Penggunaan Kolam Tersebut sudah mulai berkembang dari penggunaan kolam Tradisional ke kolam Modern.

Walaupun Penggunaan Akan Kolam Secara Modern sudah berlangsung usang serta terbilang sudah banyak yg beralih, Tetepi Karakteristik menurut penggunaan kolam tradisional tadi merupakan sistem menurut budidaya perikanan terutama memanfaatkan pakan alami yang terdapat serta berada pada pada kolam tersebut.


Jumlah serta Kepadatan ikan yg dipelihara pada kolam umumnya rendah, umumnya hanya terdiri atas satu jenis saja (monokultur) sedangkan lahan yg dipakai umumnya nisbi luas.

Baca Juga ; Penyakit Bakterial Pada Ikan
Dari segi penyerapan tenaga kerja, budidaya ikan dengan memakai kolam tradisional hanya melibatkan sedikit saja aktivitas insan. 

Meskipun demikian, apabila prosesnya dilaksanakan dengan benar-benar-sungguh akan menaruh beberapa keuntungan diantaranya merupakan sebagai berikut. 


Dari segi ekonomi, pembuatan kolam adalah salah satu cara pemanfaatan huma pekarangan/lahan kosong sehingga dapat memberikan tambahan penghasilan. 


Fungsi sosial pada mana output yang diperoleh akan memberikan tambahan gizi keluarga petani, sehingga diperlukan bisa menaikkan kecerdasan bangsa pada masa yang akan datang.

Struktur kolam tradisional umumnya masih menggunakan bahan-bahan alami yg tersedia, seperti untuk pematang umumnya dipakai tanah yang dipadatkan, jadi belum memakai bahan terbaru misalnya semen, ataupun beton. Saluran pembuangan dan pemasukan air kebanyakan belum dibentuk sinkron prinsip efisiensi atau belum di buat secara permanen. 

KOLAM TANAH UNTUK BUDIDAYA IKAN


Di samping itu kebanyakan petani mengelola kolam tradisional hanya sebagai bisnis tambahan pada samping mata pencaharian utama mereka sebagai petani. 


Berdasarkan kondisi seperti dijelaskan di atas, maka kolam tradisional masih digolongkan ke dalam budidaya sistem ekstensif. 


Budidaya menggunakan sistem ini kini telah poly ditinggalkan karena laba yg dihasilkan pada umumnya nir terlalu besar . 


Jenis ikan yg dipelihara di kolam antara lain ikan mas (Cyprinus carpio), lele (Clarias batrachus), mujair (Tilapia mozambica), serta nila (Oreochromis nilotica).

Baca Juga ; Pembenihan Ikan Buntal Air tawar


Sebelum Kita Mulai Membuat Kolam Tradisional menggunakan memakai media kolam tanah maka ada beberapa faktor yg wajib di perhatikan. Dan Hal Tersebut diantaranya ;


- Menganalisa jenis tanah yang akan di bangun kolam budidaya.


- Kontur lahan


- Tata letak Kolam


- Penggalian Tanah


- Pembuatan Tanggul Atau Pembatas Kolam


- Saluran Irigasi


- Pengaturan Sirkulasi Air Kolam

JENIS TANAH

Jenis tanah уаng paling baik buat membuat kolam tanah аdаlаh tanah liat berpasir. Jenis tanah іnі relatif rapat air, teksturnya solid sebagai akibatnya pembuatan tanggulnya рun lebih mudah.
Bіlа tanah уаng tersedia tеrlаlu gembur, perlu usaha ekstra agar berfungsi dеngаn baik. Misalnya dinding kolam diberi lapisan semen atau batu bata. Cara іnі efektif mencegah kebocoran, nаmun biaya kontruksinya jauh lebih mahal.
Cara sederhana memilih jenis tanah аdаlаh dеngаn menggenggam segumpal tanah уаng sudah dibasahi dеngаn air. Kеmudіаn kepalkan tanah tеrѕеbut kuat-kuat. Kеmudіаn buka telapak tangan Anda. 
Bіlа dі bagian atas telapak tangan hаnуа terdapat sedikit pasir maka bіѕа dikatakan tanah liat berpasir. Bіlа jumlah pasir уаng menempel dі telapak tangan banyak, tanah tеrѕеbut dikategorikan tanah gembur.


Baca Juga ; Mengenal Aquarium Sebagai loka wadah Budidaya

KONTUR LAHAN

Sеtеlаh Kita Mengetahui Jenis tanah menggunakan Cara menganalisis Nya maka langkah Selanjutntyaa merupakan anda perlu buat mengamati akan kontur lahan уаng аkаn dijadikan Sebagai kolam Budidaya ikan. 

Apakah Kontur huma Tersebut datar atau huma miring. Lantaran Setelah Kita mampu mengetahui akan Kontur tanah tersebut maka akan herbi metode dalam ekskavasi dan pembuatan tanggul atau pembatas kolam.


Semisal Kontur tanah Pada lahan miring maka pengaturan pola aliran air lebih mudah serta pembuatan galian serta pembuatan tanggul.

DImana dalam Penggalian tanah dі lahan miring cukup dilakukan dalam satu sisi. Kеmudіаn tanah output galian tersebut lantas digunakan buat membuat pembatas kolam tanggul dі sisi lain. 

Sеdаngkаn pada huma datar, penggalian dilakukan dі ѕеmuа sisi. Hasil tanah galian dijadikan buat menciptakan tanggul. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini.
PEMATANG KOLAM TANAH

Pematang kolam Tanah dibentuk buat menahan massa air didalam kolam supaya tidak keluar berdasarkan pada kolam. 

Oleh karena itu jenis tanah yang akan digunakan buat menciptakan pematang kolam harus kompak serta kedap air serta tidak mudah bocor.

Jenis serta kultur tanah yang baik buat dijadikan pematang kolam adalah tanah liat atau liat berpasir. Kedua Jenis Tanah Ini Sangat Kuat bila pada pakai untuk menunda Tekanan dari dalam Kolam.

Kedua jenis tanah pasir serta tanah liat ini dapat di identifikasi dengan memperhatikan tanah yang karakteristik - cirinya diantaranya 


- memiliki sifat lengket, 


- tidak poros,


-  nir mudah pecah dan


-  sanggup menahan air. 


Ukuran pematang diadaptasi menggunakan ukuran kolam. 


Dalam Pembuatan Pematang kolam perlu pada perhatikan juga tingginya lantaran buat Tinggi pematang ditentukan oleh kedalaman air kolam Jadi Semisal Kedalam air satu meter maka pembuatan lebih menurut satu meter.


Idela dalam pembuatan pematang kolam tanah usahakan dasar pematang kolam ini ditanam sedalam 20 cm berdasarkan bagian atas dasar kolam tanah yg di buat.

Pematang adalah galat satu bagian yang sangat penting dari konstruksi kolam. Bentuk pematang wajib memadai, lantaran pematang berfungsi buat :



- Menahan volume air pada kolam

- Menahan luapan air yg ada lantaran banjir juga hujan lebat

Kedua sisi pematang dibentuk miring, kemiringan pematang merupakan perbandingan antara sisi tegak serta sisi mendatar sebesar 1 : 1 sampai 1 : 1 ½ . 


untuk kemiringan pematang bagian luar kolam merupakan sebesar 1 : 1 sampai 1 ¼ , sedangkan kemiringan pematang bagian pada kolam 1 : 1 ½ , jikalau tanahnya tanah lempung atau 1 : 1 ¾ jika tanahnya kurang mengandung tanah lempung. Lebar permukaan pematang minimal 1.0 meter.


Tinggi pematang disesuaikan dengan luas kolam, menjadi patokan bagian atas pematang harus berada lebih tinggi dari planning bagian atas air kolam. 


Luas kolam 2.000 m2 tinggi pematang yg muncul diatas air relatif 30 centimeter, sedangkan buat kolam menggunakan luas 4.000 m2 tinggi pematang yg ada di atas permukaan wajib 50 cm. 


Yang perlu diingat, bahwa penampang melintang sebuah pematang harus misalnya bangun trapesium.


Bentuk dan luasan buat pematang kolam yang biasa dibuat pada kolam budidaya ikan memiliki terdapat 2 bentuk yaitu 

- berbentuk trapesium sama kaki dan 


- bentuk trapesium tidak sama kaki. 


Bentuk pematang trapesium sama kaki artinya perbandingan antara kemiringan pematang 1 : 1
Untuk menghindari terjadinya erosi, sebaiknya pada pematang ditanami rumput atau tanaman lain yang jua bisa berfungsi menjadi peneduh.


Sedangkan bentuk pematang trapesium tidak sama kaki artinya perbandingan antara kemiringan pematang 1 : 1,5

Apabila jenis tanahnya memungkinkan, kolam ikan mampu dibuat hanya menggunakan memakai tanggul tanah. 

Dari segi bentuk dan konstruksi pematang maka pembuatan tanggul tanah lebih murah dan gampang. 


Berikut langkah-langkah membuat tanggul berdasarkan tanah:


1. Pematang tanah

- Tetapkan luas kolam yg akan digali, tentukan garis batasnya.

- Kemudian mulai menggali lapisan tanah atas sedalam kurang lebih 10 cm. 

- Setelah Tanah Di Gali lantas Tanah Hasil galian pada Pisahkan dari  tanah lapisan atas ini, 

- Dengan Tujuan buat nanti ditebarkan  atau sebagai subtrat pulang ke dasar kolam. 

- Bagian Tanah atas ini tergolong fertile serta kaya akan bahan organik yang berguna dan berguna bagi kehidupan ikan.

- Mulai Menggali balik bagian atas tanah sedalam 60 cm. 

- Bagian tanah yg ini dipakai buat membuat pematang. 

- Bersihkan Tanah berdasarkan batuan, akar atau pun sampah lainnya . Manfaat menurut pembersihan kotoran kotoran tadi agar pematang tanah yang disusun tidak bocor.

- Pematang dibuat dengan penampang berbentuk trapesium. 

Dalam Pembuatan Dengan Bentuk Trafesium Maka Lebar pada bagian bawah serta menyempit di bagian atas. 

Semakin lebar pematang bagian bawah maka semakin baik, lantaran akan semakin kokoh. 

Tapi tentunya semakin lebar pematang akan memakan tempat serta biaya serta waktu akan semakanin banyak

- Sesuaikan lebar pematang dengan luas kolam.

- Sebelum pematang dibentuk, usahakan gali dasar tanggul sedalam 20-25 cm sebagai pondasi . 

- Kemudian isi dengan tanah output galian serta mampatkan. Tanah galian buat membentuk pematang mampu diairi terlebih dahulu agar solid.

2. Pematang tembok Pada Kolam Tanah


Pematang tembok diharapkan bila kita menginginkan kolam yang lebih tetap serta jenis tanah yang ada tidak memungkinkan buat membuat pematang tanah. 

Tembok mampu digunakan sebagai pelapis atau pembatas. 


Sebagai pelapis adalah, lapisan tembok hanya memperkuat pematang tanah. Biasanya diterapkan dalam kolam tunggal.
Untuk jumlah kolam yg banyak, umumnya semua pematang dibuat berdasarkan lapisan batu-bata dan adukan semen atau dibeton. Pematang sebagai pembatas antara kolam yg satu dengan kolam yg lain. 

Pembuatan pematang menggunakan bahan batu-bata serta adukan semen atau dibeton tentunya memerlukan cost biaya pengeluaran yg jauh lebih besar daripada pembuatan tanggul tanah.

DASAR KOLAM BUDIDAYA

Subtrat atau Dasar kolam tanah buat budidaya ikan ini dibuat miring ke arah pembuangan air, 

Dimana Nilai kemiringan dasar kolam berkisar antara 1-dua% yg merupakan pada setiap seratus meter panjang dasar kolam terdapat disparitas tinggi sepanjang 1-2 meter . Tujuan Dari Pembuatan Kemiringan Di dasar Kolam Agar Di ketika Pemanenan Ikan Tidak Terlalu Sulit dimana Ikan Akan berkumpul dalam Sisi dasar Kolam Yang Lebih rendah,

Cara pengukuran kemiringan tanah yg gampang merupakan dengan menggunakan selang air yg kecil. Dimana Selang Tersebut akan Menunjukan rata Rata dari ketinggian Dasar dan Pematang Kolam.

Tahapan dalam Cara Pengukuran 


- Pada masing-masing ujung pintu pemasukan dan pintu pengeluaran air ditempatkan sebatang kayu atau bambu yg telah diberi berukuran, yg paling rupawan meteran, 


- lalu selang mini yang telah berisi air direntangkan dan ditempatkan dalam bambu, kayu atau meteran Pada masing-masing ujung pintu pemasukan dan pintu pengeluaran air


- Nilai Perbedaan tinggi air pada ujung ujung selang itu memperlihatkan disparitas tinggi tanah/ kemiringan dasar kolam.

KEMALIR Atau Parit Dangkal

Kemalir atau parit dangkal yang berada dalam bagian tengah atau sekeliling tepi kolam adalah bagian kolam yang cukup penting. 

Fungsi kemalir menjadi loka berlindung ikan terhadap agresi hama, bahaya kekeringan serta sengatan mentari , dan menjadi tempat berkumpulnya ikan dalam waktu akhir penangkapan ikan.


Ukuran kemalir tergantung pada luas kolam. Jika luas kolam mini (100 – 500 m2), kemalir bisa dibuat dengan ukuran lebar 1 meter menggunakan kedalaman 30 cm. Bila kolam lebih luas lagi, kemalir bisa dibuat dengan berukuran lebar 2 – 2,lima meter dengan kedalaman 50 cm.

INLET DAN OUTLET AIR KOLAM

Pintu pemasukkan serta pengeluaran air sangat penting bagi suatu kolam, agar sirkulasi air dapat lancar. Secara tradisional, pintu pemasukkan atau pengeluaran air dapat terbuat menurut btg bambu atau pipa PVC. 

Pintu pemasukkan air diletakkan menembus dalam permukaan pematang kolam, sedangkan pintu pengeluaran air terletak didasar kolam serta sejajar dengan dasar kemalir, menembus pematang kolam hingga kebagian luar kolam. 


Baca Juga'


Budidaya Ikan Lele


Budidaya Ikan Nila


Budidaya Ikan patin


Budidaya Ikan guppy


Budidaya Ikan Wader


Budidaya Ikan gurame


Setiap pintu air ini dilengkapi menggunakan saringan yang terbuat dari anyaman bambu. Saringan ini berfungsi buat mencegah masuknya sampah atau ikan lain kedalam kolam atau mencegah keluar ikan yg sedang dipelihara. 


Setiap waktu pintu ini wajib diperiksa agar jangan sampai tersumbat sang kotoran.

Keterangan gambar:


P= pematang


PA = Permukaan Air


B1= pintu pengeluaran air dengan saringan


DK= dasar kolam


B2= pintu pemasukkan dengan saringan


K= kemalir


Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel