KONDISI UMUM PERIKANAN KAB REMBANG

KONDISI UMUM PERIKANAN KAB REMBANG - Kabupaten Rembang merupakan Kabupaten yang terletak diwilayah pantai Utara Pulau Jawa, yg memiliki daerah seluas 1.014 km2dengan garis pantai sepanjang 63,5 km. 

Sebesar35,5% berdasarkan luas wilayah Kabupaten Rembang tersebut adalah wilayah pesisiryaitu sebesar 355,95 km2. 

KONDISI UMUM PERIKANAN KAB REMBANG

Dengan demikian bisa dikatakan bahwaKabupaten Rembang memiliki potensi yg relatif akbar di bidang perikanan dankelautan. Sebagaimana dapat dipandang pada Gambar III.1, secara administrasi,Kabupaten Rembang terletak berbatasan dengan:
-Sebelah Utara:Laut Jawa
-Sebelah Selatan:Kab.blora
-Sebelah Barat:Kab. Pati
-Sebelah Timur:Kab. Tuban (Provinsi Jawa Timur)

Secara geografis, Kabupaten Rembang terletak di antara111o00’ – 111o30’ Bujur Timur dan 06o30’ – 07o00’Lintang Selatan, yang mencakup 14 kecamatan, yaitu Kecamatan Kaliori, Rembang,Lasem, Sluke, Kragan, Sarang, Sale, Sedan, Gunem, Pamotan, Sulang, Sumber,Bulu, serta Pancur. 

Dari ke-14 kecamatan tadi di atas, 6 kecamatan merupakankecamatan pantai, yaitu Kecamatan Kaliori, Rembang, Lasem, Sluke, Kragan danSarang.


Iklim di Kabupaten Rembang merupakan iklim tropis, menggunakan musimkemarau dan penghujan yang berlangsung silih berganti sepanjang tahun. Suhubulanan minimum 21,3oC dan suhu maksimum 30,7oC. Jumlah curah hujandalam setahun mencapai rata-homogen 16,5mm/bulan serta tergolong daerah beriklim kemarau. 

Pada umumnya curah hujantersebut nir merata sepanjang tahun, pada mana dalam bulan-bulan tertentu curahhujannya relatif tinggi, yaitu bulan Oktober hingga Maret. Sedangkan dibulan-bulan lainnya curah hujannya rendah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel