KRITERIA ALAT PENANGKAP IKAN RAMAH LINGKUNGAN

Kriteria Alat Penangkap Ikan Ramah Lingkungan - pelabuhan perikanan pantai ( PPP ) tawang weleri mengadakan aktivitas sosialisasi penggunaan alat tangkap ikan ramah lingkungan. Dalam program tersebut eksklusif dibuka sang ketua pelabuhan bapak sihono. Hadir pada kesempatan tadi nara asal berdasarkan BBPI, Semarang, HNSI dan BLH Semarang. 

Dalam diskusi antara nelayan dengan nara asal banyak pertanyaan pertanyaan dimana nelayan sebenarnya ingin buat menggunakan indera tangkap ikan yg ramah lingkungan. 


Problem pada pantai utara jawa khususnya didaerah weleri, kendal perkara sudah over fishing. Kegiatan penangkapan ikan sudah berlangsung puluhan tahun tanpa adanya pemulihan sumber daya perikanan.  


Selain karenanya penggunaan indera tangkap yang tidak ramah lingkungan adalah penyumbang terbanyak masalah over fishing. Pada dasarnya kriteria alat tangkap ramah lingkungan telah kentara. 


Seperti purse seine itu termasuk indera tangkap ramah lingkungan akan tetapi bila purse seine pada pakai dengan kedalaman jaring sama atau melebihi kedalaman fishing groud maka purse seine sanggup terbilang tidak ramah lingkungan. 


Pancing merupakan alat tangkap yg paling selektif namun bila menerima Hiu alat tangkap pancing sudah bisa di bilang nir ramah lingkungan.

Kriteria Alat Penangkap Ikan Ramah Lingkungan

Menurut Hudring selaku nara asal berkata Untuk memenuhi kriteria ramah lingkungan maka harus memenuhi sembilan kriteria. Tetapi syarat nya nir terdapat satupun alat tangkap yg sanggup memenuhi  kriteria tersebut. Kriteria tersebut diantaranya : 

1. Memiliki selektifitas tinggi


2. Tidak Mengganggu lingkungan


3. Tidak membahayakan lingkungan


4. Hasil tangkapan berkualitas tinggi


5. Produk nir membahayakan konsumen


6. By catch rendah


7. Memberikan pengaruh rendah terhadapa lingkungan


8. Tidak menangkap ikan spesies tertentu


9. Diterima secara sosial.

Harapan menurut kegiatan tersebut supaya nelayan khususnya nelayan weleri mampu lebih mengerti dan memahami tentang kelestarian sumber daya ikan. Dan bisa mengaflikasikan indera tangkap yg bertanggung jawab dalam keberlangsungan asal daya ikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel