Kwarcab Gerakan Pramuka Muba Gelar Lomba Pramuka Berprestasi 2019

Sekayu, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Musi Banyuasin mengadakan berbagai perlombaan dalam memeriahkan HUT ke-52 Gerakan Pramuka Tahun2019, salah satu di antaranya adalah lomba pramuka berprestasi tingkat Kwarcab.
Lomba yg berlangsung di sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka Musi Banyuasin, dalam 6-7 September2019, sekarang telah memasuki evaluasi akhir seleksi cabang menggunakan peserta berasal menurut 14 kwartir ranting (kwarran), meliputi siaga, penggalang serta penegak masing-masing satu putra dan satu putri.
Tujuan penyelenggaraan lomba pramuka berprestasi merupakan buat mencari anggota pramuka yang selain aktif pada kegiatan kepramukaan juga berprestasi secara akademis dan non akademis, serta membangun generasi muda Kabupaten Muba yg bertakwa, mandiri, mempunyai rasa kepedulian yang tinggi dan berprestasi.
Meraih predikat pramuka berprestasi tidaklah mudah, karena harus memenuhi berbagai Kriteria persyaratan, pada antaranya berkelakuan baik dibuktikan menggunakan surat kabar ketua sekolah, selaku Ka Mabigus Gerakan Pramuka atau melampirkan SKCK dari kepolisian setempat.
Se;ain itu, sehat jasmani serta rohani, merupakan pramuka yang aktif, berprestasi dalam pendidikan formal dengan nilai homogen-homogen 7,5 atau IPK minimal 3,dua, dan mempunyai prestasi lainnya diluar aktivitas pramuka.
Syarat khusus di antaranya untuk siaga usia 7-10 tahun, penggalang usia 11-15 tahun, penegak/ pandega usia 16-20 tahun dan usia 21-25 tahun, menjadi model yg baik (dalam kegiatan kepramukaan, pada rumah, pada sekolah atau di lingkungan pergaulannya sesuai menggunakan isi Dwi Satya dan Dwi Dharma), serta memiliki tanda kecakapan khusus.
Peserta akan dievaluasi sang tim juri yg memiliki kompetensi dalam bidang kepramukaan, keolahragaan, kesenian dan akademisi.
Menuruti Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Muba Dicky Meiriando SSTP MH, para peserta lomba pramuka berprestasi ini sudah memasuki termin penilaian terakhir buat menentukan kampiun I, II, serta III.
Dewan juri akan melakukan penilaian akhir melalui wawancara mendalam, verifikasi berkas administrasi, kemampuan bahasa asing, performance, scouting skill serta personality. “Bagi yang terpilih menjadi juara I, berpeluang buat mengikuti perlombaan pramuka tingkat daerah serta nasional,” ungkapnya.
Penyerahan penghargaan pada Pramuka Berprestasi yang terpilih akan dilaksanakan dalam acara peringatan HUT Pramuka ke-52 tahun2019 pada Kabupaten Musi Banyuasin lepas 10 September2019 mendatang.

Sumber : //infopublik.kominfo.go.id/read/54410/www.apec2013.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel