Kwarda Kepulauan Riau Siap Mengikuti Raimuna Nasional keX

Sekitar 110 Anggota Gerakan Pramuka Penegak dan Pandega akan mewakili Kwarda Gerakan Pramuka  Kepulauan Riau (Kepri) siap mengikuti  kegiatan Raimuna Nasional (Rainas) ke-X Tahun 2012 pada Papua, Juli mendatang. Hal itu disampaikan Ketua Kwarda Kepri, Dr. Drs. H. Suhajar Diantoro, M, Si ketika pada temui di kantor Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Jalan Merdeka Timur No. 6 Jakarta.

Pada kunjungannya kali ini Kak Hajar yg juga menjabat menjadi Sekretaris Pemerintah Daerah Provinsi Kepri mengungkapkan beberapa hal terbaru kepada Ketua Kwarnas, diantaranya tentang keikutsertaan Kwarda Gerakan Pramuka Kepri pada Rainas ke-X di Papua.

“Raimuna ini kan acara yg telah kita sepakati bersama dalam waktu Munas Gerakan Pramuka tahun 2008 dan Rapat Kerja Nasional Tahun 2011 yang lalu, dalam ketika penyusunan program Kwarnas itu kita pula hadir.  Jadi soal tempat juga biaya   nir menjadi perkara. Bahkan bila adik-saudara termuda yg telah biasa keluar masuk hutan, semakin jauh tempatnya semakin akan menambah pengalaman bagi mereka,” kata Kak Hajar yang sejak Siaga aktif berlatih pramuka.

Kak Hajar berharap sekembalinya berdasarkan aktivitas Rainas ke-X 2012, Pramuka di Kepri makin kreatif dan inovatif, apalagi yang ikut dan dalam aktivitas ini merupakan Anggota Gerakan Pramuka yg telah dikategorikan bisa sebagai teladan rekan-rekannya. “Jadi kami tinggal menyalurkan saja cita-cita saudara termuda-adik. Apalagi aktivitas Raimuna ini kan buat Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang secara usia telah dewasa. Jadi kami sangat mendukung,”

“Soal biaya , kami Kwarda Gerakan Pramuka Kepri sudah setuju kalau terdapat aktivitas nasional, maka ada biaya yg ditanggung oleh Kwarda dan selebihnya ditanggung Kwarcab pengirim. Itu semua sudah kami tambahkan pada Program Kwarda Gerakan Pramuka tahun 2012 yg penyusunannya pun pada hadiri pengurus Kwarcab se-Kepukauan Riau. Jadi bebannya tidak terlalu berat lantaran tersebar pada seluruh Kwarcab, meski terdapat pula yg tetap menjadi tanggungjawab Kwarda,” kata Kak Hajar yang sedikit mengeluarkan “resep”-nya memimpin Kwarda Kepri.

Menanggapi perkara jaminan keamanan, Kak Hajar meyakini bahwa sepanjang pemerintah mengijinkan Kwarnas melakukan kegiatan kepramukaan termasuk Raimuna di Papua maka pemerintah akan menjamin keamanan di sana, “Kita tahu persis bahwa Pramuka nir bergeming menggunakan dilema-persoalan politik jadi Insya Allah aman. Kalaupun ada perkara kita yakin jika pemerintah sentra sudah mengijinkan dan  pemerintah provinsi siap sebagai tuan tempat tinggal , kemanan akan diurus dengan sebaik-baiknya,” tandas dia yang menemui Kak Azrul didampingi menggunakan Pengurus dan Ketua Dewan Kerja Daerah Kwarda Gerakan Pramuka Kepri, Tesa Hardianti.

Raimuna Nasional ke-X Tahun 2012 akan berlangsung di Bumi Perkemahan Cendrawasih, Jayapura, Papua dalam tanggal 25 Juni – 1 Juli 2012.

[Humas Kwarnas / Foto: Ilham Ahmad Kwarnas]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel