Liga Primer Indonesia dimulai

 Setelah sempat terancam tidak menerima izin berdasarkan kepolisian, hari ini Liga Primer Indonesia atau LPI akhirnya akan menggelar pertandingan pertama antara kesebelasan Solo FC melawan Persema Malang.

Koresponden BBC pada Solo melaporkan upacara pembukaan Sabtu (08/01/11) sore akan dimeriahkan menggunakan penampilan 1.050 orang penari menggunakan baju tradisional terbaru, dan pengibaran bendera 19 klub yang mengikuti gelaran LPI.

Animo masyarakat jua terlihat tinggi terlihat berdasarkan penuhnya Stadion Manahan yg berkapasitas 25 ribu tempat duduk.

Arifin Panigoro selaku penggagas LPI sudah berada pada stadion bersama menggunakan Walikota Solo Joko Widodo dan Ketua PSSI Solo Rudi Hadiatmo.

Kehadiran Ketua PSSI Solo ini semakin menguatkan dugaan adanya perpecahan ditubuh PSSI. Selama ini sejumlah pengurus daerah PSSI memang poly yang membelot berdasarkan induk persepakbolaan Indonesia tersebut.

Pengurus teras PSSI yg diketuai oleh Nurdin Halid diketahui sangat menentang aplikasi LPI menjadi ajang tandingan bagi Liga Super Indonesia yg selama ini digelar sang PSSI. Bahkan sebelum LPI digelar, PSSI sempat memperkarakan LPI menggunakan alasan liga tadi ilegal lantaran nir diakui oleh PSSI.
Izin pemerintah

Tetapi pemerintah Indonesia akhirnya tetapkan penyelenggaraan kompetisi sepakbola Liga Primer Indonesia tidak menyalahi aturan perundangan.

Menteri Negara Pemuda serta Olahraga, Andi Mallarangeng mengatakan telah menemukan penyelesaiannya.

"Urusan biar penyelenggaraan pertandingan dan perlombaan profesional merupakan wewenang Badan Olahraga Profesional Indonesia, BOPI," pungkasnya.

"Kami sudah mendiskusikan menggunakan ahli-pakar aturan dan pihak kepolisian yang terjepit soal hadiah biar . Dengan ini kentara bahwa biar penyelanggaraan bagi pertandingan profesional cabang olahraga mana saja termasuk sepakbola merupakan BOPI," tandasnya.

Kekisruhan antara PSSI dengan penyelenggara LPI juga berimbas kepada seleksi pembentukan tim nasional U-23 yang tengah berlangsung saat ini, karena sejumlah pemain yang dipanggil mengkitu seleksi bermain di LPI.

PSSI sebelumnya mengancam akan mencoret para pemain yg membela klub bermain pada LPI. Salah satunya merupakan penyerang Irfan Bachdim.

Irfan yg namanya mencuat saat kejuaraan Piala AFF 2010 kemarin ini adalah pemain inti klub Persema Malang. Tetapi meski permanen menentukan buat bermain di LPI, Irfan tetap dipanggil masuk kedalam skuat U-23 yg disiapkan buat Sea Games dan Pra Olimpade.

Kompetisi LPI diikuti oleh 19 klub berdasarkan berbagai daerah. Dalam keikutsertaannya klub-klub peserta tidak lagi menerima dana bantuan dari aturan belanja pendapatan daerah melainkan dari konsorsium penyelenggara LPI.

Sumber: //www.bbc.co.uk

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel