LT II Kwarran Kesambi Kota Cirebon

PETUNJUK PELAKSANAAN

LOMBA TINGKAT II ( DUA ) REGU PRAMUKA PENGGALANG

TINGKAT KWARTIR RANTING KESAMBI

TAHUN 2011

I. PENDAHULUAN

Bahwa pada rangka bisnis mencapai tujuan Gerakan Pramuka, maka diselenggarakan pendidikan kepramukaan yang berbentuk kegiatan-kegiatan yg menarik mengandung pendidikan, sehat serta bermanfaat bagi hayati, kehidupan anak, remaja serta pemuda buat saat ini serta masa depan mereka.

Sebagaimana telah digariskan bahwa segala bentuk aktivitas Kepramukaan yang dilaksanakan atas dasar Prinsip-Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan yang tujuan sasarannya adalah upaya pembinaan serta pengembangan tabiat serta training bangsa, yg bersumber pada kehidupan kodrati anak, remaja dan pemuda sehari-hari.

Kita tahu bahwa “ Berlomba “ adalah sifat anak, remaja dan jua pemuda pada kegiatannya sehari-hari serta bisa dipakai menjadi indera pendidikan pada mencapai Tujuan Gerakan Pramuka.

Maksud dan tujuan Petunjuk Pelaksanaan ini dibentuk buat bisa dipakai menjadi pegangan dan pedoman Gugus Depan serta Kwartir Ranting dalam mensukseskan penyelenggaraan kegiataan Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi tahun 2011.

Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang, disingkat LT yg dimaksud dalam petunjuk penyelenggaraan ini merupakan Pertemuan Regu-regu Pramuka Penggalang menurut suatu satuan Pramuka atau berdasarkan aneka macam satuan Pramuka menggunakan acara aktivitas kreatif, rekreatif serta edukatif pada bentuk perlombaan.

Kegiatan yang berbentuk perlombaan itu dilaksanakan atas landasan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan serta digunakan buat mengevaluasi serta menaikkan kecakapan serta kemampuan para Pramuka Penggalang.

II. TUJUAN

Tujuan Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi ini adalah untuk membina dan menyebarkan Penghayatan Kode Kehormatan yang berupa Janji Trisatya dan Dasa Darma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penggalang Se- Kwartir Ranting Kesambi Kota Cirebon.

III. SASARAN

Sasaran yg ingin dicapai adalah supaya sehabis mengikuti LT para Pramuka Penggalang :

1. Mengikuti batas strata prestasinya yg harus dicapai sinkron menggunakan tingkatannya;

2. Meningkatakan kemampuan mental, fisik dan pengetahuannya, dan semangatnya untuk maju terus pantang putus asa;

3. Memperoleh tambahan pengalaman, ketrampilan dan sahabat serta kesan yang baik dan memuaskan;

4. Menaikkan disiplin pribadinya, rasa tanggung jawabnya, serta kesetiannya terhadap regunya, pasukannya, gugusdepannya, dan organisasi Gerakan Pramuka pada umumnya;

5. Lebih tahu dan menghayati semangat kepramukaan bersama satya dan darmannya, sistem beregu, kerukunan, kekompakan, kegotong-royongan, dan kesetiakawanan.

IV. FUNGSI

Lomba Tingkat II adalah wahana buat :

1. Menerapkan dan menilai satya serta darma Pramuka, pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh para Pramuka Penggalang pada latihan-latihan pada satuannya;

2. Menyalurkan kegemaran para Pramuka Penggalang yang senang berlomba kearah aktivitas yang bermanfaat dan bertujuan pendidikan;

3. Membina serta berbagi kepemimpinan serta kemampuan mengelola regu dan kegiatannya;

4. Membina serta mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman serta ketrampilan para Pramuka Penggalang;

5. Memberi kesempatan serta kepercayaan kepada Pramuka Penggalang melaksanakan aktivitas-kegiatan menurut, sang serta buat kepentingan mereka menggunakan pengawasan dan tanggungjawab para Pembina Pramuka melalui sistem beregu;

6. Mengevaluasi output usaha training para Pramuka Penggalang buat dapat merencanakan pendidikan Pembina Pramuka yg sinkron.

V. PELAKSANAAN

a. Sebagai pelaksanana Lomba Tingkat II ini adalah Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kesambi Kota Cirebon, Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting Kesambi Kota Cirebon, Pembina Pramuka, Pembantu Pembina Pramuka serta Tokoh Masyarakat yg ditunjuk Kwartir Ranting Kesambi.

b. Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi dilaksanakan dalam bentuk Perkemahan dengan tetap menganut system Satuan Terpisah antara Putra serta Putri.

c. Lamanya Perkemahan yg dimaksud adalah selama 3 (3) hari dan dilaksanakan dalam hari / tanggal 16 s.D 18 September 2011

d. Tempat pelaksanaan LT II Kwarran Kesambi bertempat di Bumi Perkemahan Kebon Pelok Jl. Pramuka Kel. Kalijaga Kec, Harjamukti Kota Cirebon ( Sekitar Kantor Sekretariat Kwarcab Kota Cirebon ).

e. Setiap Peserta Lomba Tingkat agar senantiasa menghindari hal-hal yg dapat mengakibatkan gangguan terhadap kerukunan, Persaudaraan, Kejujuran, Kesehatan, Ketentraman serta Keamanan mal serta lingkungan perkemahan.

f. Lomba Tingkat II ini akan dilaksanakan dalam suasana riang dan gembira, persaudaraan, gotong royong serta saling membantu, serta senantiasa member kesan yang baik kepada para peserta, Panitia Pelaksana, para orang tua serta masyarakat.

VI. KEGIATAN DALAM LOMBA TINGKAT

A. Acara kegiatan LT II ini bersumber pada dasar dan nilai-nilai :

1. Agama;

2. Filsafat Pancasila;

3. Jiwa Perjuangan 1945;

4. Ketahanan Nasional;

5. Persahabatan serta Kekeluargaan;

6. Perkembangan Ekonomi, Sosial serta Teknologi;

7. Seni Budaya, Kesehatan, Kesejahteraan serta Kelestarian Lingkungan Hidup;

8. Keamanan serta Ketertiban Masyarakat;

9. Adat Istiadat dan tata susila;

10. Kepemimpinan dan Kewirausahaan;

B. Kegiatan-aktivitas dalam LT II :

1. Dilandasi Jiwa Tri Satya serta Dasa Darma Pramuka serta mengutamakan Kejujuran, Kebenaran serta sportivitas;

2. Dilaksanakan menggunakan Sistem Among dan Prinsip-Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan, khususnya system Beregu.

3. LT II ini memakai kata BERPRESTASI buat menggantikan kata MENANG serta JUARA dengan maksud menghindari perbuatan-perbuatan yang semata-mata buat mengejar kemenangan serta kejuaraan, melainkan buat meningkatkan prestasi dan Kesehatan Mental dan fisik para peserta, yang diadaptasi dengan aspirasi, minat dan kemampuan para peserta, serta kepentingan serta kebutuhan rakyat.

C. Kelompok Materi yg dilombakan pada LT II ini merupakan sebagai berikut :

1. Kelompok Satu

a. Mental;

b. Agama;

c. Patriotisme;

d. Sikap Masyarakat;

2. Kelompok Dua

a. Ketrampilan serta Kecakapan;

b. Ketangkasan;

c. Karya dan Usaha;

d. Praktek Ketatalaksanaan Regu Praktis;

3. Kelompok Tiga

a. Pengetahuan;

b. Kesehatan;

c. Kebersihan;

d. Kerapihan;

D. Materi Kegiatan pada LT II ini diambil menurut :

1. Syarat-kondisi Kecakapan Umum ( SKU );

2. Kegiatan-kegiatan rutin yg diberikan pada tiap-tiap latihan disatuannya masing-masing, termasuk data-data tata laksana regu;

3. Kegiatan-aktivitas dalam rangka mempersiapkan diri membangun rakyat seperti yang termaktub pada Trisatya buat Pramuka Penggalang.

VII. PESERTA DAN PERSYARATAN PESERTA

Peserta Lomba Tingkat II Kwarran Kesambi adalah para anggota Pramuka Penggalang yang terhimpun pada regu-regu anggota Pasukan Penggalang berdasarkan tiap-tiap Gugus Depan yg diatur menjadi berikut :

1. LT II yang diadakan di taraf Kwarran Kesambi diikuti sang 1 (satu) atau 2 (2) regu Penggalang berprestasi yg didapatkan oleh Lomba Tingkat – I ( Gugus Depan ).

2. Regu-regu Penggalang yg berprestasi pada LT II ini secara otomatis akan disertakan pada Lomba Tingkat III yg akan diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Kota Cirebon;

3. Persyaratan peserta LT II Kwarran Kesambi ini adalah menjadi berikut :

a. Setiap Regu Pramuka Penggalang harus memiliki anggota Regunya sedikitnya 8 atau sebanyak-banyaknya 10 orang Pramuka Penggalang.

b. Tiap anggota Regu memiliki Kartu Tanda Anggota, atau bagi anggota yg belum dilantik membawa surat berita menurut Pembina Gugus Depan yang bersangkutan;

c. Usia dalam ketika mengikuti LT II ini peserta wajib berumur 11 tahun dan belum 16 Tahun;

d. Semua Tanda Kecakapan baik generik juga spesifik yang sudah dicapai disertai fakta resmi dari pembinanya dan kapan diperolehnya;

e. Setia membayar iuran Gugus Depan kepada kwartirnya.

VIII. PENILAIAN LOMBA TINGKAT

Tim Penilai :

Untuk menaruh penilaian kepada setiap peserta LT dalam usahanya mencapai batas taraf menjadi Regu Penggalang Berprestasi di bentuk Tim Penilai terdiri dari para Andalan Kwartir, Pembina serta Pembantu Pembina Penggalang, para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang ditunjuk Panitia Pelaksana.

Penilaian :

Seluruh kegiatan dalam LT yang dievaluasi, dibagi dalam tiga gerombolan , yaitu:

a. Kelompok Satu

1) Mental;

2) Agama;

3) Patriotisme;

4) Sikap bermasyarakat

b. Kelompok Dua

1) Keterampilan dan kecakapan;

2) Ketangkasan;

3) Karya serta Usaha;

4) Praktek ketatalaksanaan secara praktis

c. Kelompok Tiga

1) Pengetahuan;

2) Kesehatan;

3) Kebersihan;

4) Kerapihan

Cara Menilai :

Penilaian kegiatan dalam LT II ini dilakukan sebagai berikut:

a. Dilakukan menggunakan cara memberi nilai angka untuk setiap kegiatan

b. Ada 3 macam Regu Pramuka Penggalang Berprestasi yaitu:

1) Regu Pramuka Berprestasi Cukup.

2) Regu Pramuka Berprestasi Baik

3) Regu Pramuka Berprestasi Tinggi

c. Untuk menentukan regu berprestasi cukup, regu berprestasi baik, regu berprestasi tinggi dilakukan dengan cara menjumlah nilai-nilai aktivitas dalam grup aktivitas masing-masing, kemudian nilai-nilai grup dijumlah menjadi nilai akhir.

IX. TANDA PENGHARGAAN

a. Setiap Pramuka Penggalang peserta LT II ini diberi Tanda Penghargaan sudah mengikuti LT berupa Piagam atau bentuk lain yg sederhana;

b. Setiap Regu Peserta LT II akan diberikan Tanda Penghargaan sudah mengikuti LT II berupa Piagam atau bentuk lain;

c. Setiap Regu yang berprestasi relatif, regu berprestasi baik dan regu berprestasi tinggi akan diberikan Trofi / Piala serta Piagam Penghargaan, dan mewakili Kwarran Kesambi buat mengikuti Lomba Tingkat III yang diselenggarakan Kwarcab Kota Cirebon.

X. BIAYA PENDAFTARAN serta KETENTUAN LAIN

A. Biaya Pendaftaran Peserta LT II Kwarran Kesambi

1. Biaya Pendaftaran masing-masing Regu Pramuka Penggalang @ Rp. 100.000,- ( Seratus Ribu Rupiah ) dibuktikan menggunakan Kwitansi Pendaftaran yg nanti bisa dipergunakan sebagai syarat daftar ulang peserta di lokasi LT II dan Penomoran Kapling Tenda Peserta.

2. Lampiran pendaftaran peserta mencakup :

a. Nama Regu serta pangkalan Pramuka Penggalang Pa/Pi

b. Jumlah anggota Regu Pa /Pi

c. Setiap peserta mengisi Biodata Peserta yg sudah disediakan ( terlampir )

3. Tempat registrasi pada Sekretariat Kwartir Ranting Kesambi Jl. Dr. Sudarsono No. 16 Telp. 0231 – 243292 Cirebon 45134 ( Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Kesambi Kota Cirebon ).

4. Batas ketika pendaftaran peserta hingga menggunakan lepas 10 September 2011

5. Teknical Meeting Peserta LT II yang diwakili oleh Ketua Regu / Pembina Gudep akan dilaksanakan dalam tanggal 13 September

B. Ketentuan Lain :

a. Lambang, bendera serta tanda-pertanda lain yang digunakan pada aktivitas LT II ini dibuat menggunakan memperhatikan ketentuan Kwarnas mengenai Lambang Gerakan Pramuka.

b. Tanda-tanda yg diperoleh para peserta selama mengikuti LT, boleh dipakai di seragam Pramuka selama LT berlangsung serta sampai satu bulan sehabis waktu berakhirnya LT.

c. Petunjuk Penyelenggaraan LT II Kwarran Kesambi ini merupakan panduan umum yang telah dikembangkan sesuai dengan keperluan situasi serta kondisi saat ini dengan tanpa bertentangan menggunakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka / Petunjuk Penyelenggaraan LT yang dimuntahkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

XI. PENUTUP

Demikian Petunjuk Penyelenggaraan LT II Kwarran Kesambi ini kami sampaikan, semoga menjadi pedoman pada suksesi penyelenggaran Lomba Tingkat II pada Kwartir Ranting Kesambi ini.

Cirebon, 14 Agustus 2011

PANITIA PELAKSANA LOMBA TINGKAT II

GERAKAN PRAMUKA KWARTIR RANTING KESAMBI – KOTA CIREBON

TAHUN 2011

Ketua, Sekretaris,

NUNUNG SURYATNA, SE-MT SUNARDI-MT

Mengetahui :

KWARTIR RANTING GERAKAN PRAMUKA

KESAMBI – KOTA CIREBON

Ketua,

TOTO SUPARTO, SE, MM.mpd

Sumber : soetirman

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel