Mahasiswa UII Juara Dunia Kompetisi ERPsim di Montreal Kanada


Tiga mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, yaitu Diantika Pharamita, Muhammad Faizal, serta Putri Aini mengharumkan nama bangsa dengan menjadi juara 1 global  pada kompetisi internasional ERPsim ke-4 di Montreal, Kanada dalam 20 Juni 2012.
ERPSim adalah sebuah game simulasi yg dikembangkan sang HEC Montreal dengan berbasis SAP. Dengan ERPSim, mahasiswa melakukan simulasi pengambilan keputusan-keputusan bisnis, mulai berdasarkan penentuan harga, produksi, pemasarandan sebagainya.
Nilai akhir ditentukan oleh profit yang mereka hasilkan, dan pula  presentasi tim menyebutkan mengapa dapat menang atau kalah, intinya lessons learned yang mereka bisa selama game tersebut.
Kompetisi tahunan yang diselenggarakan SAP ini,  berupa game simulasi bisnis menggunakan menggunakan aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) yang diikuti oleh 50  tim, menggunakan anggota masing-masing 3 mahasiswa, menurut lebih berdasarkan 20 negara di seluruh dunia.
Dari 50 tim, hanya 15 tim yg berhak maju ke final. Selain UII, menurut Indonesia terdapat jua tim Universitas Brawijaya, Malang.
ERP atau Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan adalah pelaksanaan software komputer yg terintegrasi dan menyeluruh. Secara arsitektural sistem, ERP dikembangkan menurut modul-modul fungsional yang mencakup seluruh aspek asal daya di dalam sebuah perusahaan/organisasi.
Secara historis, ERP dari berdasarkan metamorfosis dari MRP (Manufacturing Resources Planning) yg diarahkan buat gerombolan bisnis manufaktur.
Seiring dengan perkembangan teknologi, manajerial serta usaha maka MRP pun berubah sebagai ERP. Istilah ERP sendiri diperkenalkan pertama kali sang Gartner Group.
Dalam kompetisi yang digelar, peserta diharuskan menjalankan sebuah usaha virtual selama 4 kuartal. Peserta memakai perangkat lunak ERP yg waktu ini dipakai sang sebagian besar perusahaan multinasional global pada menjalankan usahanya.
Mahasiswa pada kompetisi ini wajib mengoperasikan logistik, distribusi, inventory, pengiriman dan penagihan sebuah perusahaan susu, pada Jerman.
Sistem ERP yang digunakan dalam simulasi ini, digunakan sang setiap perusahaan Fortune 1.000, dan disimulasi sang SAP Lab di Montreal buat dapat mendeskripsikan bagaimana produk yg dibentuk diterima oleh pasar.
Tim SAP mahasiswa akuntansi ini mengikuti kompetisi SAP ERP buat belajar menggunakan ERP system pada menjalankan bisnis proses yang sudah dipelajarinya pada mata kuliah ERP di bangku kuliah, menggunakan dipandu  Drs. Suwaldiman, MAcc, Ak. Game simulasi ini berjalan secara cepat, setiap kuartal equivalen menggunakan 10 hari transaksi, berjalan kira-kira 10 mnt. Total permainan 6 kuartal.
“Kondisi ekonomi didesain berbeda-beda tiap kuartal serta kami wajib mencoba menjual barang dalam setiap syarat”, istilah Muhammad Faizal, galat seorang anggota tim yang sinkron rencana akan lulus S1 akuntansi dalam tiga bulan mendatang.
“Prestasi ini semakin memantapkan profil lulusan akuntansi UII menjadi konsultan bisnis di lingkungan yang berbasis teknologi informasi, khususnya perusahaan yg memakai ERP System. Untuk itu ERP Competence Center Prodi Akuntansi akan menyelenggarakan acara pada rangka membuka potensi mahasiswa di ajang internasional lainnya.” kata Direktur ERP Competence Center, Dra. Primanita, MBA, Ak.
Sumber: uii.ac.id, kampus.okezone.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel