Materi Pramuka Penegak Dan Pandega

Raimuna
adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional.
Gladian Pimpinan Satuan
adalah aktivitas Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega bagi Pemimpin Sangga Utama, Pemimpin Sangga, serta Wakil Pemimpin Sangga serta pengurus Dewan Ambalan/Racana, yg bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinsat diselenggarakan oleh gugusdepan, kwartir ranting atau kwartir cabang. Kwartir wilayah dan Kwartir Nasional bisa menyelenggarakan Dianpinsat apabila ditinjau perlu.

Perkemahan
adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang diselenggarakan secara reguler untuk mengevaluasi output latihan pada gugusdepan dalam satu periode, seperti Perkemahan Saptu Minggu (Persami), Perkemahan Jum’at Saptu Minggu (Perjusami), perkemahan hari libur, serta sejenisnya.

Perkemahan Wirakarya (PW)
adalah rendezvous Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega berbentuk perkemahan akbar, dalam rangka mengadakan integrasi dengan rakyat dan ikut dan dalam kegiatan pembangunan warga . PW diselenggarakan oleh seluruh jajaran kwartir secara reguler,
khusus buat PW Nas, diselenggarakan jika dipandang perlu.
Perkemahan Bakti (Perti), adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar , dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan dan pengalamannya selama mengadakan pelatihan, baik di gugusdepan maupun pada Satuan karya Pramuka (Saka) dalam bentuk bakti kepada rakyat.

Perkemahan Antar (Peran) Saka
adalah Kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yg sebagai anggota Satuan Karya Pramuka (Saka), berbentuk perkemahan besar , yg diselenggarakan sang kwartir Gerakan Pramuka. Saat ini Gerakan Pramuka memiliki tujuh Saka. Peran Saka diselenggarakan jika diikuti minimal oleh 2 Satuan Karya Pramuka.

Pengembaraan
adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega berbentuk penjelajahan, dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan mengenai ilmu medan, peta, kompas dan survival.

Latihan Pengembangan Kepemimpinan
adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega buat menanamkan dan berbagi jiwa kepemimpinan bagi generasi belia agar dapat ikut serta pada mengelola kwartir dan diperlukan di lalu hari sanggup menduduki posisi pimpinan dalam Gerakan Pramuka.
Latihan Pengelola Dewan Kerja
adalah rendezvous Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega buat menaruh pengetahuan dan pengalaman tentang manajemen Dewan Kerja, sehingga para anggota Dewan Kerja bisa mengelola dewan kerjanya secara efektif dan efisien.

Kursus Instruktur Muda
adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega pengembangan potensi Pramuka, baik menjadi Pribadi, kelompok juga organisasi buat mensukseskan pelaksanaan upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengentasan Kemiskinan serta Penanggulangan Bencana.
Penataran, Seminar, dan Lokakarya
adalah rendezvous Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega buat menelaah suatu permasalahan serta merumuskan output kajian dan memecahkan masalah secara beserta, menjadi bahan masukan bagi perkembangan Gerakan Pramuka.

Sidang Paripurna
adalah rendezvous Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega buat menyusun program kerja bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam satu tahun acara, serta akan dijadikan bahan dalam Rapat Kerja Kwartir.

Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera (Musppanitera)
adalah rendezvous Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega buat menyusun perencanaan pelatihan bagi Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti kwartir/dewan kerja dan akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel