MENGENAL BUKU PELAUT

Mengenal Buku Pelaut - buku pelaut merupakan solusi kita buat mengetahui dunia mengenai pelaut dan mengetahui mengenai track record atau perjalanan berlayar seseorang pelaut. Pelaut yang handal maka setiap pengalaman yg di kerjakan bisa terekam dan tercatat pada dokumen yg bernama Buku Pelaut. Mengenal pelaut bisa dengan melihat cacatan dalam Buku Pelaut nya.

Buku Pelaut acapkali Juga pada sebut dengan Istilah Seaman Book. Lantaran anggaran mengenai buku pelaut tidaknya buat pelaut indonesia namun pelaut global pula harus memiliki yang namanya buku Pelaut.



Buku Pelaut Sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan menjadi Turunan berdasarkan dalam Undang Undang Tentang Pelayaran.

Dalam global ke pelautan dan pelayaran Mempunyai sebuh payung hukum yaitu Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Undang undang ini merupakan sebuah acum anggaran dimana pemerintah berusaha buat emlindungi hak serta kewajiban seseorang pelaut.

Mengenal Buku Pelaut

Kemudian menurut UU no 17 2008 Maka dibentuk terdapat lagi anggaran aturan Yang di bawahnya. Yaitu Peraturan yg di buat oleh kementrian perhubungan pada hal ini merupakan regulator perseteruan Kepalutan termasuk didalam nya Mengenai anggaran Teknis Tentang Buku Pelaut.

Aturan teknis yang sebagai regulasi tentang perekrutan dan penempatan awak kapal oleh Kemenhub pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun2019. 



Dalam Peraturan teknis Keputusan  Menteri Perhubungan ini yg dianggap awak kapal sesuai dengan Pasal 1 nomor 8 ialah orang yang bekerja atau dipekerjakan pada atas kapal oleh pemilik atau operator Perusahaan.

Awak kapal di wajibkan buat melakukan tugas di atas kapal Baik itu secara tertulis juga lisan wajib sinkron menggunakan jabatan yg tercantum atau tertera pada buku Pelaut, atau Seaman Book.


Manfaat Dan Fungsi Buku Pelaut


Manfaat dan Fungsi Buku pelaut selain menjadi dokumen resmi negara jua bermanfaat buat anatara lain :


1. Identitas pemilik buku pelaut

2. Catatan spesifik Pemilik kitab pelaut
3. Catatan kesehatan pemilik kitab pelaut
4. Daftar Ijasah pemilik buku pelaut
5. Pengalaman berlayar ( sea service )

Syarat Pembuatan Buku Pelaut


-  Mempunyai sertifikat BST ( Basic Safety Training ) sertifikat ini bersifat harus. Bst Merupakan Sertifikat Dasar bagi pelaut pemula. Untuk sebagai seseorang pelaut selain mental dan jiwa yang bertenaga jua perlu training serta pendidikan yang mumpuni. 


Cara Membuat Sertifikat BST cukup Mudah serta nir berbelit misalnya sebelum sebelumnya. Kita cukup Mendaftar pada Diklat atau sekolah pelayaran yg mengadakan pembinaan BST. Saat Ini program pemerintah menguindang para calon pelaut buat mengikuti Diklat Pelaut Gratis.


- Sertifikat lain sebagai pendukung seperti sertifikat keahlian ( ANT/ATT, ANKAPIN/ ATKAPIN ) Sertifikat ini merupakan jenis sertifikat keahlian seseorang pelaut. Harus di bedaan antara keahlian serta ketrampilan.


- Surat berita masa berlayar yg diketahui syahbandar atau KBRI setempat bagi pelaut yang pernah berlayar. Bagi yang Belum Tau tentang pembuatan masa layar mampu baca : Syarat Pembuatan Masa Layar


-  Surat fakta kesehatan menurut dokter rumah sakit yg direkomendasi. Karena Pelaut kondisi pertamanya merupakan sehat secara jasmani serta rohani. Kesehatan yg mampu di pertanggunga jawabkan maka pihak berdasarkan kemhub agar pada pembuatan di syaratkan surat dokter. Baca : Syarat Menjadi Pelaut


- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Surat Ini menjelaskan bahwa calon pelautt tidak memiliki masalah mengenai kejahatan dan pada kategorikan baik dengan adanya surat berita dari kepolisian


- Foto kopi AKTE KELAHIRAN / Surat Kenal Lahir / Kartu Tanda Penduduk (KTP) , Dokumen pribadi ini di harapkan agar sanggup ter integrasi atau sama menggunakan dokumen yang lainnya misalnya ijazah pendidikan, Jaminan Kesehatan, Pasport, Dan lain sebagainya



- Pas foto berukuran 5x5 serta 3x4 masing-masing sebesar 3 lembar, memakai baju putih polos lengan panjang berdasi hitam menggunakan latar belakang BIRU buat bagian NAUTIKA (dek) dan MERAH untuk bagian TEKNIKA (mesin)

Tambahan Bagi yg belum pernah mempunyai Buku Pelaut jua di wajibkan Untuk menciptakan Surat Keterangan Belum Pernah memiliki Buku Pelaut. Untuk Lebih Jelasnya tentang format serta pengisian Surat Keterangan tadi Baca : Surat informasi Belum Pernah Memiliki Buku Pelaut 


Pembuatan Buku Pelaut


Dalam membuat Buku Pelaut terdapat 2 cara yaitu


- Pembuatan Secara Manual


Pembuatan Buku Pelaut Secara Manual masih banyak pada gunakan oleh para pelaut pelaut kita, Dengan Cara Manual Tersebut kerugiannya sangat Banya Untuk Pelaut, Selain ketika yang nir effiseien menciptakan kitab pelaut manual jua rawan penipuan.


Penipuan Buku Pelaut biasa nya di lakukan sang para calo atau orang yg mengatasnamakan jasa pembuatan buku pelaut, Dimana Para Oknum dan Calon ini memenanfaatan waktu untuk memeras dan menipu para pelaut.


Terkadang Kerugian Para Pelaut selain uang yg di keluarkan buat bikin kitab pelaut membengkak, hasilnya pun diragukan. Tak jarang para pelaut kita menerima sebuah kitab pelaut Palsu. Baca Juga :



- Pembuatan Buku Pelaut Online

Kemajuan Teknologi mengakibatkan cara konvensional semakin di tinggalkan, Semua Sudah beralih menggunaan cara Terbaru yaitu memakai teknologi. Bahkan pada perkembangan Buku pelaut Pun Kita sudah di Modifikasi dengan Pembuatan nya melalui Internet atau Online.

Setelah Kita melakukan Pendaftaraan kitab pelaut Online maka kita aan mendapatan akun untuk membuka kitab pelaut online Kita. Lantas bagaimana bila kita lupa aan akun tersebut. Jangan kuatir bila akun kita lupa maka Baca :Akun Buku Pelaut Tidak Bisa pada Buka.


Sebagai Pelaut Mungkin kita akan lupa bahwa Buku Pelaut sebenarnya mempunyai Batas Maksimal atau Buku Pelaut mempunyai Masa Berlaku.


Setelah Masa berlaku Buku Pelaut habis maka pelaut di wajibkan Untuk memperpanjang Buku Pelaut. Dalam Perpanjangan Buku Pelaut , Persyaratan Perpanjangan Buku Pelaut yang pada butuhkan tidak selaras menggunakan Buku Pelaut Baru.


Pelaut Juga terkadang mempunyai perseteruan menggunakan hilangnya sebuah dokumen. Tak tanggal Pula bahwa dokumen buku pelaut kita sanggup saja kehilangan serta kita akan pulang buat mengurus Buku pelaut yang hilang tersebut.


Cara Mengurus Buku Pelaut Yang Hilang Terbilang sangat Praktis, Jadi pelaut nir perlu buat menciptakan Buku Pelaut Baru. Dimana Pengurusan tersebut lebih gampang serta gampang


Baca Juga = Cara mengurus Buku Pelaut  Hilang


Di karenakan biaya pembuatan buku pelaut baru lebih mahal dari pada porto pengurusan kitab pelaut yg hilang. Untuk Biaya dalam ketika ini Perhubungan bahari sebagai keliru satu regulator dalam menangani kitab pelaut sudah lebih transparan. Di lantaran di era kini Pungli dan Pemerasan pada pelaut mulai banyak perlawanan.


Untuk Biaya Pembuatan Buku pelaut baru Berkisar antara 300 - 350 Ribu Rupiah. Berbeda menggunakan lewat Calo atau makelar bIaya akan pembuatan buku Pelaut akan jauh lebih mahal.


Saat Ini buat pembayaran Biaya pembuatan Buku Pelaut mampu di lakukan secara online bank atau melaui transper bank jadi transaksi pembuatan kitab pelaut mampu pada katakan resmi.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel