Morse



Samuel Finley Breese Morse (lahir di Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat, 27 April 1791 – mangkat pada New York City, New York, Amerika Serikat, 2 April 1872 dalam umur 80 tahun) merupakan seseorang penemu berasal Amerika Serikat. Morse pula pelukis, namun beliau lebih populer atas inovasi telegraf listrik. Bersama dengan asistennya Alexander Bain beliau menciptakan alfabet spesifik buat dipakai di telegraf, yang diklaim kode Morse.



Ia menerima pandangan baru buat membuat telegrafi elektrik waktu melihat seorang penumpang di kapal yg ia tumpangi memperagakan elektromagnet. Morse memproduksi telegraf listrik pertama yg berguna dalam tahun 1835. Pada tahun 1843 beliau memperoleh 30.000 dolar Amerika dari Kongres buat jalur eksperimen berdasarkan Washington, D.C. Ke Baltimore dan pada lepas 24 Mei 1844 ia mengirimkan pesan pertama melalui telegrafi Amerika, berdasarkan Washington ke Baltimore, menggunakan kode Morse: "What hath God wrought", istilah-istilah dalam pesan itu adalah, "Apakah yg sudah Tuhan tulis?".

Morse hayati sampai usia lanjut. Ia sempat menyaksikan saluran telegraf dipasang di semua bagian dunia termasuk kabel-kabel bawah laut. Pada ulang tahunnya yang ke delapan puluh. Sebuah patung dirinya diresmikan pada Central Park, New York menjadi penghargaan atas jasa-jasanya. Setahun selesainya itu dia mati.


Berikut ini merupakan kode morse yg sudah disepakati beserta.
Trik cepat hapal morse

Petunjuk Penggunaan :
1. Gambar pada atas terbagi sebagai dua bagian, kanan, dan kiri.
2. Cara membacanya berdasarkan atas ke bawah.
3. Blok putih menunjukkan kode titik ( . ) dan blok hitam kode strip ( - ).
4. Contoh sebelah kiri: Jika isyarat pertanda satu kali putih sama menggunakan satu kali titik merupakan huruf E.
Contoh lain : ( dibaca berdasarkan atas, ya ) putih-putih-putih-putih artinya 4 titik ( …. )
berarti alfabet H. Contoh lagi : hitam-hitam-putih ialah dua strip 1 titik ( - - . ) berarti alfabet G
5. Ingat blok sebelah kiri selalu diawali dengan blok Titik ( Putih ) dan blok kanan selalu diawali menggunakan blok strip ( Hitam ).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel