MOTOR DIESEL 4 LANGKAH PADA KAPAL PERIKANAN

MOTOR DIESEL 4 LANGKAH PADA KAPAL PERIKANAN - Motor bakar empat langkah adalah mesin pembakaran dalam, yang pada satu kali daur pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, mesin pembakaran pada dalam mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. 

Empat langkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan), kompresi, energi dan langkah buang. Yang secara holistik memerlukan 2 putaran poros engkol (crankshaft) per satu daur pada mesin bensin atau mesin diesel.

MOTOR DIESEL 4 LANGKAH PADA KAPAL PERIKANAN


Menurut Nakoela (1985) motor diesel 4 langkah prinsip kerjanya adalah :

1. Langkah Pemasukan
Katub masuk terbuka dan torak berkiprah berdasarkan titik mangkat atas (TMA) menuju ke titik tewas bawah (TMB) maka campuran udara serta bahan bakar mengalir masuk ke pada silinder.
2. Langkah Kompresi
Katub masuk tertutup serta torak bergerak menekan campuran udara dan bahan bakar yg mengakibatkan tekanan. Sewaktu torak mendekati titik meninggal atas (TMA), mengkompresikan udara kedalam silinder, sebagai akibatnya mulai terjadi pembakaran.

3. Langkah Usaha
Udara serta bahan bakar yg terbakar berturut-turut mengakibatkan tekanan yg usang kelamaan sebagai maksimum. Tekanan maksimum ini menekan torak ke bawah dan tekanan maupun suhu berdasarkan gas pembakaran mulai berkurang. Gaya gerak yg ditimbulkan oleh gerakan torak ini diteruskan ke poros engkol mulalui tangkai torak dan engkol, menggunakan demikian poros engkol dipaksa buat berputar mengatasi tahanan geseran. 

4. Langkah Pembuangan
Katub buang terbuka dan gas residu pembakaran ditekan keluar sang torak yang bergerak ke atas serta menggunakan demikian selanjutnya dimulai lagi langkah pemasukan untuk daur berikutnya.


Langkah Kerja Motor 4 Tak

Sumber : Materi Pelatihan Perawatan dan Perbaikan Mesin Kapal Perikanan

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel