PANDUAN TEKNIK PENYAJIAN MODUL KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR KMD
Monday, May 20, 2019
Edit
I.Pendahuluan
Proses pembelajaran yg berpusat pada pendidik (teacher centered), pada mana pendidik menganggap dirinya sebagaigudangnya ilmu pengetahuan (store ofknowledge) sudah sebagai kamus kuno. Baden Powell telah mengalihkan prosespembelajaran yang berpusat pada siswa (ask the boys – students centered), dengan demikian pendidik tidakbertindak dominator tetapi sebagai fasilitator. Panduan ini dibentuk lantaran masih banyak penyelenggaraan kursus yangsetiap topik atau setiap utama bahasan dilakukan menggunakan ceramah, sehinggapeserta didik hanya berperan menjadi pendengar, sebagai akibatnya waktu kursus berakhirtidak memiliki keterampilan yg memadai buat membina gugusdepan.
Panduan teknispenyajian modul Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) disusun dalamrangka standarisasi pola penyajian modul KMD, menggunakan asa bisa menjadipanduan dasar bagi Pelatih Pembina Pramuka; adapun pengembangan selanjutnya diserahkan pada instruktur yang bersangkutan.
II.Tujuan danSasaran KMD
1.tujuanKursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah buat memberibekal pengetahuan dasar serta pengalaman mudah membina Pramuka melaluikepramukaan dalam Satuan Pramuka yakni Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang,Ambalan Penegak dan Racana Pandega.
2.sasaran
Peserta setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar,bisa :
a. Menjelaskanapa, mengapa, bagaimana, target serta tujuan Kepramukaan serta perkembangannya.
b. Menerapkankepramukaan secara efektif serta efisien pada membina Pramuka sesuai dengangolongannya.
c. Menjelaskanapa, mengapa, bagaimana target serta tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan, MetodeKepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Kepramukaan dan MottoKepramukaan dan menerapkannya dalammembina Pramuka sesuai dengan golongannya.
d. MendidikkanPrinsip Dasar Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka pada Pramuka sinkron dengangolongnnya sehingga perilaku serta perilakunya mencerminkan perwujudan pengamalanPrinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
e. Membina danmengembangkan mental, fisik,intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga beliau mampuberperan positif dalam masyarakat lingkungannya.
f. MenerapkanSistem Among serta menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan serta Kode Kehormatan Pramuka pada hidupbermasyarakat sebagai akibatnya dirinya menjadi panutan siswa serta masyarakat.
g. Menerapkankepemimpinan yang dijiwai serta bersumber dalam Prinsip Dasar Kepramukaandan Kode Kehormatan Pramuka.
h. Mengelola ProgramKegiatan Peserta Didik (Prodik) sinkron dengan golongannya.
i. Menerapkanketrampilan komunikasi serta ketrampilan bergaul secara efektif.
j. Menganalisisdan menghayati sifat dan tabiat peserta didiknya.
k. Mengelolasatuannya.
l. Membina danmengembangkan asal daya/potensi yang dimilikinya.
m. Memahami,Menghayati dan melaksanakan AD & ARTGerakan Pramuka.
III.Metode
Materi KMD tersaji dengan pendekatan andragogi,berfokus pada pembelajaran diri interaktif progresif menggunakan melibatkan peserta secara langsungdalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode, pada antaranya :
1.dinamika kelompok
2.diskusi kelompok
3.curah gagasan
4.metta Plan/CountryFair
5.studi kasus
6.kerjakelompok
7.demonstrasi
8.bermainperan
9.presentasi
10.Bola salju(snow balling)
11.Debat
12.Fish Bowl
13.Class students have
14.Simulasi
15.Base Mathod
16.Berbagai aktivitas praktek(kesiagaan, kepenggalangan, kepenegakan, kepandegaan, scouting skill, danpermainan).
17.Open Forum
18.rencana Tindak lanjut (RTL)/Action Plan
IV.RencanaPembelajaran
Dalam menyusun planning pembelajaran pendekatan yangdigunakan merupakan andragogi, strategi pembelajaran dilakukan dengan cara “Do-Look-Learn”,untuk itu diperlukan petunjukpelaksanaan pembelajaran yg sinkron menggunakan materi sajian yg terdapat berupapersiapan pembelajaran oleh pelatih (format terlampir) serta petunjukpembelajaran bagi peserta kursus (format terlampir).
Pada akhir rendezvous sesi, pelatih mengadakan sharring menggunakan tujuan mengadakan pembulatan/pencerahanberupa kesimpulan.
V.Strategipembelajaran
1.strategi pembelajaran dilaksanakandengan tata urut sebagai berikut:
a.pelatih membentuk suasana belajarsesuai dengan topik hidangan yg terdapat.
b.peserta tahu petunjukpembelajaran yg diberikan.
c.proses pembelajaran dilakukan sesuaidengan petunjuk pembelajaran.
d.peserta memperoleh temuan-temuan dariproses pembelajaran tersebut.
e.Sharring atas temuan-temuan yangada.
f.pembulatan/pencerahan/kesimpulan.
2.pembagianwaktu penyajian dalam setiap PokokBahasan:
a.pengantardan penjelasan materi untuk pemahaman konsep (ceramah) :20 %;
b.kegiatanpraktek/simulasi/demonstrasi/ kerja grup atau berdikari : 70 %;
c.pembulatan/pencerahan/kesimpulan : 10%;
d.satujam pelajaran = 45 menit
3.dalamKMD kepada peserta dikenalkan praktek kegiatan Kesiagaan, Kepenggalangan,Kepenegakan serta Kepandegaan.
4.kmd dilaksanakan di pada ruangan 1/tiga alokasi ketika dan2/tiga waktu diselenggarakan di alam terbuka pada bentuk perkemahan, atau 2,5hari di kelas – 4,5 hari di perkemahan.
VI.PendukungProses Belajar Mengajar menggunakan pendekatan Andragogi
1.sarana Prasarana:
a.ruang belajar yang bersih, sehat,terperinci dan sepadan dengan kapasitas.
b.alat bantu pembelajaran yg memadaikuantitas serta kualitas.
c.tersedianya alam terbuka untukkegiatan outdoor.
2.adanya bahan serahan.
3.suasana pendukung prosespembelajaran: terhindar menurut gangguang kegaduhan, polusi udara.
4.alunan musikyang bisa membengkaitkan semangat belajar.
VII.Rencana TindakLanjut
1.rencanaTindak Lanjut (RTL) disusun sang peserta dalam tahapan terakhir pelaksanaankursus menjadi motivator dalam diri mereka sendiri buat melakukan aktivitas tindak lanjut setelahmengikuti pelatihan.
2.rtljuga berfungsi sebagai pendorong peserta training buat mengikuti acara masapengembangan/narakarya 1 sang kwartir, yg akan menjadi persyaratan untukmengikuti pelatihan berikutnya (Kursus Pembina Pramuka Mahir TingkatLanjutan/KML).
VIII.Penutup
Dengan disusunnya panduanini diperlukan Pelatih dapat memiliki pola penyajian modul KMD, selanjutnyakepada para pelatih dapat mengembangkannya sinkron dengan kebutuhan.
KURIKULUM KMD
Kurikulum KMD disusun sebagai berikut :
a. BABAK PENGANTAR
Modul 1 PENGANTAR ............................................................................
1.1. Upacara Pembukaan Kursus ..........................................................
1.dua. Orientasi Kursus ...........................................................................
1.3. Dinamika gerombolan ..........................................................................
1.4. Pengembangan Sasaran Kursus ......................................................
4 Jampel
1 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
b. BABAK INTI
Modul dua : KEPRAMUKAAN, PRINSIP DASAR&METODE...........................
2.1. Penghayatan AD & ART Gerakan Pramuka....................................
2.2. Sejarah Kepramukaan...................................................................
2.3. Kepramukaan .............................................................................
2.4. Pendidikan dalam Kepramukaan .................................................
2.5. Prinsip Dasar Kepramukaan ........................................................
2.6. Metode Kepramukaan ................................................................
2.7. Kode Kehoramatan Pramuka ......................................................
2. 8. Motto & Kiasan Dasar Gerakan Pramuka ......................................
2.9. Kiasan Dasar dalam Kepramukaan ...............................................
12 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
2 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
Modul 3 : PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)
3.1. Kesiagaan ................................................................................... ...
3.2. Kepenggalangan ......................................................................... ...
3.3. Kepenegakan ............................................................................. ...
3.4. Kepandegaan ........................................................................... ...
3.5 Program Kegiatan Peserta Didik (PRODIK)................................... ...
3.6. Dewan Satuan Pramuka .................................................................
3.7. Forum S,G,T,D, .............................................................................
3.8. Memahami Peserta Didik serta Kebutuhannya.................................
3.9. Menciptakan Kegiatan yang Menarik, Menantang dan Mengandung Pendidikan ..............................................................
13 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
Modul 4 : CARA MEMBINA.....................................................................
4.1. Membina Pramuka menggunakan Sistem Among......................................
4 dua. Komunikasi serta Bergaul menggunakan Peserta didik ...............................
4.tiga. Mengelola Satuan Pramuka ............................................................
4.4. Peran, Tugas serta Tanggung jawab Pembina Pramuka ..................
4.lima. Jam Pimpinan ...................................................................................
8 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
4 jampel
Modul lima : ORGANISASI...........................................................................
5.1. Struktur Organisasi Gerakan Pramuka ...........................................
5.dua. Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka .........................................
5.3. Organisasi dan Administrasi Gugus Depan Pramuka .......................
5.4. Satuan Karya Pramuka ( SAKA)......................................................
4 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
Modul 6 : KEGIATAN SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN .................................
6.1. SKU/TKU, SKK/TKK, SPG/TPG .........................................................
6.dua. Upacara sebagai Alat Pendidikan .............. .....................................
6.3. Permainan sebagai indera pendidikan ...............................................
6.4 Pelantikan menjadi Alat Pendidikan .......... ....................................
6.lima Api Unggun sebagai Alat Pendidikan .............................................
5 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
Modul 7 : KEGIATAN DI ALAM TERBUKA (OUTDOOR ACTIVITY)...............
7.1. Teori dan pendirian tenda .......................... ....................................
7.dua. Keterampilan Kepramukaan Siaga ....................................................
7.3. Keterampilan Kepramukaan Penggalang .........................................
7.4. Keterampilan Kepramukaan Penegak & Pandega .............................
7.lima. Penjelajahan...................................................................................
34 jampel
2 jampel
8 jampel
8 jampel
8 Jampel
8 jampel
Modul 8 : KEWIRAUSAHAAN ..................................................................
8.1. Pengembangan Kewiraan ................................................................
8.dua. Pengembangan Kewirausahaan .....................................................
2 jampel
1 jampel
1 jampel
c. BABAK PELENGKAP
Modul 9 : PELENGKAP ........................................... .....................................
9.1. Lambang Gerakan Pramuka dan WOSM ...................... ....................
9.2. Pakaian Seragam, Tanda Pengenal, Tanda Jabatan serta Tanda Penghargaan Pramuka ..........................................................................
9.tiga. UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan .........................................................................
9.4. Muatan Lokal ............................................... ……………………………………
8 Jampel
1 Jampel
1 Jampel
1 Jampel
4 Jampel
d. BABAK PENUTUP
Modul 10 : PENUTUP .......................................................................
10.1. Forum Terbuka ............................................ .........................
10.dua. Rencana Tindak Lanjut (RTL) ........................ .........................
10.tiga. Evaluasi .................................................................................
10.4. Upacara Penutupan Kursus ......................... .........................
5 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
Jumlah ........................................................................
95 Jampel