Pelantikan Mabi Periode 20102019

Selain Kasal, pejabat yg dilantik menjadi Mabi merupakan Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Kelautan Pesisir serta Pulau-Pulau Kecil Kementrian Kelautan dan Perikanan (KP3KKKP), Dirjen Pendidikan Non Formal Kemendiknas, Deputy II Kemenpora, Asisten Operasi Kasal, Asisten Personil Kasal, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan serta Perikanan Kementrian Kelautan serta Perikanan (SDMKP-KKP), Dr.amoroso Katamsi, Sp. Kj. M.M, dan Kepala Dinas Potensi Maritim Mabes TNI AL Laksamana Pertama Tentara Nasional Indonesia Surya Wiranto, S.H. Beserta 71 pengurus dilantik menjadi Kapinsa Bahari.



Pelantikan Kasal sebagai Mabi Satuan Karya Pramuka Bahari buat mendukung aplikasi tugas karya, yg akan bertugas memberi bimbingan serta donasi moril, organisatoris, material dan finansial kepada Gugus Depan (Gudep) satuan Kwartir bersangkutan.
Pelantikan ini adalah momen krusial bagi upaya menghidupkan aktivitas Saka Bahari yang adalah salah satu wadah Nasional Gerakan Pramuka Saka Bahari menjadi komponen cadangan yang asal dari asal daya manusia dalam hakekatnya merupakan implementasi amanat UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 mengenai hak dan kewajiban semua masyarakat negara dalam upaya bela negara, menggunakan melakukan aktivitas-aktivitas nyata produktif serta bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air yaitu kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara kepulauan dengan segala keberagaman/kebhinekaannya khususnya pada generasi muda Indonesia.


TNI AL selaku salah satu Leading Sector pada bidang pelatihan rakyat maritim mencoba mengajak semua rakyat maritim buat bersama-sama membangun wadah kegiatan tadi melalui kedinasan mulai dari Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia AL (Lantamal) buat membangun Pimpinan Saka (Pinsaka) Bahari pada tingkat Propinsi, sampai menggunakan Pangkalan-pangkalan Tentara Nasional Indonesia AL (Lanal) serta Pos Angkatan Laut (Posal) untuk menciptakan Pinsaka Bahari di taraf Kabupaten beserta rakyat maritim yg ada pada daerah tadi, yang rencananya dalam bulan Juni 2010 Pramuka Saka Bahari akan menyelenggarakan kegiatan perkemahan pada Pulau terluar (Pulau Nipa).
Sesuai amanat Presiden pada program peresmian pengurus Kwartir Nasional dalam lepas 20 Nopember 2009 pada Istana Negara dengan semangat " we want to be a winner " bahwa kita wajib sebagai pemenang pada era globalisasi ini. Oleh karena itu tujuh sasaran pokok sesuai amanat Presiden yang wajib menjadi payung dalam penyelenggaraan aktivitas adalah sebagai berikut :
1. Memperkuat Gerakan Pramuka menjadi wadah pembentukan karakter bangsa.
2. Meraih keberhasilan melelui kerja keras secara cerdas dan ikhlas.
3. Mengajak kaum muda buat meningkatkan semangat bela negara.
4. Memantapkan tekad pemuda sebagai patriot pembangunan.
5. Mengutamakan kepentingan bangsa pada atas kepentingan pribadi.
6. Kokohkan NKRI.
7. Pengamalan Satya Dharma Pramuka.


(Sumber kabar diambil menurut Press Kit Mabes AL Dinas Penerangan
Nomor: 19/PK/III/2010)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel