PENANGKAPAN IKAN DENGAN MELUKAI IKAN

Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan - Jangkauan serta kapasitas insan buat meraih ikan yg hidup, baik yang telah dilumpuhkan atau dengan alternatif menurut kejauhan, dibatasi oleh panjang lengannya. 

Implementasi paling sederhana mencapai jangkauan yang lebih jauh menggunakan maksud memungut atau mengumpulkan output tangkapannya adalah dengan memakai tongkat (lance atau spear) menggunakan tujuan agar ikan atau fauna akuatik yang terletak jauh berdasarkan tangannya dapat dijangkau atau dikait.

PENANGKAPAN IKAN DENGAN MELUKAI IKAN

Metoda Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan  telah dikenal semenjak jaman pra sejarah, tetapi metoda ini masih permanen dipakai dalam perikanan konvensional (penangkapan ubur-ubur dengan menggunakan trisula) serta perikanan komersil terbaru kini (penangkapan ikan paus menggunakan menggunakan harpoon) (Brand, 1984).

1. JENIS SPEAR DAN LANCE

Alat penangkap ikan dengan bentuk yg sangat sederhana serta primitif ini sudah dikenal sejak 10.000 tahun yang kemudian. Alat ini lebih berkembang dalam sport fishing, tetapi pada beberapa Negara indera ini sudah tidak boleh digunakan.  

Pada alat tangkap Long line menggunakan indera ini hanya menjadi perlengkapan bantu, yaitu dipakai untuk menangkap ikan yang supaya tidak terlepas berdasarkan pancingnya. 


Alat Bantu Penangkapan Spear serta Lance

Alat tangkap Spears serta Lance nir mempunyai indera bantu khusus.

Daerah Operasi Spears serta Lance

Daerah operasi spear serta lance yakni pada perairan yang sangat dangkal seperti pelataran atoll



Cara Pengoperasian Spears serta Lance


Metoda Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan menggunakan indera ini tidaklah mudah, karena adanya refraksi cahaya berdasarkan dua media yg tidak selaras, selain membutuhkan teknik jua pengalaman. Cara pengoperasian indera ini yaitu dengan cara dihujam pribadi ke tubuh ikan.

Jenis Ikan Hasil Tangkapan




















2. JENIS FISH PLUMMETS

Di atas telah dijelaskan bahwa tombak hanya  mampu digunakan pada perairan yg sangat dangkal, maka buat menangkap ikan pada perairan yg lebih pada lagi menggunakan fish plummet.
Alat Bantu Penangkapan Fish Plummets
Alat bantu yang digunakan merupakan seutas tali.



Daerah Operasi Fish Plummets

Daerah pengoperasian biasa pada wilayah yang lebih dalam dari pelataran atoll.



Cara Pengoperasian Fish Plummets

Metoda yg digunakan sama dengan metoda menombak bedanya tangkai tombak diganti menggunakan seutas tali menggunakan panjang disesuaikan menggunakan kedalaman perairan.

3. JENIS FISH COMB


Alat ini dianggap termasuk bentuk berdasarkan jenis penggaruk (rake), berbentuk datar, bercabang sejajar mirip menggunakan sisir rambut.
Alat Bantu Penangkapan Fish Comb
Alat ini nir memiliki indera bantu



Daerah Operasi Fish Comb

Alat ini sering digunakan sang nelayan pada daerah perairan payau. Sangat efektif buat menangkap belut



Cara Pengoperasian Fish Comb

Jaman dahulu sebelum indera dilarang dipakai, alat ini dijatuhkan ke dasar bahari dari bahtera layar lalu ditarik sepanjang dasar perairan menggunakan memakai tenaga layar.



Jenis Ikan Hasil Tangkapan












4. JENIS PANAH DAN SEJENISNYA

Tombak dalam bentuknya yang kecil disebut panah yang dapat ditembakkan melalui sebuah busur panah. Busur serta tali busur berfungsi sebagai alat pemindah serta melipatgandakan tenaga tangan serta bahu manusia. 

Dengan memakai Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan penggunaan busur panah bisa melesat jauh dengan kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan bila panah dilemparkan langsung menggunakan tangan. Panah buat menangkap ikan digunakan hampir di seluruh global termasuk Indonesia.

Alat Bantu Penangkapan Panah serta Sejenisnya

Pada bentuknya yg terkini panah diberi tali, sehingga entah mengenai atau tidak target panah masih mampu ditarik pulang.



Daerah Operasi Panah serta Sejenisnya


Umumnya ikan yang tertangkap adalah ikan-ikan yang berenang lambat di permukaan. Karena itu daerah penangkapan ikan dengan memanfaatkan panah biasanya dilakukan di daerah yang tenang serta jernih.



Cara Pengoperasian Panah serta Sejenisnya

Memanah ikan dari jarak jauh sangatlah sulit, sering banyak melesetnya. Hal ini disebabkan adanya penetrasi cahaya, refraksi, pengaruh angin, serta gerakan itu sendiri, sehingga memanah memerlukan keterampilan khusus serta pengalaman. Untuk mengatasi hal ini banyak dibuat panah dengan mata jamak (2-3 mata).



Jenis Ikan Hasil Tangkapan



















5. HARPOON

Harpoon telah lama menggantikan tombak serta panah, tidak saja pada perikanan skala kecil tapi yang berskala besarpun banyak yang menggunakan harpoon, terutama pada sport fishing serta penangkapan ikan paus. 

Mata harpoon umumnya bisa dipisahkan menurut tangkainya dengan jumlah mata 1 – 3 buah, akan tetapi tetap dihubungkan menggunakan tali. Setelah harpoon mengenai sasaran mata harpoon tertinggal pada tubuh sasaran sedangkan tangkainya akan terlepas. 


pada pengembangan selanjutnya harpoon dihubungkan dengan tali ke pelemparnya atau ke kapal. Harpoon modern yang ditembakkan dengan menggunakan senapan atau meriam, mata serta tangkainya menyatu (tidak dipisah) (Brand, 1984).

Dalam perikanan komersil sudah tidak digunakan lagi (kelestarian, terutama ikan paus) kecuali untuk penangkapan ikan - ikan tertentu yang memiliki nilai individual yang tinggi seperti ikan paus serta ikan layaran. 

Penangkapan ikan paus secara internasional telah tidak boleh dengan alasan untuk menghindari kepunahan, kecuali Negara Jepang dengan aneka macam alasan hingga kini masih melakukan penangkapan ikan paus. 


Hanya penangkapan ikan layaran serta hiu masih banyak dilakukan hampir di seluruh dunia dimulai dari Mediterranean, seluruh pantai Atlantic, sepanjang pantai California, Peru, Chili, Jepang, Taiwan, China, India hingga Afrika.


Alat Bantu Penangkapan Harpoon
Harpoon biasa menggunakan tali yg dikaitkan dalam mata harpoon agar target bisa menggunakan gampang ditarik ke atas kapal.



Daerah Operasi Harpoon

Harpoon dapat digunakan pada perairan dangkal maupun perairan pada.



Cara Pengoperasian Harpoon

Harpoon berbeda menggunakan tombak entah dilengkapi dengan tali atau nir, namun keduanya bisa dilemparkan dengan tangan atau memakai busur.



Jenis Ikan Hasil Tangkapan













6. JENIS SUMPIT DAN BLOW GUN


Umumnya sumpit digunakan untuk berburu burung di hutan belantara. Hanya Thailand, India Selatan serta Filipina yang sering menggunakan alat ini untuk menangkap ikan. Sumpit terbuat dari batang bamboo atau pipa besi. Panjang sumpit sekitar 1,8 meter.

Alat Bantu Penangkapan
Pada jaman dahulu buat berburu fauna akbar mata sumpit diberi racun.



Daerah Operasi

Alat tangkap ini biasa digunakan oleh nelayan pada pesisir dekat hilir sungai.



Cara Pengoperasian

Mata sumpit dipasang di ujung pipa. Mata sumpit ditembakkan menggunakan satu hembusan kuat.



Jenis Ikan Hasil Tangkapan


























Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel