PENDEKATAN PENILAIAN


Secara generik ada dua metoda/acuan yangdigunakan buat melihat output belajar anak didik yaitu evaluasi acuan kebiasaan danpenilaian acuan patokan.apabila kita melakukan pengukuran atau evaluasi berartikita membandingkan. Dalam evaluasi pendidikan terdapat 2 pendekatan yg digunakansebagai pembanding, yaitu evaluasi acuan kebiasaan atau PAN (norm referencedevaluation) dan evaluasi acuan patokanatau PAP (criterion refrencedevaluation).

A.PenilaianAcuan Patokan

Penilaian acuan patokan (CriterionReferenced Evaluation) yg dikenal jua menggunakan sebutan standar mutlak,berusaha menafsirkan output tes yg diperoleh anak didik menggunakan membadingkannyadengan patokan yg telah ditetapkan, sebelum output tes itu sendiri diperoleh,serta bahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yg akandipergunakan buat memilih batas kelulusan itu telah ditetapkan. Kurikulum2013 menggunakan pendekatan evaluasi acuhan patokan yg lalu dikembangkandengan kata evaluasi acuan kriteria (PAK). PAK adalah penilaianpencapaian kompetensi yang berdasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).kkm adalah kriteria ketuntasan belajar minimal yg dipengaruhi oleh satuanpendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akandicapai, daya dukung, dan ciri peserta didik.

B.PenilaianAcuan Norma

Penilaian acuah norma/relatif disebutpula norma aktuil atau norma realitas. Norma nisbi adalah suatu kebiasaan yangdisusun secara relatif menurut distribusi skor yg dicapai oleh parapengikut pada suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai olehseseorang yang didasarkan atas kebiasaan nisbi ini (PAN) mencerminkan statusindividu di dalam kelompok.



Sumber Pustaka

Ariani, Farida dkk. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia.jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga KependidikanBahasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.



POSTINGAN TERKAIT

Tips Lulus UTN 2017 Baca DI SINI


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel