PENDINGINAN IKAN DENGAN UDARA DINGIN

Pendinginan Ikan Dengan Udara Dingin Sudah Banyak pada gunakan dalam kapal Perikanan. Dan kebanyakan Para nelayan menyebutnyua menggunakan kata pendingan Freezer. Dan Kebanyak pada perjalanan nya penggunakan Pendinginan Ikan menggunakan Udara Dingin pada mulai dari alat tangkap Trawl Udang.


Dalam perkembangannya penggunaan pendinginan okan dengan udara dingin mulai berkembang pada daerah pantai utara jawa dimana perkembangan nya terjadi pada kapal menggunakan alat tangkap Purse seine, Cantrang dan Pancing Cumi. Pola yang pada sebelumnya Menggunakan Pendinginan Ikan menggunakan es sedikit demi sedikit telah banyak pada tinggalkan.



Prinsip yang dianut sama misalnya pada pendingin dengan menggunakan es. Udara dingin dibuat menggunakan mesin pendingin dan disemprotkan ke dalam ruangan dimana ikan disimpan.
Udara dingin nir cepat mendinginkan ikan bahkan cenderung Mengganggu ikan yakni ikan mengalami kekeringan (dehidrasi) yg berakibat ikan menjadi kemarau / berkerut, warnanya kusam dan terjadi penyusutan berat. Untuk itu pendinginan menggunakan udara dingin ini dibutuhkan es untuk mendinginkan ikan menggunakan cara dicampur atau bagian atas ikan ditutup menggunakan es.

Sumber : Modul Teknologi Hasil Perikanan

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel