PENGUKUKUHAN SYAHBANDAR PERIKANAN

Pengukuhan Syahbandar Perikanan - dijakarta sudah berlangsung program pengukuhan kesyahbandaran perikanan oleh menteri perhubungan serta di dampingi sang menteri kelautan dan perikanan di kantor kementrian Perhubungan. 

Ada 36 pegawai KKP yang dikukuhkan buat menjabat menjadi syahbandar perikanan di pelabuhan perikanan. Acara pengukuhan ini dihadiri sang pejabat ekselon 1 serta dua di kementrian perhubungan serta kementrian kelautan dan perikanan. Kegiatan ini sebagai ajang kerjasama antara 2 kementrian mengingat bahwa penentuan serta pengangkatan personel syahbandar masih pada kewenangan kementrian perhubungan.



Kerjasama kedua kementrian ini memang sangat diperlukan pada rangka peningkatan pelayanan pelabuhan dan menaruh pelayan prima pada warga . 

Hal ini sinkron dengan amanat UU no 45 tahun 1999 serta atas perubahan UU 31 tahun 1998 tentang perikanan dan UU no 17 tahun 1998 mengenai pelayaran, 


Dimana yang mengungkapkan bahwa setiap kapal perikanan yang akan berlayar yang akan melakukan penangkapan ikan serta/atau pengangkutan ikan menurut pelabuhan harus memiliki surat persetujuan berlayar yg dimuntahkan sang syahbandar yg ada pada pelabuhan perikanan.

Pengukuhan Syahbandar Perikanan

Indonesia memiliki 816 pelabuhan perikanan yg beredar berdasarkan sabang sampai merauke Tetapi hingga saat ini baru 139 Orang yg telah syah diangkat menjadi syahbandar perikanan. Yang terdiri berdasarkan 62 orang menurut pegawai kementrian kelautan serta perikana nsedangkan sisanya berdasarkan petugas menurut wilayah baik itu provinsi, kabupaten juga kota yang memiliki dan mengelola pelabuhan perikanan. 

Syahbandar perikanan selain menciptakan surat persetujuan pula menciptakan surat laik laut, laik tangkap dan laik simpan. Seperti yg tertuang dalam permen No 03/ PERMEN-KP/2019 tentang kesyahbandaran pelabuhan perikanan.


Menteri susi juga mengatakan bahwa "Syahbandar di pelabuhan perikanan adalah pengawal yang bertugas menjaga keselamatan dan keamanan berlayar dan mendukung visi pemerintah yg menjadikan bahari sebagai masa depan bangsa dengan memberantas IUU Fishing mulai berdasarkan darat sebelum kapal berlayar" Kegiatan pengukuhan pejabat kesyahbandaran ini sudah ketiga kalinya dilakukan sebelumnya pernah dilaksanakan dalam tahun 2012 serta2019.

Untuk BBPI sendiri, peranan tugas serta jamur syahbandar perikanan pada hal memeriksa teknis dan nautis kapal perikanan,indera penangkapan ikan dan alat bantu perikanan akan siap selalu buat berhubungan serta saling menyebarkan fakta.

Pengukuhan Syahbandar Perikanan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel