PENGUMPULAN DATA PEMASARAN PRODUK PERIKANAN DALAM NEGERI

BIMTEK pengumpulan data pemasaran pada negeri - Informasi pasarmerupakan satu kondisi krusial pada pengembangan pemasaran sinkron dengandinamika perubahan pasar yang sangat cepat. 

Baca Juga ;


Potensi Ikan Kurisi Sebagai Produk Perikanan


Daerah Penangkapan Ikan Demersal


- Daerah Penangkapan Ikan Pelagis


Karenanya kebutuhan serta tuntutaninformasi pasar peikanan juga semakin meningkat dari tahun ke tahun, yaituinformasi pasar yang berkualitas, cepat, sempurna, seksama serta dapatdipertanggungjawabkan. Ini menuntut kerja keras pemerintah pusat serta daerah didalam membentuk sistem warta pasar melalui Pelayanan Informasi Pasar yangmemadai.

BIMTEK pengumpulan data pemasaran


Olehnya itu Direktorat Akses Pasar serta Promosi Kementerian Kelautan danPerikanan mengadakan Bimbingan Teknis Pengumpulan Data pada tanggal 20 – 21Juni2019 pada Surabaya. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai landasan dalamrangka aktivitas penguatan pendataan Hasil perikanan. ( sumber Suryanti tendrilipu,Spi, MM ).

BIMTEK pengumpulan data pemasaran pada negeri

Arah kebijakanpembangunan perikanan mengacu pada pendekatan market based theory ataupasar yg menjadi acuan kebijakan (market driven), sehinggaketersediaan produk yang dapat diterima serta diminati sang konsumen menjadi corecompetency pada strategic routing yang akan dilaksanakan.  

Untuk itu, valuable creative activities perlu dirumuskan supaya sumberdayayang kita miliki (tangible, intangible, human resources) dapatmenghasilkan produk yang dapat berkompetisi baik di pada maupun luarnegeri.


Sehubungan dengan hal tersebut, produk yg akan dipasarkan harusmerupakan produk perikanan prima, yaitu produk yang mempunyai sifat highquality; safe, traceable, high value content serta competitive.


Baca Juga


Susi Ajak Pengusaha Investasi Di Bidang Perikanan


Cara Menjual Ikan Segar


Modal Usaha Kapal Ikan


Usaha Kapal Penangkap Ikan



Jenis Rumput Laut Yang Laku Di Pasaran

Pemasaran produkperikanan bisa sebagai penghela bagi pengembangan sub sistem produksi baikdari hulu hingga hilir. 

Peningkatan pemasaran akan bisa mendorong terjadinyapeningkatan produksi di sisi hulu maupun peningkatan produksi pengolahan disisi hilir yg dalam akhirnya mampu menyerap energi kerja sektor perikanan yangcukup besar . 


Sebagai penyedia lapangan kerja, perikanan telah berkontribusiterhadap penciptaan serta pengembangan industri rumah tangga, usaha mikro kecilmenengah serta industri besar berskala ekspor. 


Peningkatan pertumbuhan ekonomiditunjukkan menurut kontribusi peningkatan kesejahteraan rakyat pengolah danpemasar hasil perikanan.


Serapan pasar hasil perikanan dalamnegeri mengalami peningkatan menurut tahun ke tahun.  Tahun2019 tercatatserapan pasar hasil perikanan mencapai 8.739 ribu ton atau semakin tinggi 5,06%dibanding tahun sebelumnya.  

Peningkatan serapan pasar ini didukung jugadengan semakin berkembangnya diversifikasi produk olahan berbahan baku ikanyang mampu menjangkau kelas konsumen menengah – atas. Hal ini diperkuat denganmeningkatnya industri pengolahan yang menggarap pasar pada negeri dengan trenpermintaan yang meningkat

BIMTEK pengumpulan data pemasaran pada negeri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel