PENILAIAN SIKAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN


PENILAIAN SIKAP, PENGETAHUAN, DANKETERAMPILAN




A.PenilaianSikap

1.Gradasi/TaksonomiSikap (Attitude: Krathwohl)

Menerima-> menanggapi->menghargai->menghayati->mengamalkan

Penilaiansikap dilakukan buat mengetahui kecendrungan konduite spiritual dan sosial siswadi dalam serta luar kelas sebagai hasil pendidikan.

2.Teknikdan Instrumen Penilaian Sikap

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Keterangan
Observasi
Daftar cek
Skala evaluasi perilaku
Dilakukan selama proses pembelajaran.
Penilaian diri
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada akhir semester.
Penilaian antarpeserta didik
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan dalam akhir semester, setiap pesesrta didik dinalai sang tiga murid.
Jurnal
Catatan pendidik berisi berita mengenai kekuatan dan kelemahan peserta didik
Berupa catatan guru mengenai kelemahan dan kekuatan peserta didik yg nir berkaitan menggunakan mata pelajaran.


3.HasilPengolahan Nilai Sikap

Hasilpenilaian pencapaian perilaku dalam bentukdeskripsi.

Deskripsisikap terdiri atas keberhasilan dan/atau ketercapaian perilaku yg diinginkan dansikap yg belum tercapai yg memerlukan pelatihan dan pembimbingan.

Deskripsidalam bentuk kalimat positif,memotivasidan bahan refleksi

ContohDeskripsiSikap

SikapSpiritual

Selalubersyukur serta berdoa sebelum melakukan aktivitas serta toleransi yg baik padaagama yg tidak selaras; ketaatan beribadah mulai berkembang.



SikapSosial

Memilikisikap santun, disiplin, dan tanggung jawab yg baik, responsif dalampergaulan; sikap kepedulian mulai semakin tinggi.



B.PenilaianPengetahuan

1.ProsesKognitif

a.C1; mengingat (remember), mengingatkembali pengetahuan menurut memorinya.

b.C2; tahu (understand),mengkonstruksi makna menurut pesan baik secara mulut, tulisan, serta grafis.

c.C3; menerapkan (apply), penggunaanprosedur dalam situasi yang diberikan atau situasi baru.

d.C4; menganalisis (analysis), penguraianmateri ke pada bagian-bagian dan bagaimana bagian-bagian itu salingberhubungan satu sama lain pada keseluruhan struktur.

e.C5; mengevaluasi (evaluate) membuatkeputusan dari kriteria serta standar.

f.C6; mengkreasi (create) menempatkanelemen-elemen secara bersamaan ke pada bentuk modifikasi atau mengorganisasielemen-elemen ke dalam pola baru (struktur baru).

2.DimensiPengetahuan

a.Pengetahuan faktual; pengetahuanterminologi atau pengetahuan detail yang spesifik dan elemen.

b.Pengetahuan konseptual; pengetahuan yanglebih kompleks berbentuk pembagian terstruktur mengenai, kategori, prinsip serta generalisasi.

c.Pengetahuan prosedural; pengetahuantentang bagaimana melakukan sesuatu.

d.Pengetahuan metakognitif; pengetahuantentang kognisi, merupakan tindakan atas dasar suatu pemahaman, meliputikesadaran berpikir serta penetapan keputusan mengenai sesuatu.

3.Prosesdan Hasil Penilaian Pengetahuan

a.Nilai pengetahuan diperoleh dari hasilpenilaian harian selama satu semester, penilaian tengah semester dan penilaianakhir semester

b.Nilai akhir pencapaian pengetahuanrerata menurut hasil pencapaian kompetensi setiap KD selama satu semester.

c.Nilai dalam rapor ditulis pada bentukangka skala 0 – 100 dan dilengkapi dengan deskripsi singkat kompetensi yangmenonjol/tertinggi serta terendah berdasarkan pencapaian KD selama satu semester

d.Deskripsi nilai berdasarkan dalam nilaitertinggi serta terendah dalam capaian KD per semester

4.Teknik Penilaian Pengetahuan

Teknik Penilaian
Keterangan
Tes tulis
Memilih jawaban (pilihan ganda, 2 pilihan sahih-galat, ya-nir), menjodohkan, karena-dampak.
Mensuplai jawaban (isian atau melengkapi, jawaban singkat atau pendek, uraian).
Tes Lisan
Soal / pertanyaan yang menuntut murid menjawab secara ekspresi (formatif tes)
Penugasan
Tugas yg dilakukan secara individu atau grup.



C.PenilaianKeterampilan

1.DimensiKeterampilan

Keterampilan abstrak: K-1Mengamati, K-2 Menanya, K-tiga Mencoba, K-4 Menalar, K-lima Menyaji, K-6 Mencipta

Keterampilan Konkrit:

a.Persepsi(perception): perhatian buat melakukan suatu gerakan.

b.Kesiapan(set): kesiapan mental serta fisik buat melakukan suatu gerakan.

c.Meniru(guided response): gerakan secara terbimbing.

d.Membiasakangerakan (mechanism): gerakan mekanistik

e.Mahir(complex or overt response): gerakan kompleks serta termodifikasi.

f.Menjadigerakan alami (adaptation): gerakan alami yg diciptakan sendiri atas dasargerakan yang telah dikuasai.

g.Menjaditindakan orisinal (origination): gerakan baru yang asli, sukar ditiru oranglain, serta menjadi ciri khasnya.

2.Prosesdan Hasil Penilaian Keterampilan

a.Hasilpenilaianpada setiap KD keterampilanadalah nilai optimal dengan teknik dan objek KD yang sama.

b.PenilaianKD keterampilan yang dilakukan dengan dua teknik evaluasi sepertiproyek dan produk atau praktik dan produk,maka nilai KD bisa dirata-rata.

c.Nilaiakhir keterampilan pada setiap mata pelajaran adalah rerata menurut semua nilai KDketerampilan dalam satu semester.

d.Penulisancapaian keterampilan dalam rapor memakai nomor pada skala 0 – 100, predikatdan deskripsi singkat capaian kompetensi

3.Teknikdan Bentuk Penilaian Keterampilan

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Unjuk kerja/ kinerja / praktik
·Daftar cek, dengan memakai daftar cek, peserta didik mendapat nilai apabila kriteria penguasaan kompetensi tertentu bisa diamati sang penilai.
·Skala Penilaian (Rating Scale). Penilaian kinerja yg menggunakan skala evaluasi memungkinkan penilai memberi nilai tengah terhadap dominasi kompetensi eksklusif, lantaran hadiah nilai secara kontinum dimana pilihan kategori nilai lebih dari dua.
Projek
·Penilaian projek dilakukan mulai menurut perencanaan, pelaksanaan, sampai pelaporan.
·Untuk menilai setiap termin perlu disiapkan kriteria evaluasi atau rubrik.
Produk
·Daftar cek atau skala evaluasi (rubrik)
Portofolio
·Daftar cek atau skala evaluasi (rubrik)


BACA JUGA 

RAMBU-RAMBU/PEDOMANPENYUSUNAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP, NILAI PENGETAHUAN, DAN NILAIKETERAMPILANPADA KURIKULUM 2013 EDISIREVISI

A. Rambu-Rambu PencapaianSikap
1. Deskripsi sikap terdiri atas sikapyang sangat baik serta/atau sikap kurang baik yg memerlukan pembinaan danpembimbingan.
2. Deskripsi perilaku menggunakankalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan istilah/frasa yg bernadapositif. Hindari frasa yg bermakna kontras, misalnya: ... Tetapi masih perlupeningkatan pada ... Atau ... Tetapi masih perlu bimbingan pada hal ...
B. Pedoman Deskripsipengetahuan
Pedoman: Deskripsi pengetahuan berisikompetensi yang sangat baik dikuasai sang peserta didik dan/atau kompetensiyang masih perlu ditingkatkan.
A. Pedoman DeskripsiNilai Keterampilan
Deskripsi nilai keterampilanberdasarkan nilai KD yg menonjol dari pencapaian KD dalam KI-4 selamasatu semester.


SoalPenilaian Sikap, Pengetahuan, serta Keterampilan Baca DI SINI

PaketLengkap Soal dan Pembahasan Kompetensi Pedagogik Baca DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel