PERESMIAN KANTOR BARU WORLD SCOUT BUREAU KUALA LUMPUR

Pembukaan kantor baru World Scout Bureau (WSB), yg merupakan sentra pengelolaan aktivitas Organisasi Gerakan Pramuka se Dunia atau World Organization of Scout Movement (WOSM), pada Kuala Lumpur dilaksanakan pada 18 Juni2019, sang Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Mohd. Najib bin Tun Abd. Razak.

Pada peresmian ini Gerakan Pramuka dihadiri sang Kak Kodrat Pramudho, Waka Kwarnas Bidang Organisasi serta Hukum mewakili Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Indo Reyano Samili, Andalan Nasional Gerakan Pramuka Hubungan Luar Negeri bersama 2 orang anggota APR Sub-Committee berdasarkan Gerakan Pramuka, yaitu Kak Brata Tryana Harjosubro (Vice Chairman, Asia-Pacific Regional Scouting Profile Sub-Committee) serta dan Kak Susi Yuliati Madjid (Member , Asia-Pacific Regional Finance Sub-Committee).
Kantor WOSM yang sebelumnya tempat kerja berlokasi di Geneva, Swiss. Relokasi tempat kerja WSB dari Geneva ke Kuala Lumpur ini menandai sejarah baru perkembangan Gerakan Pramuka (Scout Movement) se Dunia, yg sebelumnya sempat menuai kritikan karena biaya operasi kantor yg tinggi di Swiss, serta lokasinya sangat jauh berdasarkan negara-negara anggota atau NSO (National Scout Organisation) yang mempunyai jumlah anggota terbanyak pada dunia, misalnya Indonesia, India, Pakistan, Bangladesh, Filipina serta Thailand. Kantor WOSM memiliki kapasitas buat loka 30 anggota staf berdasarkan beberapa negara, yg akan mendukung 162 Organisasi se-Dunia yang adalah anggota WOSM.
Dari kurang lebih 40 juta anggota WOSM, hampir 80 % asal berdasarkan regional Asia-Pasifik. Gerakan Pramuka Indonesia merupakan yang terbanyak anggotanya, hampir 20 juta. Dengan relokasi kantor WSB menurut Eropa ke Asia ini diperlukan kebijakan Gerakan Pramuka (Scout Movement) se- Dunia akan lebih berdasarkan dalam pemahaman terhadap syarat serta kebutuhan konkret dari NSO-NSO yang memiliki poly anggota dan otomatis membayar iuran anggota lebih besar , karena iuran WOSM dihitung menurut jumlah anggota.
Dengan adanya tempat kerja baru pada Kuala Lumpur, jaringan komunikasi dunia tempat kerja WSB semakin diperluas buat 8 lokasi pada semua dunia yaitu - Brussels, Kairo, Jenewa, Kiev, Kuala Lumpur, Manila, Nairobi serta Panama City , sehingga interaksi WSB sebagai lebih dekat menggunakan negara-negara anggota atau NSO.
Dalam Sambutannya Sekjen WOSM, Scott Teare mangatakan "Gerakan Pramuka adalah gerakan berbasis relawan dan relawan merupakan sumber berdasarkan organisasi, kita perlu lebih poly orang buat meningkatkannya, terutama relawan anggota dewasa buat memastikan bahwa organisasi kepramukaan ini tumbuh terus ,berdasarkan 40 juta anggota hari ini diharapkan bertambah menjadi lebih dari 100 juta anggota dalam ketika 10 tahun ke depan, "istilah Teare.
(Text : Ynt, Sember : Release WOSM
Info dan Foto kiriman : Kak Brata TH)


Sumber:
//www.facebook.com/kwarnas?Ref=stream

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel