Peserta Jamnas Belajar Berkendaraan yang Aman

Tanggal (4/7) peserta Jambore Nasional (Jamnas) IX tahun 2011 mengikuti beragam kegiatan yg dilaksanakan pada Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan. Diantaranya Kegiatan Teknologi Otomotif.

Pada kegiatan ini, peserta menerima warta seputar pendidikan keselamatan pengendara (safety riding) dan juga perlengkapan pengendara (paling aman gear), hingga Kegiatannya nir hanya mengenalkan fisik sebuah tunggangan bermotor/otomotif tapi juga cara berkendaran dengan kondusif.

Peserta yang mengikuti aktivitas ini juga tampak bersemangat, lantaran materi yg disampaikan nir menjenuhkan. Peserta diajak mengenal marka jalan dan peraturan lalu lintas termasuk informasi umum seperti cara kerja rem serta mesin kendaraan bermotor, melalui indera peraga.

“Di Jamnas ini peserta diberikan fakta tentang safety riding serta paling aman gear. Pendidikan keselamatan berkendaraan itu mengacu dalam Undang Undang Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas serta Angkutan Jalan ,” Ketua Bidang Kegiatan Otomotif yg sehari-hari berdinas pada Satlantas, Polresta Palembang, Bripka M Muhtasor menyebutkan.

Lebih lanjut Kak Muhtasor menampakan, “Setelah pergi ke wilayahnya, Pramuka Penggalang semakin faham cara berkendaraan dengan kondusif, menggunakan lebih dulu mengenal system kerja mesin kendaraan bermotor hingga tahu rambu-rambu lalu lintas danmarka jalan,” pertanda Kakak yang sebelum bergabung pada Polisi Republik Indonesia, sempat aktif Pramuka sampai taraf  Penggalang.

Kegiatan yang berlangsung semenjak pukul 09.00-15.00 WIB, dimeriahkan dengan acara bagi-bagi bantuan gratis berupa helm dan perlengkapan tunggangan bermotor lain, menciptakan peserta Jamnas semakin betah berjam-jam berada pada anjungan aktivitas ini, sambil sekali waktu menikmati selingan penampilan band dari panggung kecil pada depan anjungan yang membawakan lagu-lagu hits remaja.

Kontan saja, anjungan kegiatan Teknologi Otomotif pada area aktivitas Jamnas 2011 di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Sumatera Selatan ini, mempunyai kesan tersendiri bagi Pramuka Penggalang yang hadir berdasarkan seluruh Indonesia.

Sumber:  Humas Kwarnas & //www.pramuka.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel