Petani dan Pencuri
Peralatan : Karet gelang atau tali, kantong kacang, atau potongan kain, atau agar kelihatan sungguhan, sebuah apel.
Jumlah pemain : bebas
Waktu : 8-10 mnt
Tujuan : – Melatih kecepatan
- Unsur hiburan
Anak-anak membangun lingkaran dan seorang anak, yg jadi pencuri disuruh keluar ruangan. Selagi beliau diluar, seseorang anak ditunjuk sebagai petani. Sebuah benda ditaruh pada tengah lingkaran. Pencuri tersebut tiba dan berjalan diluar lingkaran. Ia boleh memasuki bundar menurut mana saja serta mencuri benda itu. Petani harus menangkapnya dalam waktu pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri itu harus lari keluar berdasarkan bulat lewat jalan masuk tadi serta beliau selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap. Jika dia tidak tertangkap, maka petani itu wajib jadi pencuri serta dipilh petani baru.
AM.patty