Pionering Sesuatu yang Wajib di Pramuka


Malang – Pionering adalah proses aktivitas menciptakan bangunan yang terbuat menurut tali temali serta tongkat untuk digunakan sesuai menggunakan objeknya. Pionering ini melekat atau identik menggunakan aktivitas pramuka.

Biasanya pionering ini dijadikan ajang perlombaan di setiap kegiatan pramuka. Peserta diminta buat menciptakan sebuah bangunan buat dipakai dalam kegia‎tan sehari-hari atau bangunan darurat.

Misalnya, pembuatan menara, gapura, gardu, jembatan, perlengkapan perkemahan, tandu dan lain-lain. Bahan dasarnya bisa terbuat menurut kayu, besi, rotan atau bambu.

Kak Arief Bekti selaku Anggota Brigadir Penolong menurut Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur berkata, lantaran begitu pentingnya tali temali, makan pionering menjadi sesuatu yg harus sanggup dilakukan oleh setiap anggota pramuka.

“Pramuka wajib bisa tidak hanya tahu, bisa mengunakan tali mengerti definisi tali temali, yaitu sangat mengingat dengan kuat, dengan cepat, dan mudah dilepas,” kata Arief kepada Humas Kwarnas, di Bumi Perkemahan SelorejoMalang, Sabtu (14/5/2016)

Pionering atau proses tali menali,secara lebih luas mampu dikembangkan buat dunia pertolongan korban bencana atau kegiatan outdor. Contoh kata Kak Arief, penyelamatan ditebing atau digedung, atau penyelamatan di air.

“Bisa untuk flayer rescue water rescue, jungle rescue seluruh tidak tanggal berdasarkan ilmu tali temali,” tuturnya.

Adapun dalam global perlombaan, pionering mampu dinilai dari kerapian tali, kebenaran tali, ‎kekuatan tali, serta kecepatan. “Kalau mereka, menggunakan simpul jangkar, serta simpul tongkat atau simpul menyambung tongkat itu wajib mampu kita implementasikan di perlombaan ini,” jelasnya.

Kedatangan Kak Arief diMalang, tidak lain untuk menjadi juri dari perlombaan pionering dalam kegiatan Perkemahan Nasional Kesehatan ke III 11-15 Mei2019 di SelorejoMalang. Jumlah pesertanya mencapai 662 dari Polteknik Kesehatan seluruh Indonesia. 

(HA/Humas Kwarnas).

pramuka.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel