PNBP Minim Susi Bisa Selamatkan 100 Triliun Lebih

PNBP Minim, Susi Bisa Selamatkan 100 Triliun Lebih - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tetap berbangga diri kendati realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) pada kementerian atau forum yang dikomandoinya masih minim.

Realisasi PNBP sektor kelautan serta perikanan sampai ketika ini baru mencapai Rp 30 miliar, jauh lebih kecil menurut target setahun Rp 500 miliar. “Memang ini sangat mini sekali dibandingkan tahun lalu Rp 277 miliar,” saya Susi pada rapat Badan Anggaran, Jakarta, Rabu (9/9/2015).


Namun, kecilnya realisasi PNBP tadi tidak menciptakan mantan CEO maskapai itu berkecil hati. Bahkan, beliau menunjukkan dengan bangga pada Ahmadi Noor Supit, Ketua Banggar DPR RI, yang pada beberapa kesempatan menyindir Susi hanya punya cita-cita akbar namun hasil kinerjanya minim.

PNBP Minim, Susi Bisa Selamatkan 100 Triliun Lebih

Pertama, Susi mengungkapkan, beliau telah mengeluarkan kebijakan buat menstop subsidi buat kapal-kapal pada atas 30 gross tonage (GT). Pengurangan subsidi ini mampu berhemat duit negara sampai Rp 12 triliun.

Kedua, bermodal "mengomel", Susi dan jajarannya di Kementerian Kelautan serta Perikanan (KKP) berhasil mendapatkan pembebasan tarif impor untuk produk perikanan yg masuk ke Amerika Serikat. Fasilitas Generalized System of Preference (GSP) tadi sudah berhemat devisa sebesar 400 juta dollar AS.

“Ketiga, aksi anti illegal fishing kita telah mengamankan pemakaian BBM nasional sebanyak 36 % untuk solar. Kalau dievaluasi, lebih kurang kurang lebih Rp 100 triliun penghematannya,” istilah dia.

Mendengar penjelasan Susi, anggota Dewan serta menteri yg hadir pun riuh. Sementara Ketua Banggar bergeming. “Jadi, aku mending kehilangan Rp 130 miliar (PNBP), tapi dapat mengamankan BBM Rp 100 triliun lebih,” tandas Susi.

Penyelamatan Uang tersebut di karena kebijakan kebijakan menteri susi yang openuh menggunakan gebrakan, Selain menstop BBM Bersubsidi, Pengukuran ulang pula akan mulai pada berlakukan demi mengejar peningkatan PNBP,,



PNBP Minim, Susi Bisa Selamatkan 100 Triliun Lebih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel