Pramuka Cerdaskan Masyarakat Tanggulangi Bencana



Jakarta, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar pelatihan of Trainer (TOT) Modul Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat. TOT yg akan digelar menurut 9-11 Desember ini untuk mencerdaskan rakyat supaya jua bisa melakukan penanggulangan bencana, sebagaimana gerakan-gerakan penanganan bencana yg kerap dipraktikkan kader Pramuka.

“Ini merupakan upaya peningkatan pengetahuan bencana dengan mendidik masyarakat, bagaimana menyikapi situasi penanganan bencana sebelum, saat, dan sesudah terjadi bencana serta upaya pengurangan resiko bencana,” kata Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, H Azrul Azwar saat membuka TOT di Auditorium Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, Jumat (9/12).

Menurutnya, penanggulangan bala berbasis komunitas ini jua adalah upaya mengkolaborasikan pendidikan penanggulangan bala antara Gerakan Pramuka beserta warga , LSM, swasta, dan pemerintah.

Lebih lanjut, Azrul berkata, modul penanggulangan ini diawali menggunakan pembentukan gerombolan kerja pada 2009, yang terdiri berdasarkan orang-orang pakar pada bidangnya. Misalnya BNPB, Pusat Krisis Kemenkes, MPBI, dan Gerakan Pramuka.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat serta Siaga Bencana, Marsdya Tentara Nasional Indonesia Eris Harryanto, mengungkapkan, pada antara tujuan berdasarkan aktivitas ini. Pertama, menaikkan pengetahuan serta kemampuan Gerakan Pramuka sebagai fasilitator serta motivator penanggulan bencana.
“Juga buat menaikkan pengetahuan dalam mitigasi bala di jajaran kwartir dan bisa mengimplementasikan pada lapangan,” jelas Eris.

Pada kesempatan ini, dilaksanakan jua kerjasama pada bentuk MoU antara Kwarnas dengan BNPB agar kiprah pramuka dapat lebih meningkat dalam penanggulangan bala.

Selain itu, diresmikan jua Crisis Center Pramuka Peduli oleh Ketua Kwarnas. Crisis Center ini dibentuk sebagai upaya optimalisasi fungsi penanggulangan bala bagi Gerakan Pramuka. Pusat ini dilengkapi sejumlah wahana dan prasarana, seperti sistem pendataan anggota, website Pramuka Peduli, serta Sms Center, yakni 1408. (Moh. Ilyas)


Sumber: www.pelitaonline.com 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel