Pramuka Kota Bandung

Pramuka Kota Bandung

Banjarsari Outdoor Education Programs

Posted: 23 Mar2019 04:26 AM PDT

Caption : Dengan dipandu Steve Ewon seorang ahli penjinak hewan liar, Kepala Sekolah Dasar Negeri Banjarsari Bandung, Yusuf Wahyudin beserta seseorang guru mencoba memegang ular Phyton (sanca) yang berukuran besar pada sesi Pengenalan Satwa Bersama Steve Ewon pada rangkaian kegiatan "Banjarsari Outdoor Education Programs" di kompleks Herboretum Mahataman, Bukit Bongkor, Ujungberung Kota Bandung, Senin (23/tiga/2015). Kegiatan luar kelas yg dilaksanakan buat pertama kalinya ini diikuti seluruh siswa SDN Banjarsari Bandung berhubungan dengan Komunitas Pohon Indonesia (KPI) dan Steve Ewon Manajemen.

Sekitar ratusan anak didik menurut kelas lima serta 6 mengikuti aktivitas "Banjarsari Outdoor Education Programs" yang diselenggarakan sang Sekolah Dasar Negeri Banjarsari Bandung berhubungan dengan Komunitas Pohon Indonesia serta Steve Ewon Manajemen di Herboretum Mahataman, Bukit Bongkor, Ujungberung Bandung, Senin (23/3/2015). Dalam aktivitas yg baru pertama kali dilaksanakan tersebut para siswa ini diberikan beragam materi mengenai lingkungan hidup diantaranya : Pengelolaan Lingkungan Hidup, Menjelajah Hutan Mahataman, Pelepasan Burung, Restocking Ikan, Pengenalan Satwa beserta Steve Ewon, dan Penanaman Pohon dan Foto Bersama Satwa." Kegiatan Outdoor Education ini adalah yg pertama kali dilaksanakan pada kota Bandung serta Indonesia, bagaimana dengan aktivitas ini adalah upaya buat membangkitkan rasa kepedulian para anak didik SD Banjarsari terhadap pelestarian lingkungan hidup, tidak hanya di lingkungan masing-masing, tapi terutama di lingkungan sekolah, karena itu, disini diajarkan bagaimana menanam pohon, divestasi burung, restocking ikan, dan mengajak para anak didik buat tidak takut dan lebih dekat menggunakan binatang buas," ujar Kepala Sekolah Dasar Negeri Banjarsari Bandung, Yusuf Wahyudin, M.mpd., pada sambutannya yg berharap berdasarkan aktivitas ini dapat sebagai reverensi bagi sekolah lainnya untuk melaksanakan kegiatan serupa. Dalam kesempatan yang sama, tidak hanya anak didik yg ikut, para orang tua siswa dan para Kepala Sekolah menurut SD lainnya ikut pula berpartisipasi." Melalui aktivitas ini, Sekolah Dasar Negeri Banjarsari sudah mendeklarasikan diri sebagai sekolah sahabat pohon dan lingkungan yg sekaligus dijadikan juga menjadi hutan binaan bagi semua siswanya," ujar Ir. Dedi Prayoga, BS.cf, menurut Komunitas Pohon Indonesia ketika ditemui MOTP pada sela-sela acara. Kedepannya KPI ingin menjalin kerjasama mengenai pengelolaan lingkungan hidup dan Daerah Aliran Sungai (DAS) menggunakan berbagai pihak." Diharapkan, kegiatan yg diawali oleh Sekolah Dasar Negeri Banjarsari Bandung ini, sanggup diikuti jua oleh sekolah lainnya hingga perguruan tinggi serta tentunya kami dari KPI ingin menjalin kerjasama yg lebih baik menggunakan pihak terkait lainnya dalam hal pengelolaan lingkungan hidup dan DAS," lanjut Dedi. Keseruan program, nir hanya ketika para anak didik sedang menjelajahi hutan Mahatama yg didalamnya masih ada sekitar 100 jenis tumbuhan, mereka juga diberi keseruan lainnya ketika menyaksikan eksklusif atraksi menjinakan hewan buas yang ditampilkan Steve Ewon. Dalam kesempatan tadi Steve Ewon berkesempatan membuatkan pengalamannya berinteraksi menggunakan majemuk binatang buas khususnya reptil.tidak hanya itu, Iapun menyebarkan tips bagaimana menghadapi binatang buas dan mengajak berfoto bersama satwa. Selanjutnya, kegiatan serupa akan dilaksanakan bagi siswa Sekolah Dasar Negeri Banjarsari Bandung kelas 3 dan 4. (Benny K/ MOTP)

You are subscribed to email updates from Pramuka Kota Bandung
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel