Pramuka Siapkan Generasi Lawan Budaya Luar yang Merusak


Senin, 31 Oktober 2011,  Ketua Panitia Gelar Kreativitas Pramuka 2011 Siti Mariyam bertekad menghadang arus budaya luar yg Mengganggu bukti diri serta budaya asli bangsa Indonesia. Karena itu, para pegiat kepramukaan sudah mempersiapkan diri menggunakan menciptakan regu memberi pendidikan moral, kedisplinan serta aneka macam aktivitas positif lainnya.

“Para generasi belia ini harus kita jaga. Jangan sampai mereka terjerumus pada narkoba, seks bebas, serta sebagainya. Karena itu akan merugikan mereka sendiri, pula bangsa ini. Dengan adanya aktivitas ini saya ingin memperlihatkan pada orang tua, serta seluruh yang terkait bahwa melalui pramuka karakter anak sanggup dibentuk semenjak dini,” imbuhnya, beberapa ketika lalu.

Sementara itu, Sekretaris Kwartir Cabang Pramuka, Ikhsan, menegaskan kepramukaan merupakan keliru satu proses pendidikan pada luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan famili pada bentuk aktivitas menarik, menyenangkan serta sehat. Aktivitas kepramukaan juga harus teratur, terarah dan simpel yg dilakukan pada alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak serta budi pekerti luhur.

“Kepramukaan merupakan sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan serta perkembangan rakyat serta bangsa Indonesia. Sudah 1/2 abad jua organisasi ini memberikan andilnya bagi pembentukan karakter bangsa. Setengah abad juga bisnis serta upaya mempersatukan Indonesia melalui organisasi ini,” tuturnya.

Ikhsan menuturkan anak-anak yang mengikuti pramuka nir hanya dibekali cara tali temali dan pengetahuan kepramukaan lainnya. Di pramuka mereka bermain serta bersosialisasi pada lingkungganya.

“Nah disini lah gerakan pramuka berperan, mereka bermain di alam terbuka dengan pandu sang pembina nya tetapi bermain yang mengandung unsur pendidikan, yang lebih diarahkan pada pelatihan watak,mental serta karakter,” jelasnya.

Ia menambahkan dengan momen ulang tahun emas ini semoga Gerakan Pramuka bisa terus menaikkan eksistensinya dan menaruh kontribusi yang lebih lagi bagi warga . “Bagi orang dewasa Gerakan Pramuka sebagai indera darma, bagi orang muda menjadi alat permainan, dan bagi negara ini sebagai indera pemersatu bangsa,” ucapnya. 

(Sumber Berita : //www.lensaindonesia.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel