Pramuka SIT

Pramuka SIT

10 Amanat dan Arahan Kak Adhyaksa Dault

Posted: 10 May2019 07:00 PM PDT


10 Amanat dan Arahan Kak Adhyaksa Dault dlm Pelantikan Waka Binamuda, Waka Binawasa, dan Annas PAW, di TRW, Jakarta, 6 Mei2019.

1.tetaplah Kakak-saudara tertua seluruh terus mendarmabhaktikan diri, membina kaum belia pada manapun berada dalam ketika yg tdk terbatas. Praktis-mudahan Kapusdiklatnas yg baru, Kak Ganet, benar -betul mampu membawa kita ke kejayaan pramuka dg kurikulum yang kentara. Saya jua percaya betul dengan Kak Ita, Waka Binamuda, menurut Indonesia Timur. Juga Kak Susi, Waka Binawasa, pramuka sejati yang telah puluhan tahun berkiprah pada dunia pendidikan. Sekarang saatnyalah Kakak-kakak membuat acara utk kemajuan pramuka ke depan. 

2.pergantian Antar Waktu (PAW) ini mungkin yg pertama kali dlm sejarah Gerakan Pramuka, tapi  saya kira sgt dibutuhkan. Terutama utk Annas yang kurang aktif.  Saya adalah KAPTEN dr Kapal besar Pramuka ini. "I am the Capten of this ship." Jangan bocorkan kapal ini! Pramuka wajib lebih baik ke depannya dan harus lebih dicintai warga .  Utk itu, sinergitas yang tinggi sangat diharapkan di sini.

3.memang ada banyak hal yang perlu DIREFORMASI di Kwarnas ini. Tolong para staf utk lebih disiplin serta loyal! Punya komitmen serta bekerja optimal. (Catatan: Saya minta kepada Kak Sesjen supaya lambang antara staf dan Annas dibedakan)

4.ada sebutan "Pramuka Sejati" serta "Pramuka Muallaf". Dan aku ini sering diklaim "Pramuka Muallaf" yg hanya sampai Penegak. Tapi bagi aku ,  sejati atau muallaf, yang terpenting merupakan bgm kita bisa melayarkan Perahu Dasa Darma Pramuka ini berlabu hingga relung anak2 bangsa. Jangan hanya berlabuh pada dada dg sederetan pertanda jasa, tapi jg hrs berlabuh pada dalam hati yg paling dalam dg bentuk karya2 konkret. Itulah harapan saya. Tanda jasa memang krusial, akan tetapi jangan sekadar indikasi saja di dada. Harus sampai ke hati yang paling dalam.

5."Pramuka ini milik anak-anak Indonesia." Ungkapan Bu Menteri Puan Maharani itu sahih. Ini tagline yang baik. Revolusi mental akan terjadi kalau dilabuhkan pada Pramuka.

6.kakak-kakak, usaha kita di Pramuka ini membutuhkan kekompakan, keikhlasan serta kerja yg luar biasa. Demi Allah, yg punya langit serta bumi, aku tdk punya atensi apa-apa pada Pramuka ini. Saya ambil (amanat) ini lantaran saya berharap pramuka  mampu betul-betul membina generasi anak bangsa kita.untuk itu, marilah kita ikhlaskan niat kita di Pramuka ini. 

7.setia (loyal) itu penting. Apa itu setia? Setia itu mikul dhuwur mendem jero! Loyal,  loyal, dan loyal!—dari kecil saya diajarkan seperti itu. Saya wajib setia dg Pramuka. Dan utk itu, aku tdk mau membangun Pramuka seperti Istana di padang pasir yang hancur ketika ombak sekali tiba. Kita bangun tempat tinggal Pramuka pada atas fondasi yg bertenaga.  

8.kalau kakak setia serta ikhlas bekerja, Tuhan kan menolong kita. Tidak akan kita ditinggalkan oleh Tuhan, Kak. Percayalah! Saya bernasib mujur lantaran saya setia terhadap negara-bangsa ini. Lima tahun aku sebagai menteri, demi Allah, yg punya langit dan bumi, aku tdk makan uang haram sepeserpun dari negara ini—buat makan anak aku . Saya ingin menandakan bahwa aku mengabdi utk bangsa-negara ini. Kalau kita setia pada Tuhan, orangtua, serta Negara-bangsa ini, insya Allah kondusif hidup kita. Tidak usah takut, Kak. Dunia kondusif, akhirat apalagi, insya Allah.

9.kita di sini bersama-sama. Sebuah hadiah Tuhan yg luar biasa, lantaran kita berbeda-beda. Tidak terdapat lagi di Kwarnas, "Ini bukan orang kita, ini orang kita". Tidak terdapat lagi! Pemilihan Kak Kwarnas sdh selesai. Kita seluruh sama sekarang: Pramuka! Kita merupakan satu. Kita merupakan pramuka dg Dasa Dharma Pramuka.  Tolong, jika aku  terdapat galat, eksklusif SMS saya, Kakak-abang. Langsungforward ke saya. Langsung bicara dg aku empat mata. Jangan disampaikan pada belakang, nanti nir lezat mendengarnya. Saya adalah manusia biasa yg punya poly kekurangan dan kelemahan.

10. Yg saya harapkan, pengurus janganlah diurus dan mengakibatkan urusan. Kalau pengurus justru diurus serta mengakibatkan urusan, inilah letak permasalahannya. Jangan sampai Pramuka misalnya itu.  Juga andalan. Jangan hingga orang yg jadi andalan itu justu mengandalkan. Andalan ya andalan, yg diandalkan.  


Sumber ; (Kak Lukman, Andalan Humas Kwarnas)
You are subscribed to email updates from Pramuka SIT
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel