Revitalisasi Pramuka Melalui Permainan Bahari

Belitung: Menyusul disahkannya Undang-undang Pramuka sang DPR Oktober kemudian, Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka melakukan banyak sekali cara buat lebih meningkatkan minat pemuda terhadap organisasi kepanduan ini. Salah satu pola yg sekarang dikembangkan Kwarnas adalah menyebarkan kepramukaan berdasarkan kegemaran dan potensi alam yang ada.

Contohnya, Jumat (5/11) hingga Minggu (7/11)  Kwarnas menggelar Kemah Wartawan dan Pramuka di Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Kegiatan ini diisi dengan pengukuhan puluhan anggota Satuan Kerja (Saka) Bahari, Kwartir Cabang (Kwarcab) Belitung. Pengukuhan ini sendiri merupakan bagian dari strategi revitalsasi pramuka melalui kegemaran dan sumber daya yang ada. Belitung sejak dulu dikenal sebagai kawasan kepulauan dengan potensi perairan yang melimpah.

Selain itu budaya maritim merupakan keseharian yang sebagai bagian tidak terpisahkan berdasarkan rakyat kepulauan kaya timah itu. Berangkat menurut kegemaran dan potensi inilah Kwarnas merangkul para pemuda setempat sebagai anggota Saka Bahari. Melalui banyak sekali permainan dan kegemaran mengenai laut, nilai-nilai kepanduan ditanamkan serta lalu melantik Kwarcab Negeri Laskar Pelangi ini. ‘’Ini adalah bagian menurut upaya revitalisasi itu,’’ ujar Ketua Kwarnas Azrul Azwar dalam pelantikan itu.

Dengan model ini diharapkan pramuka akan semakin diminati dan bisa berperan lebih poly pada mendidik generasi belia. Pemberian materi melalui permainan diharap bisa mempermudah pemahaman dan lebih menaikkan kecintaan terhadap pramuka. ‘’Biasanya kalau dimulai dengan kegemaran dan permainan akan lebih mudah,’’ tambahnya.

Sementara itu dilibatkannya sejumlah wartawan nasional dalam perkemahan pramuka ini juga dimaksudkan buat revitalisasi itu. Kwarnas sengaja mengundang para jurnalis supaya para kru media ini lebih mengenal mengenai organisasi yang dirinitis Sir Baden Powell ini. Kwarnas mengharap dengan keterlibatan media akan ada sosialisasi mengenai pramuka kepada masyarakat Indonesia. 

Selain perkemahan dan kegiatan kepanduan, para wartawan anggota pramuka dan rakyat setempat melakukan penanaman mangrove pada beberapa titik di lebih kurang kawasan Tanjung Kelayang. Selain di lokasi ini, Kwarnas jua melakukan pengukuhan ribuan anggota Pramuka Garuda di Makassar Sulawesi Selatan, Minggu (7/11). Pramuka Garuda ini sendiri adalah perpaduan para pandu terpilih yg dijadikan satu kesatuan. (sumber: JPNN.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel