Sambutan Pada Peringatan Ke50 Hari Pramuka

Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Minggu, 14 Agustus 2011

SAMBUTAN

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

PADA

PERINGATAN KE-50 HARI PRAMUKA

Jakarta, 14 Agustus 2011

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita seluruh.

Para Tamu Undangan dan hadirin sekalian yang saya muliakan,

Adik-adik Pramuka dan para Peserta Upacara yg saya cintai dan aku banggakan,

Salam Pramuka!

Hari ini, dengan penuh rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, di bulan suci Ramadhan yg penuh berkah ini, kita bisa menghadiri peringatan Tahun Emas Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.

Pada hari yg bersejarah ini, selaku Kepala Negara serta Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, aku ingin membicarakan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-50 Gerakan Pramuka, Kepada famili besar Gerakan Pramuka pada seluruh tanah air.

Semoga peringatan setengah abad Gerakan Pramuka ini, bisa menjadi momentum buat menaikkan kiprah serta aktivitas Gerakan Pramuka dalam membentuk tunas-tunas belia yg andal, mandiri, berdaya saing, serta memiliki karakter serta jati diri yang kukuh.

Hadirin yang aku muliakan,

”Satu Pramuka buat Satu Indonesia; Jayalah Indonesia”, yang sebagai tema besar 1/2 abad Gerakan Pramuka, aku nilai penting dan bersejarah. Tepat 50 tahun yang kemudian, Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden No. 238 tahun 1961 yang memersatukan aneka macam gerakan kepanduan, baik yg berbasis etnis maupun kepercayaan kedalam wadah Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka lahir sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yg mengedepankan pendidikan watak serta kepribadian, menumbuhkan semangat jiwa patriotik dan jiwa bela negara, berdasarkan nilai-nilai universal yg terkandung pada Dasa Darma Pramuka.

Sejarah mencatat dengan tinta emas, peran krusial serta strategis Gerakan Pramuka pada kehidupan berbangsa dan bernegara, sejak zaman kolonial sampai saat ini. Pada masa-masa awal kebangkitan nasional, di era konvoi nasional tahun 1920-an, para anggota Pramuka atau kepanduan ketika itu, ikut serta dalam membangkitkan semangat kebangsaan, dan berperan aktif dalam menggalang semangat persatuan. Di masa perang kemerdekaan, para anggota Kepanduan ikut dan pada menggelorakan semangat bela negara.

Di era mengisi kemerdekaan dengan aneka macam aktivitas pembangunan, Gerakan Pramuka merogoh peran besar sebagai wadah pendidikan karakter, untuk menyemai tunas-tunas muda menjadi pemimpin bangsa masa depan. Gerakan Pramuka selalu relevan menggunakan perkembangan zaman. Gerakan Pramuka, dengan banyak kegiatan positif di dalamnya, memiliki kiprah konstruktif dalam mencetak generasi muda yang berkarakter bertenaga.

Hadirin sekalian yang aku hormati,

Mengapa pembangunan karakter sangat penting bagi generasi muda kita waktu ini serta ke depan?

Negara kita yg terbentang luas dari Sabang hingga Merauke, didirikan dengan pengorbanan yang amat besar dari para pendahulu kita yg memiliki karakter pejuang. Karakter yang mampu mengikat berbagai suku bangsa, norma adat, dan ragam budaya dengan rasa kebangsaaan, paham kebangsaan, serta semangat kebangsaan, Bangsa Indonesia.

Bangsa kita dapat tegak berdiri, karena karakter pejuang yg rela mengorbankan jiwa serta raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bangsa kita nir pernah mengenal kata menyerah, apakah itu melawan penjajahan, melawan ketidakadilan, melawan kemiskinan, dan meng-hadapi berbagai bencana alam dan tantangan-tantangan krisis.

Berpuluh-puluh tahun, dalam hakikatnya kita dapat memelihara persatuan dan kebersamaan kita sebagai bangsa. Meskipun selalu terdapat tantangan dan ujian sejarah, bangsa kita permanen rukun dan bersatu, karena kita memiliki karakter dan jati diri bangsa yg dari Pancasila.

Ingat, sesungguhnya kita merupakan bangsa yang berbudi luhur, bangsa yg ramah serta toleran. Bangsa yg selalu guyub dan bergotong royong, penuh tenggang rasa, dan tepo saliro pada hubungan hubungan yang tinggi. Itulah karakter bangsa kita yg luhur. Karakter yang wajib terus kita gelorakan kepada generasi muda bangsa kita waktu ini serta generasi mendatang. Karakter yang harus tetap kita jaga, dan nir boleh berubah serta mengalami erosi.

Hadirin sekalian yang aku hormati,

Mengingat pentingnya Gerakan Pramuka sebagai organisasi yg bisa mencetak generasi muda yang memiliki karakter, jati diri, daya saing, serta ahlak mulia, saya terus mendorong agar Gerakan Pramuka melakukan revitalisasi. Melalui revitalisasi Gerakan Pramuka, kita ingin menaikkan fungsi, serta ingin terus memantap-kan keberadaan Gerakan Pramuka.

Revitalisasi Gerakan Pramuka kita arahkan buat mencetak para anggotanya menjadi generasi yang memiliki kepribadian yg tangguh serta luhur budi pekertinya. Generasi belia yg cerdas dan trampil. Generasi muda yang rukun dan kompak manunggal dengan semua rakyat bangsa.

Hasilnya sungguh menggembirakan. Dalam peringatan tahun emas Gerakan Pramuka, Revitalisasi Gerakan Pramuka telah mengalami kemajuan yg cukup berarti. Gerakan Pramuka sudah dijadikan menjadi salah satu pilar penting dalam sistem pendidikan nasional. Pendidikan kepramukaan telah diajarkan pada semua kaum belia kita. Gerakan Pramuka, pula sudah menjadi organisasi yg menarik seluruh elemen warga , buat merapatkan barisan pada menuju hasrat bangsa yang mulia.

Revitalisasi Gerakan Pramuka, secara sedikit demi sedikit, juga telah memperbaiki citra serta kinerja Gerakan Pramuka. Minat kaum muda kita terhadap Gerakan Pramuka, semakin meningkat. Gerakan Pramuka waktu ini, makin diperhitungkan menjadi wahana pembelajaran, serta buat mempersiapkan para pemimpin masa depan yang memiliki watak, kepribadian, serta akhlak yang mulia.

Hadirin sekalian yang aku hormati,

Dari apa yg aku kemukakan tersebut, sesungguhnya sudah cukup banyak dorongan, dukungan, serta fasilitas yg disediakan pemerintah buat memajukan serta menumbuh-kembangkan Gerakan Pramuka. Saat ini, sebagai kewajiban bagi kita semua buat dapat memanfaatkan fasilitas dan dukungan yang sudah disediakan itu menggunakan sebaik-baiknya.

Mari kita perkuat organisasi serta manajemen kepramukaan menggunakan tepat serta sahih. Mari kita mantapkan peran Gugus Depan sebagai tempat pendidikan anggota muda, dan pusat pelatihan menjadi tempat pendidikan bagi anggota dewasa. Ciptakan terobosan serta penemuan buat menghadirkan kegiatan pendidikan kepramukaan yang lebih berbobot serta berkualitas. Kedepankan materi yg berkaitan dengan peningkatan semangat bela negara, patriotisme pembangunan, dan perekat keutuhan bangsa, dan upaya buat mencetak generasi muda yg makin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hadirin sekalian yg saya muliakan,

Sebelum mengakhiri sambutan ini, dalam hari yg bersejarah dan penuh berkah ini, saya ingin mengucapkan selamat pada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yg sudah berhasil sukses melakukan revitaliasi Gerakan Pamuka; berhasil mendorong terbitnya Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka; sukses mengembangkan serta menaikkan kualitas Gugus Depan pada 320.000 Gugus Depan di semua pelosok tanah air; sukses melaksanakan Jambore Nasional pada Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan; dan sukses mengemban tugas negara menjadi duta bangsa pada jambore internasional pada Bumi Perkemahan Rinkaby, Kristianstad-Swedia.

Kepada para penerima penghargaan Lencana Gerakan Pramuka, aku ucapkan selamat dan penghargaan yang nrimo atas jasa-jasa serta pengabdian saudara, pada membuatkan Gerakan Pramuka pada seluruh tanah air.

Akhirnya, marilah kita lanjutkan seluruh keberhasilan yg sudah kita raih, dan marilah kita menatap ke depan dengan langkah tegap buat meneruskan perjuangan mengisi kemerdekaan. Perjuangan buat membuahkan bangsa kita, sebagai bangsa yang maju, terhormat, dan bermartabat.

Satu Pramuka buat Satu Indonesia,

Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia!

Dirgahayu 50 Tahun Gerakan Pramuka.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Pramuka,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel