TAKARAN NUTRISI PADA PAKAN BUATAN

Takaran Nutrisi Pakan Buatan - Kandungan nutrisi dan hadiah pakan memegang peranan penting untuk kelangsungan usaha budidaya fauna akuatik.penggunaan pakan yg efisien dalam suatu usaha budidaya sangat penting sang lantaran pakan merupakan factor produksi yang paling mahal. 


Baca Juga ; Persyaratan Hidup Dan Kultur Dapnia


Oleh karena itu, upaya perbaikan komposisi nutrisi serta pemugaran efisiensi penggunaan pakan perlu dilakukan guna mempertinggi produksi output budidaya serta menguangi biaya pengadaan pakan, dan meminimalkan produksi limbah pada media budidaya.


Untuk mencapai target tersebut dibutuhkan pemahaman mengenai nutrisi dan kebutuhan nutrient berdasarkan kultivan, teknologi pembuatan pakan, serta kemampuan pada pengelolaan pakan buat setiap tipe budidaya berdasarkan kultivan eksklusif.


Pakan ikan yang banyak digunakan dalam aktivitas budidaya galat satunya pelet. Pengadaan pelet saat ini masih mengandalkan pasokan menurut pabrik pakan. Hal ini lantaran masih belum poly yg mengetahui tentang teknik pembuatan pakan ikan (Pelet).


Takaran Nutrisi Pakan Buatan

Pakan protesis (Pellet adalah Pakan yg diramu dari beberapa jenis bahan yang diolah serta dicetak sebagai bentuk batangan kecil-kecil.

Keuntungan Menggunakan Pakan Buatan :
  1. Dapat menaikkan produksi melalui padat penebaran tinggi dan saat pemeliharaan yg pendek
  2. Dapat menaikkan limbah industri pertanian
  3. Tidak perlu mendirikan jamban diatas kolam 
  4. Rasa daging ikan bisa diatur sesuai dgn selera
Keunggulan pakan ikan protesis (Pellet) dibanding ikan rucah :

Pakan protesis (Pellet) yang baik wajib memenuhi kriteria berikut :
  1. Tidak berjamur
  2. Memiliki stabilitas yang baik saat berada  dalam air sehingga tidak gampang hancur pada air
  3. Kandungan gizi sinkron (tertera pada label)
  4. Tidak mengandung racun sehingga nir berbahaya baik pada ikan ataupun lingkungan
  5. Bisa disimpan pada saat yang cukup lama
  6. Baunya merangsang (khas bau pelet)
  7. Mudah buat memperolehnya hal ini berkaitan dengan bahan-bahan pembentuk pakan tersebut
  8. Pakan tidak banyak debu halus/debu pakan.
Dalam pembuatan pakan buatan buat ikan perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi bagi ikan yg kita pelihara. Nilai nutrisi (gizi) pakan pada umumnya dilihat dari komposisi zat gizinya. 

Beberapa komponen nutrisi yang penting dan harus tersedia pada pakan ikan antara lain: Protein, Lemak, Karbohidrat, Vitamin dan Mineral.

Protein

Sebagai zat pembangun protein berfungsi  membentuk/membentuk jaringan baru buat pertumbuhan,pengganti jaringan yang rusak serta bereproduksi. 

Sebagai zat pengatur protein berperan pada pembentukan enzim dan hormone penjaga dan pengatur metabolism dalam tubuh ikan. Sebagai zat pembakar yaitu menjadi asal energy dalam ketika kebutuhan energy nir terpenuhi oleh karbohidrat serta lemak.

Lemak

Fungsi lemak pada tubuh ikan yaitu: 

a). Sebagai asal energy yang paling akbar diantara protein dan karbohidrat, 


b). Membantu proses metabolisme , 


c). Menjaga keseimbangan daya apung ikan dalam air serta 


d). Memelihara bentuk dan fungsi membrane (fospolipid). 


Kelebihan lemak akan disimpan sebagai cadangan energy buat melakukan aktifitas selama periode tanpa kuliner. Pakan yg baik memiliki kandungan lemak antara 4%-18%.


Karbohidrat

Karbohidrat dalam  ikan berfungsi menjadi asal energy. Sumber karbohidrat buat pakan protesis mampu didapat menurut : tepung jagung,bekatul,tepung gandum,beras,tepung tapioca,tepung sagu dll. Selain sebagai karbohidrat bahan-bahan diatas berfungsi menjadi perekat dalam pembuatan pakan ikan.

Vitamin

Vitamin merupakan zat  yg diperlukan tubuh ikan dalam jumlah sedikit. Fungsinya vitamin sangat penting yaitu: a). Untuk mempertahankan pertumbuhan dan pemeliharaan kondisi tubuh ikan, b). Mengatur proses metabolisme, c). Mempertahankan fungsi banyak sekali jaringan tubuh, d). Mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukan sel-sel baru

Mineral

Fungsi primer mineral merupakan : a). Sebagai komponen primer struktur gigi dan tulang, b). Menjaga keseimbangan asam serta basa, c). Menjaga keseimbangan tekanan osmosis menggunakan lingkungan perairan d). Sebagai komponen primer berdasarkan enzim,vitamin,hormon,pigmen serta menjadi enzim aktivator.

Setelah kita mengetahui mengenai keunggulan serta kebutuhan nutrisi akan pakan buatan maka selanjutnya merupakan bagaimana kita menciptakan pakan protesis dan bagaimana tekniknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel