TANGGUNG JAWAB KEPALA KAMAR MESIN KKM

Tanggung Jawab Kepala Kamar Mesin (KKM) KAPAL PERIKANAN - Mari rekan NELAYAN DAN PELAUT DI KAPAL PERIKANAN yg ingin mengetahui apa sih tugas-tugas para Pelaut KHUSUSnya KKM di Kapal perikanan?. 

Tanggung jawab Kepala Kamar Mesin (KKM) di kapal perikanan menurut kabar yg terkumpul apa saja yg wajib pada lakukan seorang ketua kamar mesin pada menjalani tugasnya, bisa saja bhineka pada tiap kapal pada perusahaan pelayaran dan perusahaan perikanan. 


Dimana rekan Pelaut bekerja, adapun biasa terdapat disparitas dalam setiap perusahaan, tinggal anda sendiri bijak pada menyikapinya, semoga posting kali ini sedikit membantu kebutuhan fakta yg anda inginkan yaitu sebuah Tanggung Jawab Kepala Kamar Mesin (KKM)

TANGGUNG JAWAB KEPALA KAMAR MESIN (KKM)

Menjelaskan secara rinci tugas serta tanggung jawab awak (ABK) bagian mesin Kepala Kamar Mesin (KKM) bertanggung jawab atas penyelenggaraan serta penerapan baku keselamatan secara efektif pada Seksi ini.

Kepala Kamar Mesin secara umum bertanggung jawab atas efisiensi serta disiplin kerja pada bagian mesin. Tugasnya meliputi, tetapi tidak terbatas pada berikut ini :


 TANGGUNG JAWAB Umum

Dengan memastikan :

01 .perawatan dan pemeliharaan perlengkapan permesinan dan listrik sesuai sistem perawatan terencana

02 .  Seluruh Masinis dan awak bagian mesin mengetahui tugas mereka, perintah serta petunjuk  permanen, termasuk mekanisme keadaan darurat

03 .  Ia secara pribadi mengawasi pengisian bahan bakar (BBM) kapal dan memastikan diri bahwa kapal menerima bahan bakar sesuai jumlah serta mutu yg ditetapkan. Surat protes harus diterbitkan apabila terdapat perbedaan jumlah satu atau lebih metrik ton bahan bakar

04 .  Ia atau Masinis I selalu berada di atas kapal. Untuk hal ini Masinis I tidak boleh melimpahkan tanggung jawabnya pada Masinis lainnya

05.  Bahwa Nakhoda diberitahu, apabila Mesin Induk perlu diperlambat atau dihentikan di bahari. Penyebab dan perkiraan saat putaran yg diperlambat atau penghentian wajib diberitahukan pada Nakhoda

06 .  Ia hadir dalam olah gerak kapal baik di dalam juga luar pelabuhan

07 .  Seluruh Masinis membaca dan memahami manual Sekolah Menengah Kejuruan PT. MJS

08 .  Memberikan pelatihan yang layak kepada Masinis junior

09 .  Mengikuti baku dokumentasi

10 .  Semua perkara utama permesinan segera dilaporkan pada Owner Surveyor

Rutin Harian

- Melakukan pemeriksaan keliling kamar mesin termasuk rumah mesin kemudi, cerobong/daerah pemasukan, ruang generator darurat dan ruang mesin pendingin

- Memeriksa serta memulai penulisan Buku Log Kamar Mesin tiap siang hari

-Mengisi ringkasan Log Mesin serta Laporan Siang Hari (Masinis Jaga hanya mengisi buku log)

- Memeriksa permukaan sludge, bilga serta  sump tank Mesin Induk (M/I) buat mengetahui apakah terdapat ketidaknormalan

Rutin Mingguan

01 .  Memeriksa operasi purifier bahan bakar, memastikan digunakannya cakram gravitasi menggunakan berukuran yang sahih, kecepatan purifikasi nir lebih berdasarkan 10% konsumsi

02 .  Memeriksa operasi purifikasi minyak lumas yaitu

03 .  Menyetel dengan sempurna purifikasi keluaran minyak sinkron rekomendari Pabrik penghasil mesin

04 .  Dipertahankannya suhu pemisahan serta interval pengenceran yg tepat

05 .  Melakukan pengujian atas minyak lumas mesin induk dan mesin bantu (bagi kapal yang dilengkapi dengan indera ini)

06 .  Membandingkan konsumsi bahan bakar, minyak lumas silinder serta dudukan poros engkol tiap operasi harian, menggunakan rekomendasi konsumsi berdasarkan Pabrik pembuat

07 .  Memeriksa operasi serta layak unjuk pompa mesin bantu, motor, blower serta  pendingin

Rutin Dua Mingguan

Melaksanakan pemeriksaan beserta dengan Nakhoda / Mualim I buat mengecek serta mempersiapkan daftar perawatan perlengkapan muatan / deck. Daftar perawatan meliputi kebocoran, penggantian packing, wilayah yg dibersihkan serta dicat, pemugaran dalam deck/akomodasi

Rutin Bulanan

01 .  Membuat serta menyampaikan Laporan Teknis ke Perusahaan

02 .  Melakukan tindakan pemugaran atas perubahan parameter secara tidak normal

03 .  Mengumpulkan laporan pemeliharaan.perbaharui rekaman pemeliharaan/ inspeksi. Perhatikan item yg akan jatuh tempo bulan depan buat dimasukan pada daftar pekerjaan

04 .  Memeriksa operasi semua permesinan deck, OWS, incinerator

05 .  Memeriksa penyelenggaraan catatan atau kitab kerja tiap Masinis/Cadet tentang 
perlengkapan/permesinan kerja, keadaan pemeliharaan serta sparepart pada bawah tanggung jawab mereka

06 .  Memeriksa layak unjuk mesin induk menggunakan memplot tekanan puncak , suhu eksos, posisi rak BBM terhadap catatan shop trial/percobaan dan mencatat perubahan yanag terjadi. Rencanakan tindakan perbaikan

07 .  Memeriksa kondisi dan operasi seluruh sarana penyelamatan diri dan pemadaman kebakaran

Rutin Tiga Bulanan

- Mengumpulkan serta mengirim sample minyak lumas dari mesin induk serta mesin bantu buat dianalisa

- Memeriksa/mencatat jumlah semua suku cadang yg tersisa pada kapal. Catatan tadi mencakup kondisi (contohnya baru, bekas, rekondisi,dsb) dan lokasi penyimnpanan. 

Kepala Kamar mesin bisa memilih Masinis yg bertanggung jawab atas perlengkapan tersebut buat membantu, 


tetapi beliau harus menilik secara pribadi, serta jika jumlah suku cadang kurang dari stock level (jumlah sparepart yang ditetapkan) maka harus segera menciptakan permintaan ke Perusahaan

Persiapan Sebelum Serah Terima Jabatan

01 .  Memastikan seluruh dokumen, sertifikat, kitab log, bagan, kitab dugaan/sounding dan catatan bahan bakar (BBM) dilengkapi serta diperbaharui buat serah terima kepada Kepala Kamar Mesin pengganti

02 .  Membuat Pernyataan Serah Terima Kepala Kamar Mesin pada rangkap tiga. Asli dikirim kepada Man. Shipping, sedangkan salinannya dipegang sang masing-masing KKM

03 .  Serah terima harus dicatat dalam Buku Log Kamar Mesin dan dikukuhkan sang ke 2 KKM tersebut

04 .  Evaluasi kondite awak bagian mesin

05 .  Mencatat semua kekurangan pada operasional, perhatian khusus  pada permesinan dan karakteristik eksklusif dan menyampaikannya kepada KKM yg menggantikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel