Ulat Bulu yang Bisa Bersiul

Ulat bulu ini ternyata tak cuma mahir menciptakan sekujur tubuh Anda gatal-gatal tak karuan, akan tetapi juga mampu bersiul layaknya seekor burung.

Memang ulat bulu memang tak akan bersiul misalnya burung melalui verbal mereka. Namun, berdasarkan para peneliti, ulat bulu bisa bersiul menggunakan melalui sisi-sisi tubuh mereka.

Ini mereka lakukan sebagai prosedur pertahanan diri buat mengusir burung-burung predator. Dari hasil penelitian terhadap ulat bulu sphinx walnut caterpillar atau Amorpha juglandis, dari siulan mereka berasal menurut tubuh mereka.
Seperti dikutip dari Livescience, sehabis diamati melalui video berkecepatan tinggi, para periset berkesimpulan waktu ulat bersiul, mereka menekan kepala mereka ke belakang.
Ini dilakukan buat menekan rongga di tubuh mereka sehingga suara siulan akan keluar melalui delapan pasang lubang angin di perut mereka.
Masing-masing pasang rongga perut itu berdecit kurang lebih empat dtk, menggunakan rentang frekuensi yg mampu didengar oleh burung maupun manusia, hingga bunyi ultrasound.
Saat para peneliti mengamati ulat tersebut, burung warbler (burung yg pandai berkicau) yang hendak memangsa ulat itu, biasanya akan kaget serta lari tunggang langgang waktu ulat mulai bersiul. Siulan ulat bulu ini selalu menyelamatkannya berdasarkan sergapan burung warbler.
"Burung-burung ini tampaknya terkaget-kaget menggunakan siulan si ulat lantaran tidak mengira akan bunyi tadi," ujar Jayne Yack, Neuroethologist dari Carleton University, Ottawa Kanada.

Sumber :
anehunikgokil.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel