WADAH BUDIDAYA PERIKANAN

WADAH BUDIDAYA PERIKANAN - Manusia sudah sejak lama memanfaatkan perairan sebagai sumber makanan. Kegiatan menangkap ikan misalnya memancing serta menjala telah akrab menggunakan kehidupan insan yg tinggal pada kurang lebih lingkungan perairan. 

Sayangnya, pencarian ikan di perairan bebas dengan cara tradisional mempunyai poly hambatan lantaran manusia menjadi makhluk yang hidup pada lingkungan terestrial tidak bisa melihat ikan menjadi sasarannya menggunakan kentara dan jumlah populasi target belum sanggup diperkirakan. 


Baca Juga ; Persyaratan Hidup Dan Kultur Dapnia


Oleh sebab itulah dewasa ini banyak dikembangkan teknologi yang dapat dipakai menjadi indera buat mendeteksi keberadaan ikan di suatu perairan contohnya dengan memakai satelit, sonar ataupun alat-alat canggih lainnya.


WADAH BUDIDAYA PERIKANAN

Sejalan dengan perkembangan manusia, perkara-masalah yang dihadapi pun sebagai lebih kompleks diantaranya merupakan sebagai berikut :


  1. Pertambahan jumlah populasi insan.
  2. Kurangnya sumber kuliner terutama yang berharga murah tetapi mempunyai kandungan protein tinggi.
  3. Produksi perikanan laut telah hampir mencapai kemampuan maksimumnya.
  4. Usaha pertanian yang tidak mengalami perkembangan secepat pertumbuhan populasi insan.
  5. Adanya tuntutan untuk menciptakan suatu bentuk kehidupan yang lebih baik.

Untuk mendapatkan asal penghasilan yang lebih baik tersebut, maka manusia berusaha buat berbagi suatu proses yang diperlukan dapat menjaga kelangsungan tersedianya kuliner menurut lingkungan akuatik tanpa merusak lingkungannya, yg selanjutnya kita kenal sebagai proses budidaya perairan.


Baca Juga ; Cara Perawatan Larva Ikan


Dalam membudidayakan organisme perairan (contohnya ikan) dalam perkembangannya dikenal banyak sekali macam wadah/cara budidaya. Mulai menurut sistem yang paling sederhana serta paling poly dilakukan misalnya kolam sampai sistem budidaya yg dapat berpindah seperti karamba. 


Pemilihan wadah yang dipakai umumnya berdasarkan dalam jenis ikan yg akan dibudidayakan, lokasi budidaya (danau, sungai, perairan pantai atau huma lainnya), dan juga didasarkan dalam biaya /kapital yg dimiliki sang pengelola. 


Secara garis besarnya jenis-jenis wadah dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu sistem kolam, sistem air deras, sistem karamba serta sistem tambak.



Jenis-jenis wadah budidaya ikan sangat dipengaruhi oleh asal daya air pada mana aktivitas akuakultur akan dilakukan. Kualitas dan kuantitas air dapat memilih jenis wadah yg cocok buat budidaya ikan. 


Perairan tawar menggunakan aliran yg kecil hingga sedang cocok buat wadah sistem kolam. 


Perairan tawar menggunakan aliran deras sangat cocok buat kolam air deras. Waduk, danau atau jenis reservoir lain yg mempunyai badan air yang relatif, bisa dibangun wadah budidaya menggunakan sistem karamba jaring apung (KJA). 


Pasang surut bahari yg memungkinkan tersedianya cukup air payau, bisa dibangun wadah budidaya dengan sistem tambak.


Budidaya ikan dewasa ini semakin dibutuhkan ekosistemnya supaya bisa menghasilkan produksi ikan yg permintaannya semakin semakin tinggi pada taraf nasional maupun internasional. 


Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan tersebut, maka berbagai sarana budidaya telah mulai berkembang. Sarana budidaya ikan yg nisbi sederhana serta sudah banyak dilaksanakan sang pembudidaya ikan merupakan bentuk kolam-kolam tradisional. 


Baca Juga'


Budidaya Ikan Lele


Budidaya Ikan Nila


Budidaya Ikan patin


Budidaya Ikan guppy


Budidaya Ikan Wader



Budidaya Ikan gurame

Seiring menggunakan perkembangan teknik budidaya ikan, maka sarana budidaya pada bentuk karamba jaring apung (KJA) mulai berkembang pesat. Sarana budidaya ikan yang dipilih, dalam umumnya menurut jenis ikan yang akan dibudidayakan, lokasi budidaya, serta kapital yang dimiliki oleh pihak pembudidaya ikan.

Jenis - Jenis Wadah Budidaya Perikanan


  1. Kolam Tanah
  2. Kolam Air Deras
  3. Kolam Drum
  4. Kolam Parit
  5. Karamba
  6. Karamba Tancap
  7. Karamba Jaring Apung
  8. Kolam Terpal
  9. Bak
  10. Tambak

Sumber : Modul Keteknikan Budidaya Perikanan.

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel