Beragam Khasiat Daun Sirsak


Indonesia adalah negara yang subur. Beraneka ragam hayati poly tumbuh pada negara kita. Salah satunya merupakan tanaman sirsak. Sebagai tanaman butir, sirsak masih kalah pamor dibandingkan menggunakan butir lainnya misalnya jeruk, apel, rambutan atau durian. Hal ini dikarenakan butir sirsak tidak begitu menarik buat dikonsumsi secara langsung, disamping itu butir sirsak pula nir mampu bertahan lama . Hanya sebagian orang saja yang mengkonsumsi sirsak secara langsung. Pada umumya butir sirsak lebih nikmat disajikan pada bentuk makanan mini misalnya dodol atau mampu jua dicampurkan ke pada minuman seperti es campur, juz, es krim serta lainnya.

Sebenarnya tak hanya buahnya saja yg dapat dimanfaatkan. Tetapi daun sirsak jua bisa dimanfaatkan karena mempunyai poly khasiat. Banyak di antara kita yg belum memahami akan manfaat daun sirsak, karena dulu memang belum ada penelitian mengenai daun sirsak. Setelah ada penelitian mengenai manfaat daun sirsak, sekarang sirsak pun sebagai flora obat yang populer dan tentunya jua memiliki nilai irit yg tinggi.

Sirsak adalah tumbuhan tahunan yang dapat tumbuh serta berbuah sepanjang tahun. Tanaman ini bisa tumbuh hampir pada seluruh daerah Indonesia, sebagai akibatnya tumbuhan ini jua mempunyai nama daerah yg bhineka. Sirsak mempunyai nama latin Annona muricata. Bagian yang sering digunakan untuk herbal adalah daun dan buahnya. Efek herbal menurut sirsak diantaranya merupakan menjadi antikanker, antidiabetes, antibakteri, antijamur, analgesik serta antimutagenik.

Senyawa yang terkandung pada sirsak diantaranya adalah alkaloid, flavonoid, saponin, steroid/ triterpenoid dan asetogenin.

Ekstrak Daun Sirsak
Daun sirsak dapat digunakan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit kanker. Senyawa acetogenins pada daun sirsak terbukti bisa merusak ATP (adenosina trifosfat) yang adalah asal tenaga buat pertumbuhan kanker. Dengan menghambat sumber energinya, maka sel kanker tidak dapat tumbuh dan berkembang serta akhirnya akan tewas.

Berbagai riset di Amerika Serikat menerangkan bahwa sel kanker payudara, usus, ovarium, prostat, paru-paru, liver, pankreas dan limpa bisa dibunuh oleh senyawa yang masih ada pada daun sirsak tadi. Senyawa itu membunuh sel kanker tanpa mensugesti sel-sel lain yang masih normal. Senyawa aktif pada daun sirsak mempertinggi pemompaan P-glycoprotein buat menghasilkan senyawa bersifat antikanker (kemoterapi). Hasil riset beberapa orang peneliti memberitahuakn bahwa daun sirsak memiliki kemampuan membunuh sel kanker 10ribu kali lebih digdaya dibandingkan menggunakan teknik kemoterapi. Kelebihan lain daun sirsak dibanding teknik kemoterapi bahwa senyawa dalam daun sirsak tersebut hanya menyerang sel kanker serta tidak menyerang sel normal pada tubuh. Berbeda dengan teknik kemoterapi yg rentan membunuh sel-sel tubuh yg masih normal.

Contoh ramuan daun sirsak menjadi terapi kanker merupakan dengan menyiapkan 10 lbr daun sirsak yang berwarna hijau tua kemudian cuci sampai bersih. Rebus ke pada tiga gelas air, sampai tersisa lebih kurang 2 gelas. Kemudian angkat, saring dan dinginkan. Air rebusan tadi diminumkan rutin pada penderita 2 kali sehari. Setelah minum maka badan penderita akan terasa panas, mirip dengan imbas kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi lantaran rebusan daun sirsak hanya membunuh sel-sel yang abnormal serta membiarkan sel-sel yang tumbuh normal.

Selain mengatasi penyakit kanker, daun sirsak jua berguna buat abses, asma, bronchitis, batuk, diabetes, demam, disentri, gangguan empedu, jantung, hipertensi, cacingan, gangguan pencernaan, rematik, tonik dan lainnya.

Sirsak kaya akan vitamin C dan serat. Secara tidak langsung ke 2 zat tersebut jua bisa membantu para penderita wasir. Hal ini dikarenakan vitamin C bisa menguatkan lapisan tipis dalam anus. Sedangkan serat bisa membantu melancarkan proses buang air besar . Kandungan vitamin C yg relatif tinggi pada sirsak adalah asal antiokasidan alami yg sangat cantik buat mempertinggi daya tahan tubuh serta pula untuk memperlambat proses penuaan. Bagi para penderita sakit lambung hendaknya berhati-hati dalam mengkonsumsi sirsak, lantaran kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel