BIVAK TENDA DARURAT


Bivak yaitusuatu tempat dimana kita sanggup berlindung, sifatnya sementara (darurat), gunanyauntuk melindungi  kta berdasarkan cuaca burukserta bisa memberikan rasa aman. Mendirikan bivak adalah tekhnik krusial yangharus dikuasai bila hendak berkemah.
Materi penunjangpembuatan bivak terdapat 2 yaitu:
  • Daribahan alam misalnya pepohonan (dahan, ranting, dan daun), batu-batu, goa.
  • Daribahan yang telah jadi/ada, seperti  jas,ponco, fly sheet atau parasut.
Yang perludiperhatikan waktu pembuatan bivak :
  • Pemilihantempat yg baik serta menguntungkan, seperti terhindar  berdasarkan hembusan angina.praktis ditinjau berdasarkan tempat yg jauh (jika kita sedang tersesat, tim pencariakan mudah  menemukan kita).
  • Faktorkeamanan bivak, baik dari bahaya pohon tumbang, tanah longsor, banjir, dsb.
  • Kesehatanyang memenuhi kondisi.

Jenis bivak :
  • Taching
  • Mob(Somali) biasa dibuat sang suku-suku di Afrika.
  • Cagak(shelter)
  • Para-para(dibuat pada atas pohon/treehouse)
  • Teepee(tenda misalnya yang diguanakan bangsa indian)
  • Zulu,dsb
Kita harusmemilih pada mana loka buat berkemah dan mengetahui bagaimana cara membuattempat berteduh/beristirahat (shelter) yg baik. Shelter dalam biasanya dibentuk buat berteduh dari panasnyaterik matahari, tiupan angin kencang  dandingin, dan deraan air hujan. Terutama dalam keadaan  darurat, bivak sangatlah penting.
Jenis-jenis  bivak (shelter)
Tipe bivak yangdibuat tergantung dalam syarat medan atau  daerah dan bahan-bahanyang ada. Apabila nir ada bahan-bahan buat dibentuk bivak, carilah apa saja yangdapat digunakan buat melindungi tubuh kita. Missal tonjolah batu, tebing yangmenggantung, gua, tetapi permanen perhatikan factor bahayanya. Di tempat yangbenar-sahih terbuka, duduklah dengan punggung terlindung ke arah angin (letakkan barang-barang apa saja untuk memecah angin). 
Tipe-tipe bivak:
1.boughshelter, patahkan  sebuah dahan  poho hingga ke tanah pastikan dahan itu tidakakan menimpakita (ikatlah dengan kuat) tutupilah menggunakan dedaunan
2.rootshelter, apabila ada akar pohon yang akbar diatas tanah serta menghalangi angina,kita bisa memakainya sebagai bifak menggunakan menambah dahan serta dedaunan  buat menunda angina.
3.fallentrunks, sebuah btg kayu atau pohon yang tumbang dapat digunakan buat tempatberlindung ad interim ditambah sedikit galian serta atap ranting serta dedaunan.
4.stonebarriers, tumpukan batu pula bisa bisa digunakan buat menciptakan tempatberlindung, seperti yg dilakukan orang ekimo selama didaerah yg dingin.

Selain itu kitajuga bisa membuat bivak dengan menggunakan jas hujan (poncho), dapat lebihcepat dan jauh lebih mudah.

Tipe-tipeshelter sheet (bivak dengan lembaran poncho)
Adalah :
1.naturalshelter
2.triangularshelter
3.curlshelter
4.doubleshelter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel