Fungsi dan Tujuan Gerakan Pramuka

FUNGSI PRAMUKA
Kepramukaan memiliki fungsi sebagai berikut:
Kegiatan menarik bagi anak atau pemuda
Kegiatan menarik di sini dimaksudkan kegiatan yg menyenangkan serta mengandung pendidikan. Lantaran itu permainan wajib memiliki tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja. Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik.
Pengabdian bagi orang dewasa
Bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, namun suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan darma. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.
Alat bagi warga dan organisasi
Kepramukaan adalah alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rakyat setempat, dan pula alat bagi organisasi buat mencapai tujuan organisasinya. Jadi aktivitas kepramukaan yg diberikan menjadi latihan bersiklus pada satuan pramuka itu sekedar indera saja, serta bukan tujuan pendidikannya.
TUJUAN PRAMUKA
Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia menggunakan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yg pelaksanaannya diubahsuaikan menggunakan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa serta warga Indonesia menggunakan tujuan agar;
  1. Anggotanya menjadi manusia yg berkepribadian serta berwatak luhur dan tinggi mental, moral, budi pekerti dan bertenaga keyakinan beragamanya.
  2. Anggotanya menjadi insan yg tinggi kecerdasan serta keterampilannya.
  3. Anggotanya sebagai insan yang kuat dan sehat fisiknya.
  4. Anggotanya sebagai insan yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia serta patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sebagai akibatnya sebagai angota rakyat yg baik serta bermanfaat, yang bisa dan sanggup menyelanggarakan pembangunan bangsa serta negara.
Tujuan tersebut adalah cita-cita Gerakan Pramuka. Karena itu semua kegiatan yg dilakukan sang semua unsur dalam Gerakan Pramuka wajib menunjuk pada pencapaian tujuan tadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel