Lambang Gerakan Pramuka


Salam Pramuka!

Lambang atau simbolsuatu organisasi merupakan tanda pengenal permanen yg melambangkan keadaan,nilai serta norma yang dimiliki sang setiap anggotanya yg memuat asa yangdicanangkan sang setiap organisasi. Demikian pula halnya menggunakan Gerakan Pramuka,tentunya mempunyai lambang organisasi tersendiri.

Gerakan Pramukaberlambangkan gambar Silhoutte Tunas Kelapa yang diciptakan oleh (almarhum)Sunardjo Atmodipuro, seseorang Pembina Pramuka yg ketika itu aktif bekerjasebagai pegawai tinggi departemen pertanian. Lambang ini digunakan sejaktanggal 14 Agustus 1961 dalam panji-panji Gerakan Pramuka yang dianugrahkanPresiden RI kepada Gerakan Pramuka. Sesuai dengan SK Kwarnas no. 6/KN/72 tahun1972, lambang ini sudah menerima hak paten dari Ditjen Hukum serta Perundang-undanganDepartemen Kehakiman menggunakan keputusan no. 176634 tanggal 22 Oktober 1983, danno. 178518 lepas 18 Oktober 1983 tentang hak paten tulisan PRAMUKA.


Lambang Gerakan Pramukaini mempunyai arti atau makna kiasan sebagai berikut:
  1. Buah kelapa/nyiur pada keadaan tumbuh dinamakanCikal, serta istilah cikal bakal pada Indonesia berarti penduduk asli yang pertamayang menurunkan generasi baru. Buah kelapa/nyiur yg tumbuh itu mengandungkiasan bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hayati BangsaIndonesia. 
  2. Buah kelapa/nyiur bisa bertahan lama dalamberbagai keadaan. Lambang itu mengkiaskan bahwa seseorang Pramuka adalah sehatdam kuat rohani serta jasmaninya, giat, serta besar tekatnya dalam menghadapi segalatantangan dalam hidup, pada menempuh segala ujian dan kesukaran buat mengabditanah air serta Bangsa Indonesia. 
  3. Kelapa/nyiur dapat tumbuh dimana saja, yangmembuktikan besarnya daya upaya pada menyesuaikan dirinya dengan keadaansekelilingnya. Ini melambangkan bahwa seorang Pramuka bisa menyesuaikan diridalam warga dimana beliau berada serta pada keadaan bagaimana pun juga. 
  4. Kelapa/nyiur tumbuh menjulang lurus keatas danmerupakan salah satu pohon tertinggi pada Indonesia. Melambangkan bahwa seorangPramuka memiliki keinginan yang tinggi dan lurus, mulia serta amanah, dan tidakmudah diombang ambingkan sang sesuatu. 
  5. Akar kelapa/nyiur tumbuh bertenaga dan erat di dalamtanah, mengkiaskan tekat dan keyakinan seseorang Pramuka berpegang teguh padadasar-dasar dan landasan-landasan yg baik, sahih, bertenaga serta konkret berupa tekaddan keyakinan yang digunakan buat memperkuat diri dalam mencapai cita-citanya. 
  6. Kelapa/nyiur merupakan pohon yang serba guna dariujung atas hingga akarnya. Mengkiaskan bahwa seseorang Pramuka merupakan manusiayang bermanfaat, dan membaktikan diri kepada kepentingan Tanah Air, Bangsa danNegara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat insan.
"Salam Damai"



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel