Lambang Gerakan Pramuka


  1. Pengertian Lambang Gepram

Lambang Gepram adalahtanda pengenal tetap yang mengkiaskan suatu keadaan sifat serta kebiasaan yangdimiliki oleh setiap anggota Gepram. Pencipta lambang ini merupakan Kak SoenardjoAtmodipuro, seorang Andalan Nasional dan Pembina Pramuka yang juga pegawai diDepartemen Pertanian.
lambang ini dipergunakan menjadi lambang GerakanPramuka dalam tanggal 14 Agustus 1961 waktu Presiden Republik Indonesia (Ir.soekarno) menganugerahkan Panji Kepramukaan pada Gerakan Pramuka.
  1. Bentuk Dan Arti Kiasan Lambang Gepram

1.bentuklambang Gepram
Bentuk lambing Gepramadalah bayangan (silhouette) tunas kelapa (nyiur).
2.artiKiasan Lambang Gepram
a.buahnyiur pada keadaan tumbuh dinamakan cikal. Istilah cikal bakal di Indonesiaberarti penduduk asli pertama, yg menurunkan generasi baru. Jadi lambang buahnyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka merupakan inti bagikelangsungan hayati bangsa Indonesia.
b.buahnyiur bisa bertahan lama pada keadaan yang bagaimanapun jua. Jadi lambangitu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka merupakan seorang yg rohaniah dan jasmaniahsehat, bertenaga serta ulet , dan akbar tekadnya dalam menghadapi segala tantangandalam hidup serta dalam menempuh segala ujian serta kesukaran buat mengabdi tanahair dan bangsa Indonesia.
c.nyiurdapat tumbuh dimana saja, yang menerangkan besarnya daya upaya dalammenyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya. Jadi lambang tersebutmengkiaskan bahwa setiap Pramuka dapat menyesuaikan diri pada masyarakatdimana ia berada serta dalam keadaan yg bagaimana pun juga.
d.nyiurtumbuh menjulang lurus ke atas serta merupakan keliru satu pohon yang tertinggi diIndonesia. Jadi lambang tersebut mengkiaskan bahwa setiap Pramuka mempunyaicita-cita yg tinggi serta lurus yakni mulia, jujur serta permanen tegak nir mudahdiombang–ambingkan sesuatu.
e.akarnyiur tumbuh kuat dan erat pada pada tanah. Jadi lambang tadi mengkiaskantekad serta keyakinan setiap Pramuka yg berpegang dalam dasar-dasar dan landasanlandasan yg baik, sahih, bertenaga serta nyata, merupakan tekad dan keyakinan yangdipakai olehnya buat memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
f.nyiuradalah pohon yang serba guna berdasarkan ujung atas sampai akarnya. Jadi lambang itumengkiaskan bahwa setiap Pramuka adalah insan yg bermanfaat serta membaktikandiri serta manfaatnya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan Negara KesatuanRepublik Indonesia serta kepada umat manusia.
  1. Penggunaan Lambang Gepram

1.lambangGepram bisa digunakan diantaranya pada panji, bendera, papan nama kwartir dansatuan, indikasi pengenal.
2.pengunaantersebut dimaksudkan menjadi alat pendidikan buat mengingatkan bahwa anggotaGepram harus senantiasa mempunyai sifat misalnya arti kiasan lambang tunaskelapa.
  1. Papan lambang Gepram

Berbentuk persegipanjang, dengan bahan dasar dari seng, karton, kayu, dan . Ukurannya merupakan 10cm X 16,5 centimeter menggunakan rona dasar biru / hijau/ merah menggunakan rona rona lambingberwarna kuning.
Papan lambing hendaknyadipasang pada dinding tempat tinggal yang dapat dilihat kentara apabila di dalam tempat tinggal adaanggota pramuka baik siaga, penggalang, penegak, pandega, Pembina, andalan, dananggota majlis pembimbing, serta lainnya

***Catatan :
·panji : bendera kebesaran/tandakebesaran, diantaranya bendera merah putih, kibaran cita, blezzer, almamater(bendera kebesaran OSIS).
·Majelis pembimbing : suatu badan yangmemberi pembimbingan, bantuan moral, organisasi, material dan finansial , sertakonsultasi kepada gudep, satuan dan kwartir yg bersangkutan.
·Lahirnya Soenardjo Atmodipuro pada Blora,29 Februari 1909 serta meninggal dalam lepas 31 Mei 1979

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel