Makna Lambang Pramuka Jawa Timur



Kiasan dan Makna Bentuk Gambar Lambang 

1. Perisai 
Perisai simetris sederhana bersegi lima, adalah symbol pancasila menjadi penganman guna melindungi dan menanggulangi setiap bahaya, ancaman,agresi serta ancaman. Melambangkan bahwa pramuka jawa timur menggunakan berbekal jiwa pancasila siap menghadapi segala macam bahaya, ancaman, agresi serta tantangan hidup.

2. Tulisan Jawa Timur
Tulisan Jawa Timur rona mera dalam perisai permukaan pada atas dasar warn putih. Melambangkan perilaku pemberani ,pantang menyerah,pantang putus asa,kesatria,berani karena kebenaran. Menggambarkan kebulatan tekad untuk menempuh rintangan/halangan dan perwujudan tabiat pemberani berdasarkan pramuka Jawa Timur.

3. Tugu Pahlawan
Tuguh pahlawan dengan sepuluh bagian bangunan berdiri tegalk ditengah depan gapura. Melambangkan keteguhan semangat pahlaewan yang patriotik selalu membara pada dada setiap pramuka Jawa Timur. Sekaligus melmbangkan dasa dharma Pramuka sebagai ketentuan moral Pramuka.

4. Gapura 
Gapura bentar berisui 2, menggunakan tiga sap praofil( kaki,badan serta ketua).
Melambangkan Candi Bentar yang merupakan kiasan asas kejayaan wilayah jawa timur sejak dahulu kala, sewaktu kejayaan kerjaan Airlangga dan kerajaan Majapahit hingga kini . Menggambarkan menggambarkan kejuangan Pramuka Jawa Timur. Dua sisi gapura ( sepasang) mendeskripsikan pramuka putera dan puteri juga dwi satya dan dwi dharma. Sedangkan 3 sap profil mendeskripsikan Tri Satya. Dwi satya serta tri satya merupakan janji pramuka. Sedangkan dwi Dharma merupakan ketentuan moral Pancasila.

5. Gunung.
Gunung berdiri koko melambangkan bahwa daerah jawa timur tersapat poly gunung menjulang tinggi, termasuk yangtertinggi gunung semeru. Menggambarkan cita – cita tinggi Pramuka Jawa Timur. Gunung sekaligus menggambarkan tanah yg ada diatas gelombang samudra serta aliran sungai. Melambangkan tanah di wilaya Jawa Timur sebagian akbar subur dan terkandung didalamnya kekayaan alam yang nir ternilai. Hal ini menggambarkan bahwa setiap pramuka jawa timur menyayangi lingkungan hidup serta tanah airnya. Sekaligus menggambarkan bahwa pramuka Jawa Timur memiliki potensi tinggi, jika memperoleh pelatihan yang sempurna akan sebagai asal daya yang berkualitas.

6. Gelombang samudra serta Alun Sungai
Gelombang ombak samudra di bawah dan tengah, melambangka bahwa wilayah jawa timur sebagian akbar pada kelilingi gelombang samudra. Alun sungai kanan dan kiri pada bawah tanah /gunung pada kri serta kanan tunas kelapa, melambangkan sungai – sungai yg ada di Jawa Timur, pada antaranya dua sungai besar yaitu sungai Brantas dan Solo.
Samudra serta sungai keduanya sangat bermanfaat bagi warga . Hal ini melambangkan pRamuka jawa timur mempunyai wawasan yang luas dan semangat pengabdian yg tinggi serta berguna bagi kemajuan rakyat.

7. Tunas Kelapa 
Satu tunas kelapa berdiri tegak pada tengah perisai. Melambangkan tekad tunggal pramuka yg merupakan potensi generasi penerus perjuangan bangsa, yg bermanfaat dalam situasi apapun pada pembangunan juga dalam mencapai tujuan nasional.

Makna Warna Lambang
  • Kuning : Berarti Kebebasan, Kegairahan, Kegembiraan, kedinamisan, menggambarkan juga sifat trengginas, juga melambangkan kemakmuran.
  • Biru : berarti kesetiaan, keikhlasan, ketenangan, serta kesukarelaan dalam mengabdi pada ibu pertiwi.
  • Hitam : berarti kekuatan, kewibawaan, menggambarkan jua sifat tatag, andal dan tanggon.
  • Hijau : berarti kesuburan,kesegaran,ketentraman,kemakmuran,kedamaian,mendeskripsikan jua sifat kematangan jiwa dan kesabaran.
  • Merah : berarti berani, kebulatan tekad untuk menempuh rintangan dan alangan.
  • Putih : berarti kesucian, mendeskripsikan juga kudus dalam pikiran,perkataan dan perbuatan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel